Serunya Liburan di Kampoeng Kopi Banaran Semarang

mobil jeep
mobil jeep
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Seiring dengan penurunan kasus COVID-19 di tanah air, pemerintah diketahui mulai mengizinkan masyarakat untuk berwisata ke sejumlah destinasi wisata di tanah air. Berbicara mengenai destinasi wisata, salah satu lokasi yang bisa dijadikan referensi sebagai tempat berlibur adalah Kampoeng Kopi Banaran di Semarang.

Terletak di perkebunan kopi seluas 40 hektar, destinasi memberikan sejumlah pilihan berwisata. Beberapa destinasi tersebut di antaranya sebagai berikut.

SHORT OFFROAD

mobil jeep

mobil jeep

Photo :
  • VIVA/ Isra Berlian

Terletak di ketinggian 480-600 meter di atas permukaan laut, para wisatawan diajak untuk memacu adrenalin dengan menyusuri track sejauh 2 km menyusuri jalur di tengah perkebunan kopi. Dengan menggunakan jeep, para pengunjung akan menyusuri jalan-jalan sempit nan berlumpur, dan jalur menanjak dan menurun yang cukup menantang. Belum lagi kondisi hujan membuat jalanan licin, semakin memacu adrenalin Anda lantaran beberapa kali ditemui ban mobil yang slip.

Selain menikmati rimbunnya pepohonan kopi yang rindang, pengunjung nantinya akan sampai ke shalter puncak. Di lokasi ini para pengunjung dapat menikmati pemandangan beberapa pegunungan mulai dari Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, hingga Gunung Ungaran. Selain pegunungan, para pengunjung juga bisa menikmati rawa luas yang mengitari daerah ini yang disebut, rawa pening.

COFFEE WITH A VIEW

pemandangan

pemandangan

Photo :
  • VIVA/ Isra Berlian

Yang juga menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa dirasakan ketika berada di tempat ini adalah menikmati secangkir kopi sambil menikmati sejuknya udara pegunungan di Banaran Sky View. Dengan konsep open space para pengunjung bisa menyeruput kopi panas sambil menatap tujuh gunung mulai dari Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Gajah, Gunung Kelir, Gunung Ungaran dan Gunung Telomoyo. Selain itu, di tempat ini juga disediakan skyviewing yang dijadikan sebagai spot foto. Dari skyviewing ini, para pengunjung bisa mengabadikan momen dengan latar belakang pegunungan, pepohonan rindang dan rawa pening.

pemandangan

pemandangan

Photo :
  • VIVA/ Isra Berlian

FUN OUTDOOR ACTIVITY

pohon

pohon

Photo :
  • VIVA/ Isra Berlian

Beberapa aktivitas outdoor lainnya yang juga bisa dilakukan para wisatawan ketika berada di sini antara lain, menikmati serunya memanen kopi langsung. Namun uniknya di kampung kopi ini, panen kopi hanya berlangsung sekali dalam setahun. Yang mana momentum panen di sini berlangsung yakni pada bulan Juli-Agustus. 
Selain itu, kawasan agrowisata ini juga memiliki beragam aktivitas menarik lainnya. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain Water Park, kereta wisata, berkuda, ATV hingga sepeda listrik.