10 Wisata Malang yang Wajib Disambangi, Dijamin Bikin Happy

Museum Angkut
Sumber :
  • Facebook.com/MuseumAngkut

VIVA – Wisata Malang memang selalu menawarkan beragam pilihan yang menarik untuk disambangi. Mulai dari wisata edukasi, wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner hingga wisata alam, semua tersedia di kota yang terkenal memiliki udara sejuk ini.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Malang merupakan sebuah kota yang letaknya di provinsi Jawa Timur Indonesia. Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya.

Sebelum mengenal wisata Malang lebih mendalam, baiknya kita tahu sedikit seputar kota yang dikenal baik sebagai kota pendidikan ini. Tidak salah rasanya jika Malang dijuluki sebagai kota pendidikan, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya perguruan tinggi terbaik di kota ini. Mulai dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, hingga Politeknik Negeri Malang.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Tidak hanya dijuluki sebagai kota pendidikan, kota Malang juga dikenal baik sebagai kota pariwisata. Terbukti dengan pemandangan alam yang disuguhi begitu menawan dengan dikelilingi pegunungan-pegunungan serta udara yang sejuk.

Malang merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa, selain Yogyakarta yang paling sering dituju para wisatawan atau pengunjung yang ingin menghabiskan waktunya untuk berlibur atau sejenak untuk rehat dari segala aktivitas hiruk pikuk di kota.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Kampoeng Wisata di Malang.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Beragam jenis wisata bisa pengunjung nikmati di sini tanpa perlu ragu dan bingung saat ingin menghabiskan waktu dan berlibur di kota Malang. Tidak salah, jika banyak pengunjung yang memutuskan untuk melakukan liburan panjang atau akhir pekan di kota Malang. Hal tersebut lantaran, Malang memang kaya akan ragam wisata menarik dan favorit yang sayang untuk dilewatkan.

Berkunjung ke kota Malang, Anda akan menemukan beragam pemandangan hijau nun asri dengan udara yang sejuk. Suasana yang benar-benar menggambarkan sebuah kota yang tenang, damai, alami, asri dan sejuk.

Wisata Malang memang memiliki daya tarik yang sangat berpotensial untuk menarik minat para wisatawan. Beragam wisata Malang yang tersuguh dengan apik berhasil membuat para wisatawan terhipnotis dibuatnya.

Berbagai wisata Malang bisa kamu nikmati di sini, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi hingga kuliner. Nah bagi kalian yang memiliki rencana ingin menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan di Malang, berikut ini kami rekomendasikan beragam wisata Malang yang seru, asyik, lezat hingga mengesankan. 

Wisata Alam

Wisata alam merupakan kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensial alam untuk menikmati keindahan alam, baik yang alami atau sudah dibudidayakan. Dengan melakukan wisata alam diharapkan para pengunjung bisa mendapatkan kesegaran serta ketenangan dalam jasmani dan rohani. Selain itu bisa menghilangkan kepenatan  setelah melakukan banyak aktivitas.

Dan Malang menjadi salah satu kota paling favorit di provinsi Jawa selain Yogyakarta, yang memiliki beragam wisata alam yang menarik untuk disambangi. Dan berikut ini sederet wisata alam di Malang yang bisa jadi rekomendasi kamu menghabiskan waktu liburan dan akhir pekan.

1. Museum Angkut

Suasana Benua Amerika di Museum Angkut, Kota Batu, Malang.

Photo :
  • U-Report

Museum Angkut menjadi salah satu objek wisata Malang pertama yang bisa Anda sambangi saat berkunjung ke kota apel ini. Wisata Malang satu ini menjadi wisata paling favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota ini, baik wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Museum Angkut merupakan wisata Malang yang menyajikan ragam transportasi.Di mana di sini para pengunjung bisa menemukan beragam alat transportasi dari masa ke masa yang unik untuk disambangi. Mulai dari mobil-mobil klasik yang jika dijual lagi bisa dibanderol dengan harga yang fantastis.

Museum ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Malang dan sekitarnya, karena memadukan konsep hiburan, sejarah dari alat transportasi di seluruh dunia.  Museum Angut Malang juga menjadi tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang berhasil menciptakan tempat rekreasi dengan mengusung konsep angkutan.

Di Museum Angkut ini, menariknya terpajang kendaraan yang dahulu selalu digunakan oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno.  Di sini, masing-masing alat transportasi dikelompokkan berdasarkan zona, jadi Anda tidak akan kesulitan jika menjelaskan pada Si Kecil.

Harga tiket masuk wisata Malang satu ini sebagai berikut:

- Tiket weekday (senin sampai kamis) Rp. 70.000 per orang
- Tiket weekend (Jumat sampai minggu / musim liburan / libur nasional) Rp. 100.000 per orang.


2. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Tete Batu.

Photo :
  • Instagram @tetebatu.village

Bagi kalian yang ingin mencari tempat wisata Malang dengan suasana asri dan alam, Desa Wisata Pujon Kidul bisa jadi pilihannya. Berkunjung ke tempat ini, tidak akan membuat Anda merasakan kebisingan. Hal tersebut karena, Desa Wisata Pujon Kidul terletak 30 kilometer dari pusat kota.

Di desa wisata ini pengunjung bisa menikmati beragam hiburan menarik dan menghibur hati.  Seperti disediakannya spot-spot foto yang Instagramable, kuliner lezat, hingga suasana pedesaan yang sejuk bisa kamu nikmati di sini. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuat pemandangan alam di desa ini begitu indah dan memanjakan mata. 

Lokasi: Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang (terletak di sisi Barat, 30 kilometer dari pusat kota).

Harga Tiket Masuk(Voucher Makanan): Rp. 10.000/orang
Wahana: Rp. 10.000 – Rp. 50.000/orang
Makanan: dimulai dari harga Rp. 10.000
Minuman: dimulai dari harga Rp. 4.000
Parkir Motor: Rp. 2.000/motor
Parkir Mobil: Rp. 5.000/mobil

3. Lembah Indah

Kampung Naga yang berada di lembah Sungai Ciwulan

Photo :
  • U-Report

Berkunjung ke Malang, kamu akan dimanjakan oleh bentangan alam yang asri dan sejuk. Anda bisa menikmati bentang alam yang indah itu di tempat wisata rekreasi, sekaligus edukasi botani yaitu Lembah Indah.

Lembah Indah menyajikan banyak perkebunan yang berada di lembah pegunungan. Memiliki konsep resor edukasi, wisata Malang satu ini begitu menarik untuk dikunjuni terutama bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keuarga.

Di sini Anda bisa melihat banyak keunikan yang tersaji dengan indah. Salah satunya akomodasi penginapan yang berupa glamping di tenda dengan bentuk yang unik. Tenda-tenda sungguh Instagramable untuk diabadikan dengan latar panorama lembah pegunungan yang memesona.

Di sini wisatawan bisa bercocok tanam, mengenal berbagai jenis tanaman, hingga aktivitas berkebun lainnya.

Lokasinya: terletak di daerah Gendogo, Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Malang.

Harga tiket: Biaya tiket masuknya sebesar 20 ribu rupiah per orang. 

Kisaran biaya akomodasi menginap mulai dari 500 ribu untuk glamping dan 1 jutaan untuk villa. 

4. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise.

Photo :
  • U-Report

Wisata alam malang berikutnya yaitu Malang Night Paradise. Malang Night Paradise bisa menjadi salah satu wisata lainnya yang bisa kamu sambangi di Malang.

Mengusung konsep taman lampion ini lokasi wisata satu ini begitu berwarna seperti berada di Dubai Garden Glow. Berkunjung ke sini, Anda bisa menikmati betapa indahnya malam dengan lampion yang menyala warna-warni.

Di sini terdapat berbagai hiasan lampion dengan aneka warna dan bentuk, yang menjadikan objek wisata Malang Night Paradise semakin apik dan indah dipandang. Tempat wisata di Malang yang terkenal ini menjadi favorit kunjungan bagi keluarga dan pasangan untuk menghabiskan malam.

Malang Night Paradise jadi salah satu wisata Malang yang memiliki daya tarik tinggi untuk menarik minat para wisatawan. Hal tersebut karena, tempat ini menyuguhkan keindahan lampion yang menjadi daya tarik utamanya.

Ada sejumlah area yang sangat cantik di Malang Night Paradise. Beberapa di antaranya adalah Taman Lampion, Taman Dinosaurus, dan Magic Journey. Salah satu yang wajib dan tak boleh ketinggalan yaitu, Dancing Water Fountain.  Di sini pengunjung dapat melihat indahnya pertunjukan air mancur yang berkolaborasi dengan teknologi cahaya serta musik.

Lokasi: Di kawasan yang sama dengan Hawai Water Park. Tepatnya, di Jalan Graha Kencana Raya No, 66 Kota Malang. 

Harga tiket: Tiket masuk reguler seharga 35 ribu hingga 45 ribu rupiah. Terdapat tiket terpisah maupun tiket terusan untuk wahana wisata lain dengan tarif mulai dari 20 ribu hingga 105 ribu rupiah.

5. Jatim Park

Satwa yang ada di Secret Zoo Jatim Park 2

Photo :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

Tidak akan lengkap rasanya, jika ke Malang tidak melakukan kunjungan ke Jatim Park. Sekilas, taman yang begitu luas ini mirip dengan Dunia Fantasi, tetapi keseruan yang Anda dapatkan tentu berbeda. Wahana rekreasi yang dikelola Jawa Timur Park Group ini sangatlah beraneka ragam, mulai dari museum, kebun binatang, taman, hingga pusat permainan. Taman ini terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu Jatim Park 1 dan Jatim Park.

Lokasi: Jl. Kartika No.2, Kota Batu, Malang, Jawa Timur

Harga tiket: sekitar 85ribu -  150ribu.

6. Wisata Paralayang Batu

Pemandangan dari Bukit Gracia, arena paralayang di PON XX Papua

Photo :
  • ANTARA/HO-KONI Pusat

Wisata Malang selanjutnya terdapat Paralayang Batu.  Bagi yang ingin mencoba paralayang, objek wisata satu ini bisa jadi alternatif pilihan Anda. Kota dengan dataran tinggi ini menawarkan wisata paralayang dengan landasan di bukit. Dari bukit ini, Anda bisa menikmati betapa indahnya panorama kota dan perbukitan di sekitarnya.

Di sini kamu tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati paralayang Batu. Hal tersebut karena, di sini terdapat pemandu berpengalam yang siap menemani Anda selama meluncur.

Setelah puas merasakan sensasi terbang sejenak, pengunjung akan mendapat sertifikat. Tidak hanya paralayang yang bisa kamu nikmati, Anda juga ditawarkan akomodasi penginapan berupa rumah kayu di area hutan. Tarifnya mulai dari 350 ribu rupiah per malamnya.

Lokasi: Jalan Arumdalu No. 20, Songgokerto, Kota Batu

Harga Tiket: Untuk memasuki area pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Sementara tarif paralayang dipatok 300 ribu rupiah per orangnya.

Wisata Kuliner

Berkunjung ke berbagai kota di Indonesia, rasanya  sangat disayangkan jika tidak mencicipi wisata kulinernya. Wisata kuliner sendiri merupakan salah satu perjalanan yang memanfaatkan serta menikmati beragam masakan serta suasana lingkungan sekitar sebagai tujuan objek wisata.

Begitupun ketika kita bertandang ke Malang Jawa Timur. Rasanya kurang lengkap jika kita tidak menikmati ragam sensasi kuliner yang khas dan pastinya menggoda selera. Selain wisata alam, sejarah dan edukasi yang terdapat di Malang, wisata kuliner juga wajib kamu jajal satu per satu di sini.

Malang memiliki beragam wisata kuliner dengan sensasi dan cita rasa yang bikin nagih dan pastinya tidak terlupakan. Tidak hanya itu, di Malang kita bisa menemukan beragam tempat makan legendari yang unik untuk disambangi.

Dan berikut ini sederet wisata kuliner Malang yang sayang untuk Anda lewatkan jika berkunjung ke sana.

7. Ayam Panggang Mbak Sri Ono

Ayam panggang bangi, Kediri.

Photo :
  • U-Report

Wisata Malam berupa makanan yang pertama bisa masuk ke daftar list liburan Anda adalah Ayam Panggang Mbak Sri Ono. Datang ke sini, pengunjung akan disuguhi kenikmatan yang hakiki.  Disini para pengunjung bisa menikmati sensasi lezat dari seekor ayam. Menu terlaris dari tempat ini adalah ayam panggang. Tersedia juga aneka sate, olahan ikan, nasi, dan sayur.

Lokasi: Jalan Tangkuban Perahu No.23, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.
Harga : Mulai dari Rp 3.500 sampai Rp 40.000.

8. Bakso Solo di Kidul Pasar

Bakso Pak Kintel, Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Berkunjung ke Malang rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati rasa bakso khasnya. Malang yang dikenal dengan baksonya yang khas, membuat para wisatawan menjadikan kuliner satu ini menjadi menu favorit saat berada di Malang.

Kelezatan hidangan bakso disajikan dengan bumbu dan kaldu dari daging. Pada zaman dahulu, Pak Mardi sebagai pemilik biasa berjualan di selatan Pasar Belimbing. Yang kemudian, beliau baru membuka warung baksonya di sebuah kios hingga saat ini. Di tempat ini, sekitar 30-50 kg daging diolah menjadi bakso dengan cita rasa yang khas. 

Lokasi: Jalan Ahmad Yani 67, Kota Malang, wisata kuliner ini sudah berdiri sejak tahun 1965.

Harga: mulai dari 18.000

9. Rumah Makan Pecel Kawi Hj Musilah

Nasi pecel.

Photo :
  • U-Report

Kuliner favorit wisatawan ini banyak dijual di berbagai warung pinggir jalan. Nasi pecel di Malang tak jauh berbeda dengan nasi pecel di kebanyakan daerah.  Dalam sepiring nasi pecel terdiri dari campuran sayuran seperti kacang panjang, kangkung, daun kemangi, dan tauge disajikan dengan siraman sambal kacang. 

Jangan lupa ditambahi dengan rempeyek agar makin nikmat. Di Malang Anda bisa menikmati nasi pecel yang menggugah selera di rumah makan pecel Kawi Hj Musilah. Nasi pecel buatan Hj Musilah sudah sangat terkenal di Malang dan sekitarnya. Pecel kawi biasa dimakan dengan rempeyek kacang dan tempe. Lauk pelengkap lainnya yang bisa dipilih adalah telur, daging, empal, dan sate komoh.

Selain enak dan murah, kuliner yang sudah ada sejak lama ini masih menjadi primadona dan dicari saat berkunjung ke suatu kota.

Lokasi : Jalan Kawi Kios No. 43B Kauman, Bareng, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Harga:Rp 14.000 

10. Sate Landak Bu Ria

Ilustrasi Sate

Photo :
  • ist

Wisata kuliner Malang yang terakhir yaitu sat landak.Terbuat dari daging landak ini diolah dengan bumbu yang sedap sehingga memiliki cita rasa gurih dan bertekstur empuk.

Tidak hanya sate landak yang bisa kamu nikmati, ada juga menu lezat lainnya yang bisa kalian santap mulai dari tongseng dan rica-rica. Kuliner satu ini juga tak kalah populernya di kota Malang dan selalu jadi incaran para wisatawan yang bertandang ke Malang.

Lokasi : Jl. Raya Bugis Gg. 1 Jl. Bugis No.47, Boro Bugis, Saptorenggo, Kec. Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65154

Harga: 15000-40000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya