3 Hutan Keramat di Tanah Pasundan yang Terkenal Angker dan Berhantu

Ujung Kulon
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa hutan keramat di Tanah Pasundan yang mungkin jarang kamu ketahui karena asyik dengan dunia modern saat ini. Hutan sendiri adalah tempat yang sangat luas dengan banyak pepohonan yang dijadikan sebagai ekosistem yang berguna untuk manusia, tapi dibalik keindahan dan segudang manfaat yang dimiliki olehnya, hutan juga mempunyai cerita mistis dan salah satunya adalah hutan yang berada di Tanah Pasundan. Tanah Pasundan sendiri mempunyai banyak hutan yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar. 

Lihat Mahkota Prabu Siliwangi, Kolonel Berdarah Kopassus TNI Ini Ternyata Keturunan Sumedang Larang

Bahkan, ada hutan yang diyakini jadi tempat bertapanya seorang raja paling masyhur yaitu Prabu Siliwangi. Ada banyak cerita dan kisah hutan tersebut yang tersebar dari mulut ke mulut sampai kisah seram pun menyelimuti lebatnya hutan di Tanah Pasundan. Karena itu, banyak yang menyebutnya sebagai hutan keramat di Tanah Pasundan yang angker. Nah, berikut adalah ulasan tentang hutan keramat di Tanah Pasundan yang disadur dari berbagai sumber.

1. Ujung Kulon, Pandeglang

Wali Kota Bogor Sandingkan Gaya Kepemimpinan Ganjar Pranowo dengan Prabu Siliwangi

Taman Nasional Ujung Kulon.

Photo :
  • U-Report

Ujung Kulon adalah salah satu kawasan taman nasional yang berada di Kabupaten Pandeglang, Banten. Hutan keramat di Tanah Pasundan ini menyimpan banyak ekosistem seperti spesies langka dan mempunyai keindahan alam yang memukau, sehingga kawasan Ujung Kulon ini sangat dilindungi oleh pemerintah Indonesia. 

Golkar Serius Garap Suara Jabar, Airlangga: Rumus untuk Menang Pilpres

Namun, dibalik keindahan Ujung Kulon tersebut, nyatanya kawasan ini diyakini menjadi salah satu hutan yang mempunyai cerita mistis yang sangat kental beredar di masyarakat. Ujung Kulon ini diyakini oleh masyarakat sebagai kawasan keramat, dan menjadi sebuah tempat tujuan utama untuk para ahli supranatural untuk memperdalam ilmu kebatinan. 

Bahkan, tidak jarang masyarakat yang meyakini bahwa hutan ini adalah tempat bertapanya para leluhur, termasuk raja dari Kerajaan Pajajaran, Prabu Siliwangi dan juga diyakini sebagai pusat kerajaan gaib bangsa jin. Terdapat sejumlah misteri dan mitos yang berkembang di masyarakat setempat mengenai kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini. 

Salah satunya adalah misteri Abah Gede atau sosok harimau yang diyakini sebagai penjaga hutan, untuk melindungi alam dari tangan manusia yang akan melakukan kerusakan. Abah Gede diyakini masyarakat sebagai jelmaan dari keagungan, kekuatan, dan keberanian dari para leluhur Sunda raja Pajajaran, yaitu Prabu Siliwangi.

Kemudian ada juga misteri Gua Sanghyang sirah yang diyakini sebagai energi gaib paling besar di Ujung Kulon. Gua ini memiliki berbagai aktivitas gaib yang diyakini sebangsa jin yang pernah menjadi pengikut dari Prabu Siliwangi saat bertapa. Singgasana tempat bertapanya ini diyakini sebagai pusat kegiatan, kekuatan, dan kerajaan gaib. 

2. Hutan Sancang, Garut

Hutan Sancang

Photo :
  • Tangkapan Layar

Hutan Sancang atau yang lebih dikenal dalam bahasa Sunda sebagai Leuweung Sancang ini adalah sebuah hutan keramat di Tanah Pasundan tepatnya di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Hutan ini adalah hamparan pepohonan dengan lahan datar, tapi ada tebing curam di pesisir pantai, khususnya sebelah timur yang terdapat wilayah Karang Gajah. 

Leuweung Sancang ini mempunyai daya tarik berbentuk ekosistem yang unik dan pemandangan alam yang indah, masyarakat juga yakin bahwa wilayah ini adalah hutan keramat yang diselimuti dengan misteri di dalamnya. Beberapa masyarakat masih yakin bahwa hutan keramat di Tanah Pasundan ini adalah pusat berburu ilmu kedigdayaan dan kesaktian. 

Beberapa mitos yang berkembang di masyarakat luas mengenai hutan ini adalah tempat bertapa raja Pajajaran Prabu Siliwangi. Bahkan, masyarakat setempat meyakini bahwa hutan ini adalah tempat terakhirnya bertapa. Prabu Siliwangi bertapa di sini setelah melaksanakan tugas duniawinya, sebuah konsep yang dijalankan oleh agama leluhur sebelum kembali ke sang pencipta. 

Kemudian ada juga misteri Maung Sancang atau Harimau Sancang yang diyakini masyarakat sebagai mau jajaden atau jadi-jadian. Harimau ini diyakini sebagai makhluk gaib jelmaan para pengikut raja Prabu Siliwangi. Harimau ini akan muncul saat ada Prabu Siliwangi. Tapi bisa juga dipanggil oleh seseorang yang mempunyai ilmu tinggi dengan ritual khusus. 

3. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang

Photo :
  • U-Report

Situs Gunung Padang ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Sunda, khususnya Cianjur. Banyak orang yang mengatakan bahwa situs ini mempunyai kuil bawah tanah sehingga mempunyai bentuk piramida. Tidak sedikit pengunjung yang menyadari ada penampakan di situs ini. Penampakan yang kerap terlihat adalah adanya hantu kakek tua raksasa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya