5 Tempat Wisata di Aceh yang Menarik Kamu Kunjungi

Museum Tsunami Aceh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daurina Lestari

VIVA – Aceh yang disebut kota Serambi Mekkah ini, merupakan provinsi paling barat Indonesia, dan paling utara di pulau Sumatra, Aceh memiliki banyak potensi dari mulai alam, wisata, budaya dan sumber daya manusia sampai sejarah yang sangat panjang. Tempat wisata Aceh yang didominasi oleh keindahan alamnya, serta lautan yang menghempas, karena Aceh berada diantara Samudra Hindia dan Selat Malaka, Aceh pernah mengalami tsunami dahsyat yang merenggut banyak korban jiwa, hal tersebut membuat Aceh seakan mati suri, begitu pula dengan sektor pariwisatanya.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Namun Aceh sekarang bangkit kembali, berikut beberapa tempat wisata di Aceh seperti dikutip dari Nativeindonesia, sebagai berikut:

1. Masjid Raya Baiturrahman

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Masjid Baiturrahman yang sudah berdiri sejak tahun 1600, Masjid Raya Baiturrahman dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda dengan salah satu tujuan pengajaran ilmu agama, Masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak 1900, di bagian luarnya terdapat taman-taman yang indah.

Waktu terjadi Tsunami pada tahun 2004, Masjid ini tetap kokoh berdiri dan dijadikan tempat dijadikan tempat pengungsian sementara, Masjid ini sudah mengalami lima kali renovasi serta beberapa perluasan area.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masjid Baiturrahman berlokasi di Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

2. Museum Tsunami

Berdirinya Museum Tsunami untuk memperingati korban Tsunami Aceh pada tahun 2004, didalam Museum Tsunami terdapat nama-nama korban yang meninggal, di dalam juga terdapat 22 alat peraga, 7 maket dan 26 foto tentang Tsunami, Museum Tsunami dirancang langsung oleh Ridwan Kamil, yang kala itu masih berprofesi sebagai seorang arsitek.

Setiap tingkatan dari Museum Tsunami ini memiliki suasana berbeda, ini merupakan salah satu wisata Aceh yang harus kamu kunjungi ketika berada di Aceh, Anda hanya perlu membeli tiket sebesar Rp 2.000 sampai Rp 10.000.

Museum Tsunami berlokasi di Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda, No. 3, Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

3. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga yang memiliki pasir yang sangat putih serta laut yang berwarna biru, pantai ini biasanya suka digunakan untuk bermain selancar dan surfing.

Lokasi pantai tersebut terdapat penyewaan alat papan selancar hingga akan memudahkan anda ketika hendak bermain selancar dan surfing, anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk sebesar Rp 15.000.

Pantai Lhoknga berlokasi di kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

4. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah merupakan sebuah pulau yang terletak di Sabang, Aceh, dimana kamu akan mendapatkan panorama alam yang sangat indah baik di daratan maupun lautannya, tempat yang berlokasi di Kota Sabang, Aceh

Pulau Rubiah menjadi salah satu daya tarik bagi peserta Famtrip Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru, Malaysia. Peserta Famtrip tersebut berasal dari kalangan pengusaha, agen travel, pelaku industri, dan juga awak media untuk menikmati keindahan serta pesona bawah lautnya.

5. Air Terjun Terujak

Tidak hanya menyuguhkan pantai dan pulau, di Aceh juga terdapat Air Terjun Terujak yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan dua aliran air terjun, lokasi tempat ini di Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur, Langsa, Aceh

Sebelum memasuki kawasan Air Terjun anda akan disuguhkan dengan pemandian air panas alami yang memiliki lebar sekitar 10 meter, alam di sekitar Air Terjun Terujak masih terlihat sangat asri, air nya yang sangat segar dan masih banyak pepohonan yang masih hijau yang membuat pengunjung semakin betah untuk bermain di Aceh.

Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024