Ini 5 Alasan Pulau Buatan di Dubai UEA yang Super Megah Masih Kosong

Pulau buatan 'The World' Dubai
Sumber :
  • TEN (The Emirates Network) Real Estate

VIVA – Sudah dua puluh tahun lebih sejak pembangunan pulau buatan di Dubai atau The World yang terbesar di dunia dimulai. Pembangunan ini diumumkan secara luas sebagai proyek utama pengembangan perkotaan Uni Emirat. Namun dua dekade kemudian, ceritanya sangat berbeda dengan yang dibayangkan para pengembang.

Bakal ke Uganda Resmikan Masjid, Ivan Gunawan Siap Tempuh Perjalanan Darat 10 Jam

Pulau-pulau belum terselesaikan, proyek-proyek terbengkalai dan laut yang merebut kembali ruangnya. Meskipun demikian, Dubai tidak menyerah dan yakin bahwa meskipun tertunda, pulau buatan di Dubai itu akan menjadi kenyataan. Mengutip dari Tomorrow City, berikut ini alasan pulau buatan di Dubai yang megah tersebut masih kosong. 

Keadaan pulau buatan saat ini 

Ivan Gunawan Segera Berangkat ke Uganda, Resmikan Masjid yang Dibangunnya

Pada awal abad ke-21, Dubai mengalami hiruk-pikuk pembangunan perkotaan, memposisikan Emirat Arab sebagai ibu kota keeksentrikan dan catatan arsitektur. Proyek yang paling ambisius adalah pembangunan Kepulauan Palm, yang kemudian diikuti oleh kepulauan The World dan The Universe yang saat ini sedang dibangun. Secara total, ada lima kepulauan buatan yang dipromosikan sebagai oasis kemewahan yang telah merebut kembali daratan dari laut.

Dalam dua puluh tahun, banyak masalah yang berbeda telah menyebabkan keterlambatan dalam pekerjaan mulai dari tidak dibayar, hutang, masalah hukum, dampak lingkungan yang tidak dapat diperbaiki hingga beberapa pulau kembali tenggelam ke laut. Terlepas dari semua keadaan tak terduga yang mengancam kelayakan proyek, tetapi pengembang, Nakheel tetap tidak menyerah.

Dubai Provides Free Parking during Eid al-Fitr Holiday

Masalah minyak dan krisis keuangan

Krisis keuangan dan real estate tahun 2008 dan penurunan harga minyak pada tahun 2014 yang mendorong perekonomian Emirat berdampak negatif pada kelayakan proyek makro ini. Kronologi kejadiannya panjang dan rumit, tapi intinya bisa diringkas dalam investor swasta yang ditarik, utang jutaan dolar yang dikeluarkan oleh pengembang, tuntutan hukum dan pekerjaan yang ditangguhkan, tanpa tanggal mulai kembali.

Pada tahun 2018, penjualan pengembangan real estate baru turun 46% selama kuartal pertama tahun ini. Sejak akhir 2014, harga rumah turun 15%. Sejumlah proyek real estate telah mengusulkan peluncuran kembali proyek The World, dengan investor baru seperti startup Filipina Revolution Precrafted yang akan menginvestasikan 3,2 miliar dolar dalam pembangunan apartemen mewah dan hotel.

Proyek The World terancam tenggelam

Masih dengan The World, pada 2010 perusahaan kelautan Penguin Marine memperingatkan bahwa gugusan kepulauan ini akan tenggelam kembali ke laut. Perusahaan, yang bertanggung jawab untuk menyediakan layanan logistik dan transportasi ke pulau-pulau, secara teratur melakukan pengukuran untuk tujuan keselamatan. Alasan utamanya adalah pasir yang digali dari dasar laut untuk membangun 300 kepulauan itu, berangsur-angsur kembali ke tempat asalnya. Sebuah foto yang diambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Februari 2010, menunjukkan bukti bahwa, memang benar perairan Teluk Persia naik dan pulau-pulau mulai menghilang.

Erosi dini bahan konstruksi

Pulau-pulau buatan sebagian besar dibangun di atas hamparan pasir dan batu. Meskipun Dubai dikelilingi oleh gurun, pasir laut digunakan untuk membangun pulau buatan, yang lebih cocok untuk jenis konstruksi ini karena lebih solid.

Menurut kesimpulan yang diperoleh dari studi lingkungan yang disajikan oleh peneliti Bayyinah Salahuddin, pantai Dubai kehilangan antara 10.000 dan 15.000 meter kubik pasir setiap tahun. Pembangunan Palm Jumeirah, yang mempengaruhi aliran alami angin, menyebabkan pasang meningkatkan laju erosi ini. Hasilnya adalah endapan sedimen laut telah bergerak sejauh 40 kilometer selama periode lima tahun.

Semua pergerakan yang terjadi selama konstruksi telah mempengaruhi keanekaragaman hayati laut, mengubur tempat hidup tiram dan menyebabkan kerusakan pada karang di dasar laut yang tidak dapat diperbaiki lagi. 

Hal ini juga menyebabkan saluran antar pulau menjadi terhambat. Nakheel, pengembang proyek, membantah semua tuduhan ini dan akhirnya memenangkan persidangan melawan Penguin Marine, yang ingin membatalkan kontraknya. Menurut informasi dari NASA, Palm Jumeirah juga tenggelam dengan kecepatan lima milimeter per tahun.

Naiknya permukaan laut

Masalah ini tidak hanya terjadi di Dubai. Pada tahun 2017, Badan Lingkungan Abu Dhabi memperingatkan bahwa dalam skenario terburuk mengenai dampak perubahan iklim, permukaan laut akan meningkat 9 meter, yang akan menjadi bencana besar bagi Dubai dan pulau-pulau buatannya. Sekitar 85% penduduk di Uni Emirat Arab tinggal di daerah pesisir.

Untuk melindungi mereka dari gelombang, pulau-pulau itu dikelilingi oleh pemecah gelombang raksasa. Hanya 2 meter di atas permukaan laut untuk memastikan bahwa penduduk dan pengunjung memiliki pandangan yang tidak terganggu. Hasil langsungnya adalah perubahan buatan dari arus laut dan pengurangan arus laut. Dalam jangka panjang, penghalang ini tidak mungkin cukup jika terjadi prakiraan terburuk. Perubahan arus laut dan hilangnya keanekaragaman hayati lokal dapat meningkatkan masalah ini. Tingkat konstruksi yang memburuk yang terjadi selama dekade pertama abad ke-21 dan polusi yang terkait dengan kegiatan ini tidak membantu mengurangi pemanasan kota atau Teluk Persia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya