Rabbit Town Wisata Bandung, Mulai dari Keunikan hingga Kontroversinya

Rabbit Town
Sumber :
  • Viva/Trisya Frida

VIVA – Rabbit Town memang sempat menjadi salah satu tempat wisata yang viral pada beberapa tahun lalu. Tempat wisata yang berlokasi di Bandung ini sukses menarik para pengunjung dengan keunikannya dan berbagai fasilitas, serta spot foto yang ditawarkan kepada para pengunjung yang menjadi wisatawan. 

Tentara Israel Ramai-ramai Pajang Foto saat Perang di Aplikasi Kencan

Tempat wisata Rabbit Town ini memiliki berbagai konsep yang semuanya bisa kamu jelajahi. Konsep yang ditawarkan seperti menjadi wisata dengan berbagai pilihan spot foto yang menarik dan unik, wisata kuliner, wisata keluarga dan taman hewan. Konsep-konsep unik tersebut terdapat dalam 30 ruangan yang tersedia untuk dijelajahi pengunjung. Namun semenjak pandemi melanda, konsep-konsep yang sebelumnya ditawarkan sudah tidak lengkap lagi. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai tempat wisata Rabbit Town.

Lokasi, Jam operasional dan harga tiket masuk (HTM)

Makan Burger dari Restoran Terkenal di Arab Saudi, 75 Orang Keracunan

Rabbit Town

Photo :
  • Instagram/@Rabbitown.id

Tempat wisata yang resmi dibuka sejak 11 Januari 2918 ini berlokasi di Jalan Ranca Bentang No. 30-32, Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung, Jawa Barat.  Wisata Rabbi Town dibuka setiap hari mulai dari hari, pukul 10.00 WIB pagi hingga pukul 20.00 WIB malam pada weekdays dan untuk weekend mulai beroperasi dan buka pukul 09.00 Wib pagi hingga pukul 20.00 WIB malam. Namun ada kemungkinan jam operasionalnya berubah selama pandemi ini. 

Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

Sementara harga tiket masuk (HTM) untuk tempat wisata ini sekarang diketahui gratis. Namun diganti dengan pengunjung yang datang harus memesan makanan atau minuman terlebih dahulu sebelum masuk. Ada berbagai menu makanan dan minuman yang ditawarkan dan bisa kamu pesan. Setelah kamu memesan kamu akan mendapatkan struk dan membayarnya terlebih dahulu sebelum masuk. Makanan dan minuman bisa diambil di dalamnya. 

Rute menuju Rabbit Rown 

Rabbit Town

Photo :
  • Viva/Trisya Frida

Tempat wisata yang satu ini memiliki akses jalan yang tidak terlalu sulit dan terbilang cukup mudah. Kamu yang berangkat dari pusat kota Bandung, tepatnya dari alun-alun kamu bisa berangkat dari Jalan Banceuy melajulah ke Jalan Wastukencana, lalu ke Jalan Ir. H. Juanda. Terus ikuti jalan hingga menuju Dago. Kemudian dapat melanjutkan ke Jalan Siliwangi dan Jalan Ciumbuleuit. Lalu belok kanan ke Jalan Kiputih.

Sementara untuk kamu yang berangkat dari Stasiun Bandung, kamu bisa menuju ke Jalan Stasiun Timur dan melanjutkan  ke Jalan Wastukencana dan Ir. H. Juanda. Kemudian kamu akan menemui Jalan Dago. Setelah itu belok ke Jalan Dayang Sumbi dan menuju ke Jalan Tamansari kemudian ke Jalan Siliwangi. Kamu akan sampai di Jalan Ciumbuleuit dan belok kiri menuju Jalan Kiputih.

Wahana Rabbit Town

Rabbit Town

Photo :
  • Viva/Trisya Frida

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan di awal bahwa tempat wisata ini menawarkan berbagai macam spot foto yang menarik dan unik yang berada di dalam ruangan-ruangan. Kamu bebas memilih spot foto mana yang menjadi favoritmu dan tempat kamu untuk berfoto. 

Ada juga spot foto menarik yang ada di luar ruangan seperti 88 pilar-pilar putih yang di atasnya ada lampu seperti Urban Light karya Chris Burden atau yang disebut juga sebagai Love Light. Spot foto yang satu ini juga cukup menjadi favorit bagi para pengunjung karena pilarnya unik yang berwarna putih bak sedang berfoto di luar negeri. 

Berbagai wahana ditawarkan di tempat wisata ini yang tidak boleh sampai terlewatkan oleh kamu. Wahana tersebut diantaranya seperti Bambi Love, Koi Garden, Love Lock, LA Store, Museum of Ice Cream, Hollywood Land,Cookie Monster, Lala Story, Dove Garden, Lala Town Playground, Arderic Tree House, Dragon Fish, Love Light, Monkey Groove dan Jungle Area.

Ada juga wisata hewan mini yang ditawarkan di tempat wisata ini misalnya yang sesuai dengan namanya yakni berbagai jenis kelinci dna jamu busa langsung mengajak kelinci-kelinci tersebut berinteraksi. Selain itu, ada juga koleksi hewan lainnya seperti kancil, ikan, burung hingga monyet. 

Kamu bisa berkeliling dan menjepret foto sebanyak mungkin di spot-spot foto lucu yang sudah dibangun. Mulai dari foto di kolam bola plastik, foto bersama mobil antik, sampai foto di kamar-kamar lucu berwarna cerah dengan dekorasi bertema kelinci.

Selain foto bersama benda mati dan dekor yang lucu, kamu juga bisa berfoto dengan hewan hidup di sini! Tapi tenang saja, hewan yang bisa diajak foto di sini semuanya adalah hewan kecil yang jinak. Kamu bisa memilih antara kelinci, burung hantu, merpati, atau berfoto dengan semuanya!

Spot kuliner

Rabbit Town

Photo :
  • Viva/Trisya Frida

Selain kamu bisa bersenang-senang dengan berfoto ria di spot-spot foto yang unik, kamu juga beristirahat dan bersantai di spot kuliner atau foodcourt yang disebut The Balcony. Di tempat makan ini kamu dapat memesan dan mencicipi makanan mulai dari makanan ringan atau cemilan hingga makanan berat baik itu makanan khas Bandung maupun makanan dari tempat lain. 

Spot foto terbaik di Rabbit Town

Rabbit Town

Photo :
  • Viva/Trisya Frida

Sebagai wisata yang menawarkan berbagai spot foto yang Instagramable bagi pengunjungnya, berikut sejumlah spot foto terbaik yang bisa kamu coba di tempat wisata yang berada di Bandung:

Love Light: 88 pilar putih dengan lampu di atasnya
Pink Ice Cream Banana: Spot foto dari dinding yang dihias dengan ornamen pisang berwarna kuning dan pink yang digantung. 
Kolam Bola: Spot foto dengan kolam yang berisi bola plastik berwarna pink dan putih yang juga cocok sebagai arena bermain si kecil.
Tangga Warna-Warni: Spot foto yang satu ini juga bisa dipilih karena sangat menarik. Tangga dicat berwarna-warni dan dengan latar belakang lampu yang terang.
Kebun binatang mini
Selain menawarkan spot-spot foto menarik dan unik, tempat wisata ini juga memberikan tempat untuk pengunjungnya melakukan aktivitas lain seperti melihat-lihat kebun binatang mini yang ada di dalamnya. Berikut ini hewan-hewan yang bisa kamu lihat di dalam tempat wisata ini:

Dove Garden: Area yang isinya burung-burung merpati dengan kandang yang berwarna-warni. Selain bisa berfoto, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan mereka. Namun untuk masuk ke Dove Garden ini ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan pengunjung. 
Monkey Groove: Di area ini kamu bisa melihat berbagai macam monyet dan memberi makan kepada monyet-monyet tersebut. 
Dragon Fish: Terdapat sebuah akuarium besar di dalam tempat wisata ini yang diketahui bisa menampung sebanyak 168 ikan arwana.
Kontroversi Rabbit Town

Rabbit Town.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata ini pernah diduga melakukan plagiasi dari pilar-pilar lampu yang menyerupai Urvan Light karya Chris Burden Estate di Amerika Serikat. Maka dari itu tempat ini dilaporkan oleh Chris Burden Estate melalui Nancy J. Rubins sebagai ahli waris seniman tersebut dan pemilik Rabbit Town yakni Henry Husada dijatuhi denda sebesar Rp1 miliar. 

Pihak Rabbit Town juga diminta agar wahana spot foto Love Light dimusnahkan saat keputusn plagiasi telah dikeluarkan. Pilar Love Light tersebut harus dimusnahkan selambat-lambatnya pada 30 hari kerja sejak putusan diresmikan. 

Selain itu, pihak Rabbit Town juga harus membuat permintaan maaf secara terbuka melalui pengumuman melalui paling sedikit dua kabar nasional berbahasa Indonesia, satu surat kabar berbahasa Inggris dan di akun media sosial Rabbit Town.

Itulah penjelasan lengkap tentang tempat wisata Rabbit Town di Bandung yang bisa menjadi referensi pilihan untuk kamu yang ingin berlibur dan berkunjung ke kota Bandung. Kamu bisa masuk ke dalam tempat wisata ini dengan gratis dan hanya membeli makanan atau minuman saja kamu sudah bisa membawa banyak momen seru dan asyik saat pulang. 

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. VIVA/Muhammad AR

Pelaku Pungli di Lokasi Wisata Siap-siap Kena Sanksi dari Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bakal menindak pelaku pungli di lokasi wisata. Khususnya yang sedang viral beberapa waktu ini di Bogor, Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024