Gunung Pancar, Tempat Healing Murah Gak Jauh dari Jakarta

Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Sentul, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irfan Laskito

VIVA – Gunung Pancar merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di bogor. Gunung Pancar yang memiliki keindahan panorama pegunungan yang membuat kamu akan semakin betah untuk menikmati wisata Gunung Pancar dan memiliki ketinggian sekitar 300 sampai 800 Mdpl.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Wisata Gunung Pancar sangat cocok untuk orang-orang yang tinggal di Jakarta, apalagi di masa pandemi seperti sekarang yang membuat sulit untuk melakukan aktivitas liburan seperti ke Bandung, atau tempat wisata lainnya. Gunung Pancar yang tidak jauh lokasinya dari Jakarta, tidak kalah indahnya dengan tempat wisata lainnya.

Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini dengan menggunakan Mobil yang berdomisili di Jakarta, bisa menggunakan jalur tol Jagorawi dan keluar di tol Sentul City atau Sentul Selatan. Untuk menuju Gunung Pancar hanya membutuhkan waktu satu jam.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Di balik Gunung Pancar tersimpan sebuah cerita legenda, banyak masyarakat sekitar mengatakan, Gunung Pancar merupakan gunung pertama di pulau Jawa. Masyarakat sekitar mempercayai, dahulu saat bumi diciptakan, bumi ini terbilang masih datar dan belum memiliki apapun, kemudian bumi mengalami gempa yang cukup besar sehingga menciptakan sebuah gunung sebagai penyeimbang.

Berikut beberapa wisata yang ada di Gunung Pancar yang loaksinya tidak jauh dari Jakarta, dikutip dari berbagai sumber, seperti berikut:

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

1. Harga Tiket Masuk

Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Sentul, Jawa Barat

Photo :
  • VIVA.co.id/Irfan Laskito

Gunung Pancar merupakan salah satu wisata yang masih dilindungi, jadi jika ingin berkunjung ke Gunung Pancar, akan dikenai tarif masuk untuk biaya perawatan dan lain-lain. Harga tiket masuk ke Gunung Pancar sebagai berikut:

Tike Masuk Weekday

- Tiker Per orang Rp5.000
- Parkir Motor Rp5.000
- Parkir Mobil Rp10.000

Tike Masuk Weeknend

- Tiker Per orang Rp 7.500
- Parkir Motor Rp7.500
- Parkir Mobil Rp15.000

Harga yang tertera di atas belum termasuk biaya wahana yang lain seperti penyewaan tenda, tiket masuk ke pemandian air panas, biaya makan dan lain-lain.

2. Pemandian Air Panas

Pemandian air panas Tiris di Probolinggo.

Photo :
  • U-Report

Di Area Gunung Pancar terdapat pemandian air panas. Jika anda ingin melepaskan penat atau lelas setalah perjalanan jauh dari Jakarta atau pun arah dari Bandung atau mungkin sehabis jalan-jalan mengunakan sepdah pemain ini sangat cocok untuk melepaskan rasa lelah anda, pemandian air panas ini pun terdapat dua lokasi ada yang umum dan pribadi.

Salah satu tempat pemandian air panas di Gunung Pancar adalah pemain air panas Giritirta yang memiliki suhu panas cukup tinggi yaitu sekitar 30-35 derajat celcius, air penas ini juga bisa menyembuhkan jika anda memiliki penyalit kulit.

Menuju lokasi pemandian air panas ini tidak terlalu sulit, ketika anda memasuki pintu pembayaran tiket masuk ke Gunung Pancar dan perempatan dan ambil arah yang ke Gunung Pancar untuk langsung menuju tempat pemandian air panas, namun jika anda ingin memutuskan untuk berendam anda akan dikenai tiket masuk sebersar Rp 25.000.

3. Banyak Pohon Pinus

Pohon pinus di Gunung Pancar, Sentul, Jawa Barat

Photo :
  • VIVA.co.id/Irfan Laskito

Gunung Pancar menawarkan panorama yang indah, seperti banyaknya pohon pinus yang berjejeran di sekitara pintu masuk Gunung Pancar, pohon pinun ini membuat suana menjadi lebih nyaman seperti berada dihutan belantara yang dipenuhi dengan popohan, maka dari itu tenpat ini sangat cocok untuk spot foto bagi yang menyukai dunia fotografi.

Selain cocok untuk berfoto, Tempat ini pun selalu dugunakan untuk aktifitas hammock, merentangkan perlatan hammock diantara kedua pohon pinus kemduian tidur dan rebahan untuk melepaskan rasa lelah.

Menghirup udara yang masih sangat segar tanpa polusi dan mendengarkan alam bernyanyi dengan iringan burung-burung serta hembusan angin. Membuka hati terasa sangat damai, tenang dan sejahtera. Semua beban hidup itu seakan hilang dengan sendirinya.

4. Foto Prawedding

Foto Prewedding

Photo :
  • Pixabay

Tidak hanya menawarkan pemain air panas dan pohon pinusnya yang indah, Gunung Pancar juga suka ginukana untuk foto prawedding, bayangkan saja foto prawedding dicampur dengan indahnya pohon pinus akan membuat kuliatas foto prawedding anda semakin bagus, namun perlu diperhatikan sebelum melakukan foto prawedding alahkah baiknya anda meminta izin dulu kepada pihak pengelola setempat demi kelancarana foto prawedding anda.

5 Berkemah

Rasanya kurang pas kalau berkunjung ke Gunung Pancar tidak berkemah, di Gunung Pancar juga terdapat tenda-tenda jika anda ingin merasakan sensasi berkemah di gunung Pancar. Gunung Pancar pun menawarkan wisata berkemah secara individu atau berkelompok terdapay fasilitas kamar mandi dan mushola. Namun jika anda ingin berkemah di gunung pancar anda akan dikenai biaya sebesar Rp 450.000 per orang untuk 2 hari 1 malam.

Apabila Anda tidak ingin camping dan ingin bermalam di hotel ada beberapa hotel yang terletak di sekitar area Gunung Pancar Sentul. Harganya juga tidak jauh dengan paket glamping yang ditawarkan Gunung Pancar Sentul per malamnya.

6. Kafe Gunung Pancar

Ilustrasi nongkrong di kafe/kedai kopi.

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Di Gunung pancar juga terdapat sebuah kafe, jika anda ingin menikmati alam sambil minum kopi, tepat ini paling cocok untuk anda kunjungi, Kafe ini pun menyediakan makana-makan yang cukup lezat, kafe ini bernama Pancar Gareden yang merupakan salah satu destinasi kuliner yang ada di Gunung Pancar.

Kafe ini dibangun kurang lebih diatas dua hektar tanah, Kafe Pancar Garden menawarkan pemandangan yang luar biasa, dari mulai melihat keindahan Gunung Pancar secara dekat. Jika anda pecinta kopi, di kafe ini pun menawarkan bergai jenis kopi yang sesuai dengan selera anda, namun mayoritas yang datang ke kafe Pancar Garden ini para pengguna sepak dan motor karena lokasi mudah dijangkau, Kafe Pancar Garden buka dari mulai jam 10 pagi sampai jam 8 malam.

7. Curuk Tersembunyi

Curug Cipeuteuy

Photo :
  • Instagram @abdurrohman_photography

Tidak banyak tau, bahwa di Gunung Pancar terdapat curuk yang tersembunyi, jika anda menginap di Gunung Pancar anda akan menemukan sebuah curug, berikut beberapa curug yang bisa and a kunjungi di Gunung Pancar sebagai berikut

- Curug Barong
- Curug Hordeng
- Air Terjun Bidadari

8. Olahraga Sepedah

Ilustrasi bersepeda/olahraga.

Photo :
  • Freepik/prostooleh

Gunung Pancar juga menyediakan tempat buat olahraga salah satunya yaitu bersepedah atau jogging, tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin berolahraga seperti sepdah atau sekedar jogging, apalgai tempat seperti Gunung memiliki kedar oksiden yang banyak, yang pastinya akan terasa segar ketika anda sedang berolahraga.

Anda hatus mencoba bersepedah di Gunung Pancar dengan pemandangan pohon pinus, di Gunung Pancar pun ada jalur khusus untuk bersepdah, hal semgaja disediakan oleh pihak pengelola gunung pancar bagi anda yang ingin bersepedah di tempat ini.

9. Jalur Pendaki

Mendaki Gunung Cikuray.

Photo :
  • U-Report

Di Gunung Pabcar juga terdapat jalur pendaki, jika anda ingin memuncak ke gunung pancar pihak pengelola setempat sudah menyediakan jalur tersebut, jika anda ingin mendaki gunung pancar anda akan disuguhkan dengan banyaknya pohon pinus yang membuat perjalanan anda semakin bersemangat.

Jaluar pendakiannya pun tidak terlalu menanjak dan bisa dilewati oleh anak-anak sekalipun, akan tetapi harus di dampingin dengan orang tua, Selain itu, suasana asri dan kicauan burung-burung membuat pengalaman trekking menjadi lebih seru.

Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024