Rekomendasi Tempat Camping Murah Pemandangan Indah di Semarang

Camping dengan pemandangan alam
Sumber :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

VIVA – Belakangan, potret Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi bermalam dengan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, jadi sorotan publik. Pihak Istana menyebut, selama bermalam dalam tenda, tidak ada persiapan untuk makanan khusus untuk orang nomor satu Indonesia tersebut. Jokowi, tidur di tenda bersama sang istri, Iriana. 

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Hanya tenda kemah untuk tidur di lokasi, di tengah alam terbuka. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, tenda yang ditempati oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, hanyalah tenda biasa. Di dalam tenda tersebut berisikan peralatan seadanya seperti halnya kasur. Tidak ada pendingin ruangan atau AC.

Rupanya, kegiatan Jokowi berkemah di alam terbuka ini bukan hanya menarik perhatian masyarakat Indonesia. Banyak pula yang terinspirasi untuk berlibur sambil berkemah. Apalagi, jika berkemah di waktu liburan bersama keluarga, teman ataupun saudara. 

Wisata Alam Embung Kledung, Indahnya Pemandangan ‘Gunung Fuji’ Indonesia

Jika tertarik untuk liburan sambil berkemah, tak perlu jauh-jauh ke Kalimantan untuk merasakan kesegaran alam. Bagi yang berada di wilayah Semarang Raya ada beberapa lokasi perkemahan yang sangat familiar. Lokasinya mudah dijangkau dengan fasilitas yang cukup memadai untuk ukuran perkemahan. Area-nya pun juga mudah diakses bahkan kendaraan roda empat pun bisa parkir di sebelah lokasi. Yuk, simak, tempat-tempat camping menarik cocok untuk liburan keluarga!

Bumi Perkemahan Nglimut 

Restoran di Tengah Alam, Makan Bersama Keluarga Dalam Suasana Berbeda

Terletak di Desa Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kendal. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari Kota Semarang yang bisa ditempuh selama satu jam berkendara. Udaranya sejuk agak dingin karena berada di lereng sisi utara Gunung Ungaran. 

Camping di Gunung Ungaran

Photo :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

Areanya berupa lahan hutan pinus  seluas satu hektar. Jadi jangan khawatir kepanasan saat camping di sini, karena seluruh area dirindangi pohon pinus. Kapling kemah sudah ditata lengkap dengan tempat untuk  memasak. Airnya sangat melimpah yang berasal dari mata air Gunung Ungaran. Di sekitarnya ada beberapa tempat wisata seperti sumber air panas belerang, air terjun, kebun teh, warung makan, serta gardu pandang. Jika tertarik, tiketnya hanya Rp10 ribu saja.

"Dingin hehehehe.... tapi asyik kan kalau malam bisa main api unggun bareng teman-teman. Ada tempat masaknya juga kayak tungku dari besi gitu. Tapi kalau nggak mau repot masak, ada warung kok di luar area camping," kata Yulia, mahasiswa yang sedang berkemah bareng teman kuliahnya.

Camping Ground Medini

Lokasinya di tepi perkebunan teh dengan ketinggian lebih dari 1000 meter dari permukaan laut. Jadi udaranya lumayan dingin. Pastikan kalau camping di sini memakai jaket tebal dan sleeping bag untuk menghangatkan badan.

Camping Ground Medini berada di Desa Ngesrepbalong Kecamatan Limbangan Kendal. Dari Semarang jaraknya sekitar 40 kilometer. Aksesnya melewati Kecamatan Mijen Semarang lalu menuju Desa Gonoharjo Limbangan Kendal dan naik lagi ke atas menuju Desa Ngesrepbalong tempat camping ground berada. Kendaraan roda empat bisa sampai di area kebun teh namun akses jalannya tak begitu lebar, jadi harus hati-hati. 

Fasilitas di camping ground ini lumayan oke. Ada toilet, mushola, sumber mata air gunung, juga warung makan yang dibuka oleh penduduk setempat. Biaya masuknya juga murah meriah hanya Rp10 ribu per orang. 

Kelebihan dari Camping Ground Medini selain udaranya yang segar, juga panorama alamnya yang sangat indah yaitu perkebunan teh yang berlatar belakang Gunung Ungaran.

Camping dengan pemandangan alam

Photo :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

Camp Mawar

Masih di Gunung Ungaran, ada lagi yang namanya Camp Mawar Lokasi di sisi timur gunung. Berada di ketinggian lebih dari seribu meter dari permukaan laut, udara di sini termasuk segar dan dingin. Sesekali akan ada kabut yang menyelimuti. Akses masuknya melalui Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Nanti akan melewati kawasan wisata Umbul Sidomukti, naik terus sampai ujung jalan beton. Nah di situlah Camp Mawar berada. Tiket per orang Rp10 ribu. Tempat parkirnya juga luas, bisa untuk mobil dan sepeda motor.

Lokasi camp merupakan perpaduan antara hutan pinus dan lahan terbuka yang langsung menghadap ke lembah Gunung Ungaran, dengan panorama Danau Rawapening dan Gunung Merbabu.

Gedong Songo

Kemudian, jika ingin berkemah sambil menikmati wisata sejarah, pilihannya ada di Gedong Songo. Kalau yang ini di sisi selatan Gunung Ungaran. Lokasi kemahnya persis di bawah candi. Sudah pasti karena ini tempat wisata maka mobil dan motor bisa masuk. Tiketnya Rp 10 ribu. Kelebihan tempat camping ini, selain faislitasnya komplit, juga sekalian bisa jalan-jalan melihat candi dan kawah Gunung Ungaran.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya