8 Etika Makan Teraneh di Dunia, dari Menyisakan Makanan sampai Kentut

Ilustrasi sedang makanan.
Ilustrasi sedang makanan.
Sumber :
  • Pexels/Rachel Claire

VIVA – Setiap negara di dunia tentunya memiliki etika makan masing-masing yang wajib ditaati saat berada di negara tersebut. Tapi, ada sejumlah etika makan yang justru dianggap aneh di beberapa negara. Etika makan atau etiket makan merupakan tata cara dan sopan santun saat makan di meja makan bersama dengan orang lain. Terlebih saat makan dalam jamuan bersama dengan orang yang lebih tua. 

Bila kamu hendak berlibur atau menyiapkan diri untuk liburan ke negeri orang lain, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu bagaimana etika makan di negara tersebut. Karena table manners adalah salah satu cara untuk memperlihatkan rasa hormat kepada orang lain yang sudah menyediakan makanan tersebut. Ada yang dianggap baik atau justru sebaliknya. Nah, berikut adalah ulasan mengenai etika makan teraneh di dunia yang disadur dari berbagai sumber.

1. Menyeruput Makanan untuk Menghargai Koki di Jepang dan Korea

Museum ramen di Jepang.

Museum ramen di Jepang.

Photo :
  • U-Report

Bila sedang mengonsumsi sup atau mie, masyarakat di Jepang dan Korea biasa menikmatinya dengan cara menyeruput makanan tersebut. Cara tersebut dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada koki atau orang yang sudah memasaknya. Bahkan, bila menyeruputnya lebih keras justru akan lebih baik! Wah, kalau di Indonesia tentunya hal ini sudah dibilang tidak sopan. 

2. Tidak Menghabiskan Makanan

Makanan Sisa

Makanan Sisa

Photo :
  • planetgreen.discovery.com
Halaman Selanjutnya
img_title