10 Fakta Menarik Gurun Sahara, Konon Terbesar di Dunia

Gurun Sahara, Afrika Utara.
Sumber :
  • U-Report

VIVA  – Gurun Sahara merupakan salah satu gunung terbesar yang ada di dunia ini. Gurun sendiri merupakan suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit, kurang dari 250 mm per tahun. Gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi untuk mempertahankan cairan tubuhnya.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Jika bicara soal gurun, di dunia ini terdapat sebuah gurun dengan luas bisa dibilang terbesar yang ada di dunia. Apalagi kalau bukan Gurun Sahara. Tahukah kalian, jika gurun Sahara merupakan gunung panas terbesar yang ada di dunia? Ya, gurun satu ini mencakup sebagian besar dari Afrika Utara.

Dikatakan yang terbesar di dunia, karena luasnya bisa mencapai 9,4 juta km persegi. Meskipun namanya tak asing lagi, gurun Sahara ternyata memiliki fakta menarik di baliknya.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Dilansir dari On the Go Tours, pada(25/1/2021), terdapat 10 fakta menarik tentang Gurun Sahara yang jarang orang ketahui.

Gurun Pasir Sahara.

Photo :
  • U-Report
Banjir Ekstrem, Seberapa Parah Curah Hujan di Dubai?

1. Gunung Sahara nyatanya bukanlah gurun terbesar di dunia. 

Faktanya, Sahara adalah gurun panas terbesar di belakang Arktik dan Antartika, yang keduanya merupakan gurun dingin.  Selama bulan-bulan musim panas, suhu di gunung Sahara rata-rata mencapai 38 hingga 48 derajat Celcius.

2. Gurun Sahara terbentang sekitar 8,6 juta kilometer persegi. 

Luas ini berubah seiring waktu karena luas gurun yang sebenarnya mengembang dan menyusut seiring dengan musim. Tak sedikit para ilmuwan memperkirakan bahwa ukuran keseluruhan dari Gunung Sahara ini telah berkembang menjadi 10 persen lebih besar dari hampir seabad yang lalu. Meskipun ini sebagian disebabkan oleh siklus iklim alami, perubahan iklim yang didorong oleh manusia juga berkontribusi.

3. Gurun Sahara mencakup hampir sepertiga benua Afrika, dengan total 11 negara 

Cangkupan ini rupanya termasuk Mesir, Aljazair, Chad, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sudan, Sahara Barat, dan Tunisia.

4. Gurun Sahara mendapatkan namanya dari bahasa Arab "Sahra", yang berarti gurun.

5. Gurun Sahara hanya menutupi sekitar 25 persen dari permukaan Sahara yang sebenarnya. Jarang yang mengetahui, jika gurun Sahara ini  memiliki banyak fitur daratan lainnya, termasuk dataran garam, dataran berkerikil, dataran tinggi, dan bahkan pegunungan di mana salju pernah turun.

6. Meskipun banyak bukit pasir di Sahara mencapai ketinggian lebih dari 180 meter, titik tertinggi gurun ini berada di gurun berapi yang telah punah bernama Gunung Koussi di Chad, yang memiliki ketinggian 3.415 meter.

7. Gurun Sahara mungkin salah satu lingkungan paling ekstrem di Bumi, tetapi Sahara nyatanya dapat menampung berbagai satwa liar yang telah beradaptasi dengan kehidupan yang keras.

8. Selain unta dan kambing, spesies Gurun Sahara termasuk cheetah, rusa, burung unta, rubah Fennec, dan biawak. Makhluk yang lebih mematikan mencakup kalajengking dan ular pasir berbisa.

9. Gurun Sahara Terkenal Angker

Ternyata, ada fakta menarik dan rupanya bisa bikin merinding, di mana banyak sekali cerita misteri yang diungkapkan oleh mereka yang pernah berkunjung ke gurun Sahara.  Katanya, tak sedikit dari mereka pernah mengalami hal-hal aneh di luar nalar. Mulai dari mendengar suara angin yang menyeramkan bak suara raksasa, hingga badai gurun yang sangat menyengat hingga bisa membuat orang berhalusinasi.

Tidak hanya itu, pengunjung yang datang juga kerap tertipu dengan munculnya fatamorgana di mana dari jauh terlihat seperti melihat oase atau lahan hijau, padahal setelah didekati itu hanyalah sebuah gurun datang yang tandus.

10. Tak hanya rumah bagi hewan, sekitar 2,5 juta orang juga menyebut Sahara sebagai rumah, yang sebagian besar berakar dari Berber atau Arab.

Mereka tinggal di pemukiman permanen yang dibangun di dekat sumber air atau memiliki gaya hidup nomaden, bepergian dari satu tempat ke tempat lain dengan kawanan domba, kambing, atau unta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya