10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Nepal

Danau Nakuru
Sumber :

VIVA – Danau terbesar di dunia, salah satunya terdapat di Rusia. Siapa yang tidak suka danau? Mereka selalu dikelilingi oleh pemandangan indah pedesaan kuno atau pegunungan yang dramatis. 

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Airnya umumnya tenang dan, jika cuaca bagus, pemandangan luas biasanya cukup menakjubkan. Digabungkan bersama-sama, ini mengundang keadaan kontemplasi meditatif yang menarik bagi orang-orang yang suka beraktivitas di luar ruangan dan kaum urban yang bersemangat. 

Ilustrasi danau indah.

Photo :
  • U-Report
783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Dan untungnya, sebagian besar negara mengklaim danau besar dengan deskripsi tertentu, Italia memiliki Danau Como. Amerika Utara memiliki Danau Superior dan Inggris memiliki Danau Windermere. 

Beberapa danau pasti lebih dikenal daripada yang lain, jadi di sini kami memilih sepuluh danau terbesar di dunia yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

1. Danau Baikal, Rusia

Danau Baikal Rusia

Photo :

Kenapa harus pergi ke sana?  Untuk petualangan luar ruangan di Trans-Siberian Railway. Terletak di Siberia selatan, Danau Baikal adalah fitur alam paling mengesankan di Rusia.

Ini adalah danau superlatif sebagai danau air tawar terbesar di dunia, danau terdalam di dunia dan tertua di dunia pada usia 25 juta tahun. Baikal mengandung 20% ??air tawar permukaan yang tidak beku di planet ini dan merupakan rumah bagi ribuan spesies flora dan fauna. 

Banyak dari spesies ini endemik di wilayah tersebut, termasuk anjing laut air tawar, dan kekayaan biologis inilah yang menjadikan danau itu sebagai Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996.

Selain keindahannya yang menakjubkan, Danau Baikal mewakili petualangan luar ruangan bagi para pelancong sepanjang musim. Di musim panas, Anda dapat mendaki di hutan taiga yang mengelilingi danau dan perkemahan liar di tepi air.

Di musim dingin, ketika danau membeku, Anda dapat mencoba mobil salju, ski lintas alam, dan berkuda serak. Banyak pelancong memasukkan kunjungan ke Danau Baikal dalam perjalanan Trans-Siberia mereka , singgah di Irkutsk dan menghabiskan beberapa malam di sekitar desa Listvyanka yang menarik.

 Jika Anda memiliki lebih banyak waktu luang, ada baiknya melanjutkan lebih jauh ke utara dari sini ke pulau Olkhon. Pulau ini dianggap suci oleh penduduk asli Buryat yang tinggal di daerah tersebut dan menganut perdukunan , yang berpusat pada keadaan yang berubah dan dunia roh.

2. Danau Inle, Myanmar

Danau

Photo :

Ini mungkin bukan danau terbesar di Myanmar tetapi Anda tidak mengunjungi Inle hanya untuk menghargai ukurannya. Sebaliknya, Anda pergi ke Danau Inle untuk menjelajahi desa-desa rumah panggung, taman terapung, dan kuil-kuil Buddha yang berkilauan di tepian air. 

Anda pergi ke sana untuk mendaki di sekitar perbukitan yang menjadi rumah bagi suku-suku yang penuh warna dan pasar yang sibuk. Tapi mungkin yang paling penting, Anda pergi ke sana untuk menyaksikan nelayan lokal Intha meluncur melintasi air dengan gaya yang paling khas. 

Para pelaut berbakat ini berdiri dengan satu kaki di atas perahu dayung kecil mereka dan kaki lainnya melilit dayung. 'Mengapa kamu bertanya?. Diluar kepentingan. Danau Inle ditutupi oleh alang-alang dan tanaman terapung, dan cara mendayung ini memberi para nelayan sudut pandang terbaik untuk mengarungi air.

Bagi pengunjung juga, tidak ada yang mengalahkan naik perahu untuk pemandangan terbaik Danau Inle dan aktivitas sehari-harinya. Kano kayu ramping menunggu untuk membawa Anda melintasi danau ke berbagai situs budaya, alam, dan sejarah. 

Mungkin salah satu situs paling populer di sekitar Danau Inle adalah biara Nga Hpe Kyaung, yang pernah menjadi rumah bagi populasi kucing yang akan melompati rintangan sesuai perintah. Meskipun praktik ini telah berakhir beberapa tahun yang lalu, biara ini masih layak dikunjungi karena patung kayu Buddhanya.

3. Danau Kawaguchi, Jepang

Danau

Photo :

Ini adalah danau terbesar di Amerika Selatan dan dianggap sebagai danau tertinggi yang dapat dilayari di dunia. Lebih penting lagi bagi komunitas Andes lokal yang menyebut wilayah ini sebagai rumah, Danau Titicaca dianggap sebagai tempat kelahiran matahari.

Secara keseluruhan, tiga alasan bagus untuk mengunjungi Titicaca, sebuah danau yang terbelah antara Peru dan Bolivia. Masing-masing pihak menawarkan pengalaman yang berbeda. Di sisi Peru, daya tarik Danau Titicaca adalah mengunjungi pulau buluh mengambang Uros.

Bukan hanya pulau yang terbuat dari alang-alang – rumah dan perahu juga. Daya apung alang-alang totora lokal cocok untuk konstruksi ini, tetapi itu tidak mudah karena penduduk setempat harus mengganti lapisan atas setiap beberapa bulan.

Daya tarik utama di sisi Bolivia dari Danau Titicaca adalah Isla del Sol, pulau terbesar di danau. Ini adalah rumah bagi beberapa komunitas tradisional dan reruntuhan pra-Columbus termasuk tangga Inca dan air mancur.

Pulau ini benar-benar bebas dari kendaraan bermotor dan cara terbaik untuk berkeliling adalah dengan berjalan kaki. Ada jalur jalan kaki yang bagus yang membuka pulau bagi mereka yang ingin menghabiskan satu atau dua malam di sini. Atur waktu kunjungan Anda dengan salah satu hari libur kuno kalender dan Anda akan melihat Danau Titicaca meledak menjadi kehidupan.

5. Danau Nakuru, Kenya

Danau Nakuru

Photo :

Danau Nakuru adalah danau soda yang terletak di Lembah Rift Afrika Timur dan menjadi pusat dari Taman Nasional Danau Nakuru, sebuah taman indah dengan hutan akasia ringan, sabana yang luas, dan rawa-rawa yang lebat.

Ini adalah salah satu taman utama Kenya berkat aksesibilitasnya, banyak tempat pengamatan, dan beragam satwa liar. Dan dari beragam satwa liar ini, flamingo merah mudalah yang menjadikan Danau Nakuru salah satu danau terbesar di dunia. Pada tahun-tahun sebelumnya ribuan, jika bukan jutaan, flamingo akan berjajar di pantai, mengubah lanskap menjadi lautan fuchsia. Ini adalah salah satu pemandangan paling berkesan di Afrika.

Ganggang danau menarik burung-burung ini meskipun jumlah flamingo telah berkurang karena permukaan air meningkat sejak 2013. Masih cukup berkumpul untuk membuatnya layak ditambahkan ke rencana perjalanan Anda dan di dalam taman nasional, ada juga populasi badak yang patut ditiru dengan penampakan yang dapat diandalkan.

Makhluk-makhluk ini diperkenalkan kembali ke taman pada awal 1990-an dan Nakuru sekarang menjadi rumah bagi salah satu konsentrasi badak terbesar di negara itu. Ada lebih dari 25 badak hitam dan lebih dari 70 badak putih yang tampak sangat senang berkeliaran di padang rumput terbuka di samping danau.

6. Danau Myvatn, Islandia

Danau Islandia

Photo :

Islandia tidak asing dengan danau – ia memiliki banyak danau, tetapi Danau Myvatn mengalahkan semuanya. Danau dan sekitarnya tidak hanya membanggakan keindahan yang mencolok dan bentang alam yang mempesona, tetapi juga merupakan rumah bagi berbagai burung air yang mengesankan.

Danau Myvatn adalah danau eutrofik dangkal, yang berarti produktivitas biologisnya tinggi dengan nutrisi yang mendukung kelimpahan tanaman air dan serangga. Sumber makanan yang dapat diandalkan inilah yang menarik burung-burung, termasuk tiga belas spesies bebek. Dikelilingi oleh lahan basah dan lanskap vulkanik dunia lain dari pot lumpur dan formasi lava, Danau Myvatn berfungsi sebagai mikrokosmos dari karunia alam Islandia.

Wilayah Danau Myvatn adalah tempat yang sempurna untuk bersepeda gabungan dan mendaki dengan jalan tertutup yang mengelilingi danau dan trek yang ditandai dengan baik yang membawa Anda melewati lanskap yang luar biasa.

Musim panas membawa sinar matahari sepanjang hari yang sempurna untuk kegiatan seperti itu, tetapi juga membawa pengusir hama – banyak sekali. Bahkan, kata 'Myvatn' diterjemahkan sebagai 'danau pengusir hama'.

Memboroskan diri Anda dalam penolak dan pertimbangkan untuk mengambil jaring kepala. Atau kunjungi di musim dingin saat danau menjadi negeri ajaib yang membeku dan ada peluang untuk melihat Cahaya Utara. Di dekat danau terdapat Pemandian Alam Myvatn di mana Anda dapat berendam di air yang kaya mineral berwarna biru bubuk.

7. Danau Atitlan, Guatemala

Danau Atitlan secara luas dianggap sebagai salah satu danau terindah di dunia. Tanyakan saja pada naturalis Alexander von Humboldt  dan penulis Aldous Huxley  yang sama-sama menulis lirik tentang keindahan alam Atitlan. 

Danau yang menakjubkan ini terletak di pegunungan Sierra Madre, dikelilingi oleh bukit-bukit curam dengan tiga gunung berapi yang mengapit sisi selatan. Pada siang hari, warna air berubah dari biru yang mengejutkan menjadi hijau tua saat matahari bergerak melintasi langit. Dan berkat kelebihan pemandangan inilah Danau Atitlan menjadi daya tarik terbesar Guatemala.

Habiskan satu hari di sini dan Anda akan mengalami fenomena alam yang dikenal masyarakat lokal sebagai ' xocomil '. Dalam bahasa Kaqchickel, itu berarti “angin yang membawa dosa” dan mengacu pada angin tengah hari yang kuat yang terjadi secara tiba-tiba hampir setiap hari.

 Ini adalah bahasa yang masih digunakan oleh penduduk setempat, masyarakat adat yang mempertahankan budaya tradisional Maya. Anda akan melihat mereka mengenakan pakaian tradisional berwarna-warni dan menemukan mereka menyembah dewa Maya kuno. 

Ada sejumlah kota di sekitar danau, masing-masing dengan karakternya sendiri yang berbeda. Jadi, ada baiknya menghabiskan beberapa hari di Danau Atitlan untuk menjelajahi beberapa di antaranya dan merasakan budaya lokal yang sebenarnya. Sebagian besar kota hanya dapat dicapai dengan perahu, jadi ini adalah cara yang bagus untuk melihat danau dari sudut yang berbeda juga.

8. Laut Mati, Yordania/Israel

Hal pertama yang pertama – Laut Mati bukanlah laut sama sekali. Ini adalah sebuah danau. Dan salah satu perairan paling asin di planet ini. Faktanya, Laut Mati sembilan kali lebih asin daripada lautan. Ini bukan tempat yang Anda kunjungi untuk satwa liar karena salinitas airnya terlalu tinggi untuk hewan dan tumbuhan untuk berkembang biak, karena itu diberi nama 'Laut Mati'. Ini adalah lingkungan yang keras dengan sedikit curah hujan, suhu tinggi dan pegunungan tandus yang mengelilingi danau.

Konsentrasi garam yang luar biasa tinggi menciptakan daya apung alami yang membuatnya mustahil untuk tenggelam. Setengah kesenangan mengunjungi Laut Mati adalah kesempatan untuk melompat seperti gabus , buku di tangan tanpa khawatir tenggelam.

Penguasa Mesir yang terkenal  Cleopatra memuji kecantikannya karena Laut Mati dan kekuatan penyembuhannya. Dalam beberapa tahun terakhir, daerah tersebut telah menjadi tujuan kesehatan yang populer di mana pengunjung dari seluruh dunia datang untuk menikmati sifat terapeutik air yang dilaporkan membantu dengan kondisi kulit, pernapasan, dan persendian kronis.

Pilihan hotel 4-5* yang bagus memiliki spa sendiri, pantai pribadi, dan menu terapi untuk melengkapi apa yang ditawarkan Laut Mati. Ember lumpur alami berada di tepi air untuk Anda olesi dan panggang di bawah sinar matahari sementara lumpur bekerja dengan ajaibnya.

9. Danau Bunyonyi, Uganda

Danau Bunyonyi adalah sesuatu yang misterius. Dikabarkan mencapai kedalaman hingga 900 meter, yang akan menjadikannya danau terdalam kedua di Afrika. Namun sepertinya tidak ada yang mau repot-repot mengkonfirmasi ini. Ada 29 pulau di danau dengan legenda yang menceritakan tentang manusia yang ditenggelamkan oleh pulau itu sendiri.

Namun Anda harus mencari sendiri kisah-kisah ini, yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Danau ini terletak di barat daya Uganda dekat perbatasan dengan Rwanda. Ini adalah kekayaan alam terbaik negara ini kecuali jika Anda menghitung populasi gorila gunung yang menyebut wilayah ini sebagai rumah. Dan itulah yang benar-benar menarik pengunjung – kesempatan untuk melakukan perjalanan untuk melihat hewan-hewan agung ini di habitat alami terakhir mereka yang tersisa.

Danau Bunyonyi terletak di samping Taman Nasional Bwindi Impenetrable, yang menggabungkan hutan purba yang besar dan lebat. Ini adalah salah satu daerah yang paling beragam secara biologis di Bumi dan rumah bagi setengah dari populasi gorila gunung yang terancam punah di dunia .

Tidak mengherankan, di sanalah banyak ekspedisi trekking berlangsung, dengan Danau Bunyonyi sebagai basis yang ideal. Dan sementara Anda menunggu giliran untuk mendaki gunung untuk bertemu King Kong pertama Anda, Anda dapat menikmati sedikit R&R di samping air, menikmati pemandangan yang menakjubkan. Atau naik kano ruang istirahat untuk perspektif yang berbeda.

10. Danau Gokyo, Nepal

Danau Nepal

Photo :

Entri yang paling tidak jelas dalam daftar danau terbesar di dunia kami telah disimpan hingga yang terakhir. Pernah mendengar tentang Danau Gokyo? Kecuali Anda seorang pendaki gunung yang tajam, kami akan memaafkan Anda. Danau Gokyo adalah sistem danau air tawar tertinggi di dunia, berada di ketinggian 4.700-5.000 meter di atas permukaan laut. Mereka terletak di Taman Nasional Sagarmatha Nepal yang terdaftar di UNESCO , kawasan lindung Himalaya dan salah satu keindahan yang tak terbayangkan. Jajaran pegunungan yang dramatis menjulang di atas gletser yang besar dan lembah yang dalam tempat macan tutul salju yang langka berkeliaran. Dan enam danau di sistem Gokyo semakin menambah gambar yang mencengangkan ini.

Danau-danau itu tampak berwarna biru permata, warna pirus yang mempesona yang berkilauan di bawah sinar matahari di ketinggian. Puncak bergerigi yang tertutup salju mengelilingi danau, yang dianggap suci oleh umat Hindu dan Buddha Nepal. Setiap Agustus ratusan peziarah mengunjungi danau untuk mandi suci dan menghapus dosa-dosa mereka. Sepanjang sisa tahun, Danau Gokyo menarik pengunjung internasional yang mendaki rute Perkemahan Dasar Everest yang diperpanjang yang membawa mereka ke puncak Gokyo Ri (5483m) untuk melihat panorama danau dan Everest itu sendiri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya