Hollywood Hingga Candi Gedong Songo Wisata Favorit Semarang

Hollywood Semarang
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Semarang menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan. Hal ini lantaran lokasi Semarang yang cukup strategis termasuk ketika diakses menggunakan kendaraan pribadi. Ibukota Jawa Tengah ini diketahui memiliki banyak tujuan favorit baik untuk wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

“Kabupaten Semarang ini berada di titik strategis di Joglosemar. Mau ke solo Jogja mampir ke Semarang,” kata Wakil Bupati Semarang, H. Bahari, S.T, M.Si, dalam Briefing Kesiapan Sektor Parekraf Dalam Negeri Hadapi Pembukaan Border Wisatawan Mancanegara, di Kampung Kopi Banaran, Semarang, Jawa Tengah, Rabu 30 Maret 2022.

Lebih lanjut diungkap oleh Bahari potensi alam Semarang yang dikelilingi pegunungan, danau hingga pertanian menjadi daya tarik kabupaten ini, sebut saja rawa pening yang saat ini dijadikan proyek nasional.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Ibukota Jawa Tengah memiliki banyak tujuan favorit untuk wisatawan

Photo :
  • VIVA/ Isra Berlian

“Kemarin tahun lalu 50M dari rawa pening sekarang akan jadi proyek nasional,” ujar dia.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Tidak hanya itu saja, Semarang juga diketahui memilki destinasi unik lainnya seperti Candi Gedong Songo yang berada di ketingguan 1.200 mdpl ini ditemukan pada tahun 1740 oleh Sir Thomas Stamford Raffles ini dinobatkan memiliki udara tersejuk di dunia, kata Bahari. Suhu di area candi ini berkisar 19-27 derajat Celcius.

Tidak hanya itu saja, Candi Gedong Songo juga cukup unik lantaran memiliki posisi candi yang diletakkan berderet dari bawah hingga ke atas perbukitan. Ada yang percaya jika posisi candi itu menggambarkan hierarki kesucian yang semakin ke atas berarti semakin suci.

Namun ada juga yang mempercayai, posisi candi menggambarkan petunjuk suatu prosesi keagamaan yang dilakukan dari candi yang letaknya di bawah hingga ke yang paling atas.

Keunikan lainnya dari candi ini adanya kepercayaan di masyarakat  sekitar bahwa kawasan Candi Gedong Songo masih berkaitan erat dengan kisah pewayangan antara Hanoman dan Dasamuka alias Rahwana ketika hendak menyelamatkan Dewi Sinta dari cengkeramannya.

Gunung Ungaran tempat Candi Gedong Songo ini berdirilah dahulu dipakai Hanoman untuk menimbun hidup-hidup Dasamuka dalam perang besar memperebutkan Dewi Sinta.

Selain  Candi Gedong Songo, wisata yang tak kalah menarik ada wilayah Bandungan di kabupaten Semarang juga menarik ada lokasi wisata yang disebut sebagai Hollywood.

“Bandungan ada Hollywood langsung ke atasan lagi ada pusat spa di sana seolah-olah berada ada helikopter keliatan semua termasuk Semarang,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya