7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri

Suku di Ethiopia
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Beberapa suku yang memiliki tradisi unik dan aneh di dunia yang mungkin jarang diketahui oleh kamu karena sudah hidup di dunia modern. Mereka masih merangkul dan mempertahankan budaya khas yang mereka yakini. Banyak dari suku-suku ini hidup di daerah yang terpencil dan enggan untuk bergabung dengan dunia yang lain. Mungkin, inilah yang mereka lakukan untuk menjaga tradisi lama mereka dari kepunahan. 

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Umumnya suku yang memiliki tradisi unik dan aneh ini tersembunyi di sudut-sudut bumi yang paling dalam dan sangat terpencil. Mereka juga masih memakai alat berburu tradisional, kebiasaan, pakaian, sampai tradisinya yang masih tetap terjaga walaupun sudah ketinggalan zaman. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran, berikut adalah ulasan tentang suku yang memiliki tradisi unik dan aneh di dunia yang disadur dari Redbull. 

1. Memahat Wajah

Anies Berkunjung ke Rumah Dinas Cak Imin: Tradisi Lebaran Kita Saling Berkumpul

Memahat Wajah, Suku Dinka

Photo :
  • Tangkapan Layar

Setiap anak laki-laki dan perempuan yang ada di Suku Dinka, Sudan sering merasa ketakutan ketika akan melewati prosesi pemakuan wajah tersebut. Sang dukun akan membawa sebilah pisau yang sudah dipanaskan dan akan memahatnya di bagian dahi sang anak. Yang membuat lebih ngeri adalah anak-anak dilarang untuk menangis atau meringis ketika rasa sakit muncul sepanjang prosesi. Bila mereka sampai melanggar, mereka akan dipermalukan di depan masyarakat setempat. 

Uniknya Suasana Lebaran di Kampung Arab Ampel Surabaya

2. Bibir Piring

Suku di Ethiopia

Photo :
  • Tangkapan Layar

Dikatakan sebagai bibir piring lantaran piring atau kepingan CD dapat masuk ke tengah bibir. Tradisi unik dan aneh ini dilaksanakan di wilayah Sudan, Ethiopia, Meso America, dan kini masih dilaksanakan oleh beberapa suku yang berada di Afrika dan hutan Amazon. Mulanya akan dibuat lubang pada bibir dan dimasukkan benda supaya bibir bisa melebar. Konon katanya, semakin lebar piring yang bisa dimasukkan, maka status sosialnya tinggi. 

3. Memanjangkan Telinga

Ilustrasi Memanjangkan Telinga

Photo :
  • Tangkapan Layar

Masyarakat setempat meyakini bahwa memanjangkan telinga sudah menjadi bagian dari tradisi dan ritual penting yang ada di Thailand. Bahkan, sejumlah suku sampai saat ini masih mempraktikkan tradisi aneh dan unik tersebut. Konon katanya, memanjangkan telinga akan membuat diri terjauh dari gangguan makhluk halus, meningkatkan gairah seksual, dan dipandang sebagai perempuan yang cantik. 

4. Memanjangkan Gigi

Suku Maya.

Photo :
  • U-Report

Semakin tajam gigi perempuan, maka akan semakin tampak bahwa dirinya adalah yang paling cantik. Tradisi tersebut dijalankan oleh Suku Maya yang tinggal di Amerika Tengah. Tradisi unik dan aneh ini dilakukan dengan cara dipahat. Tentu saja mereka akan merasa kesakitan saat dipahat, tetapi menurut kabar tradisi ini dilakukan supaya membuat seseorang mengindahkan amarah, cemburu, dan perasaan negatif di dalam diri. 

5. Meminjamkan Istri

Ilustrasi pasangan suami istri berhubungan.

Photo :
  • U-Report

Tepatnya di Himalaya, Nepal merupakan suku yang mempunyai tradisi seks cukup aneh. Para suami di suku dengan tradisi aneh dan unik ini memperbolehkan untuk berbagi istri. Konsep berbagi istri tersebut lebih untuk kelangsungan hidup mereka. Hal ini karena lahan pertanian di Himalaya sangat sedikit, mereka mencari jalan keluar dengan cara membuat anak sehingga dapat saling mencari lahan untuk kedepannya. Caranya, dengan berbagi istri untuk melahirkan anak.

6. Menyumbat Hidung

Suku Apatani

Photo :
  • http://www.erwinmiradi.com/

Tradisi aneh dan unik berikutnya datang dari suku Apatani di lembah Ziro, India bagian utara. Mereka memandang bahwa perempuan cantik merupakan sosok yang menggunakan penyumbat di hidungnya. Penyumbat ini digunakan di lubang hidung, sehingga mereka akan mempunyai bentuk hidung yang berubah dan melebar. Penyumbat tersebut juga digunakan pada lubang telinga oleh beberapa orang. 

7. Menganut Voodoo

Pasar Voodoo Lome, Togo

Photo :
  • U-Report

Ketika kamu berkesempatan untuk melancong ke Haiti pada bulan Juli, bersiaplah untuk melihat penampakan yang cukup aneh. Tepatnya berada di Saut d’Eau, terdapat ritual dari suku yang menganut voodoo di air terjun. Para penganut tersebut akan melakukan ritual menari dan berguling di lumpur yang dicampurkan dengan darah hewan. Tradisi unik dan aneh ini sebagai tanda patuh kepada dewa cinta dan tentunya akan membuat wisatawan risih karena dilakukan dengan telanjang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya