Akomodasi di Mandalika Naik Jadi Rp8 juta, Begini Siasat Pemerintah

Sirkuit Mandalika.
Sumber :
  • Dokumentasi PT PP.

VIVA – Mandalika tengah menjadi sorotan dunia. Hal ini menyusul dengan Mandalika yang dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan tes Pra Musim MotoGP 2022 dan ajang MotoGP 2022 yang akan digelar pada Maret 2022mendatang.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Penyelenggaraan MotoGP juga diketahui berdampak pada meningkatnya permintaan tingkat hunian kamar dan transportasi. Untuk itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkap bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan bahwa akomodasi dan tingkat okupansi hotel bisa tersedia untuk para wisatawan yang akan datang dan menonton nanti.

"Dan hasil  balapan pra musim ini ada beberapa catatan soal akomodasi. Kita harus pastikan akomodasi kita, karena nanti saat MotoGP bulan depan harus mempunyai kolaborasi dan koordinasi dengan pihak terkait, seperti PHRI akomodasi tersedia dan tingkat okupansinya harus kita antisipasi lonjakan kebutuhan hotel, homestay, terutama transportasinya tersedia dan tidak melonjak harganya," kata Sandi dalam Weekly press briefing, Senin, 14 Februari 2022.

Mudik Tak Biasa! Pemuda Ini Ceritakan Perjalanan Mudiknya dengan Cara Nebeng Orang Lain

Di sisi lain, diungkap Sandi bahwa terjadi peningkatan harga kamar hotel di sekitar Mandalika yang cukup signifikan yakni Rp8 juta per malam. Untuk itu, dia menjelaskan bahwa akan ada Peraturan Gubernur yang mengatur ambang batas atas untuk akomodasi dan transportasi.

Sandiaga Uno

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Microbus Angkut 23 Wisatawan Masuk Jurang di Aceh Besar

"Saya dapat laporan hotel di sekitar Mandalika Rp8 juta per malam, transportasi Rp8 juta per hari untuk sehari. Ini akan diatur Pergub yang akan mengatur ambang batas untuk biaya kamar per malam dan biaya transportasi untuk di zona utama, zona 1 dan zona penyangga," ujar Sandi.

Lebih lanjut, Sandiagan Uno juga mengatakan bahwa masyarakat yang ingin menyaksikan MotoGP bisa juga memilih akomodasi di Tiga Gili masih memiliki kamar sebanyak 5.600 kamar dan masih banyak kamar yang belum dipesan untuk event MotoGP 2022 Maret mendatang.

Sandi bahkan mengungkap dirinya telah mengambil keputusan untuk menginap di Gili pada malam pertama penyelenggaraan MotoGP Mandalika mendatang.

Sandiaga Uno

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Saya mengantisipasi tidak ada kenaikan harga terlalu signifikan di Gili. Saya sudah mengambil keputusan malam pertama saya akan tidur di Gili, nanti naik boat, kita akan merasakan shuttle menuju Mandalika. Malam kedua saya akan glamping di depan pantai Mandalika dua area sisi barat dan timur," ujar Sandi.

Diungkap Sandi bahwa untuk lokasi glamping di depan pantai Mandalika yang dioperatori oleh pihak swasta itu hingga saat ini belum ditentukan harga pe rmalamnya. Meski begitu, ia meyakini itu tidak akan membuat kantong wisatawan yang akan ke Mandalika untuk menyaksikan MotoGP ‘bolong’.

"Belum ditentukan harganya. Yang disediakan 1.000, mudah-mudahan bisa terjangkau. Nanti di glamping, malamnya akan ada api unggun. Jadi kita bisa hadirkan opsi-opsi menikmati MotoGP tidak mengempesi kantong kita," kata Sandiaga Uno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya