15 Fakta Finlandia Disebut Negara Terbaik di Dunia

Helsinki, Finlandia.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Taukah kamu jika Santa Claus, Nokia, hingga Angry Bird berasal berasal dari Finlandia. Itu semua sangat populer dan orang tahu semuanya. Findlandia menjadi negara kecil dengan sejarah yang rapuh di mana tiga ancaman utama pernah diringkas oleh menteri luar negeri sebagai "Rusia, Rusia, dan Rusia". 

Bendungan Sungai Runtuh, Rusia Dilanda Banjir Besar hingga Merugi Rp 3,5 Triliun

Finlandia adalah negara yang terletak di Eropa utara di sebelah tetangga Skandinavia Swedia dan Norwegia di barat dan Rusia di timur. Finlandia, bisa dibilang tempat terindah di dunia. Ini memiliki tempat terbaik untuk mengamati cahaya utara dengan segala kemuliaannya. 

Ini memiliki lebih banyak hutan dan air daripada di tempat lain di seluruh Eropa. Dan itu adalah tempat terbaik untuk bermain ski. Melansir dari reckontalk, berikut fakta menarik tentang negara Finlandia yang mencuri perhatian.

Horor, Rudal Termonuklir Rusia Hantam Situs Listrik Ukraina

1. Negara Paling Tidak Korup di Dunia
Indeks Persepsi Korupsi dianggap sebagai “standar emas untuk menentukan korupsi di seluruh dunia”. Dalam hasil tahun 2012, Finlandia, Denmark dan Selandia Baru berbagi posisi teratas. Dalam merefleksikan alasan kurangnya korupsi yang nyata ini, Business Insider mencatat bahwa semua negara ini “memiliki PDB per kapita yang tinggi, tingkat ketidaksetaraan yang rendah, tingkat melek huruf yang mendekati 100 pers, dan memprioritaskan isu-isu hak asasi manusia seperti kesetaraan gender dan kebebasan informasi.”

2. Kebanyakan Band Heavy Metal 
Grafik tidak berbohong. Finlandia memiliki band heavy metal per kapita paling banyak di dunia. Musim dingin yang gelap pasti memainkan peran utama dalam keterikatan pada lirik bunuh diri, double bass drum, dan warna hitam. Negara-negara Nordik adalah pemenang yang jelas dari genre ini.

Mobil China Kian Mendominasi di Rusia

Tetapi bahkan dalam kerumunan ini, Finlandia berdiri terpisah. Sementara Swedia dan Norwegia hanya memiliki 27 band heavy metal per 100.000 penduduk, Finlandia memiliki dua kali lipat, 54 band per 100.000 penduduk. Sebuah band metal di setiap desa!

3. Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Finlandia

Photo :
  • Pixabay/tpsdave

Seperti disebutkan, peringkat PISA menempatkan Finlandia sebagai nomor satu di setidaknya satu kategori Sains, Membaca dan Matematika setiap tahun dari tahun 2000 hingga 2006. Karena itu, bahkan hari ini tidak mungkin untuk membaca artikel di New York Times tentang pendidikan , tanpa ada yang menyebut Finlandia sebagai contoh. 

Ini terlepas dari kenyataan, bahwa dalam hasil Pisa terbaru negara-negara Asia Timur telah memimpin dan Finlandia didorong turun ke tempat ke-5 dalam Sains dan tempat ke-12 dalam Matematika.

4. Negara dengan Konsumsi Kopi Terbanyak di Dunia
Rata-rata konsumsi kopi dunia tahunan adalah 1,3 kg per orang, rata-rata orang Finlandia suka memanjakan banyak cangkir per hari untuk mengonsumsi 12 kg kopi per tahun. Musim dingin yang keras tidak begitu keras ketika kamu terus-menerus mengonsumsi kafein Ketika berada di Finlandia.

5. Kejuaraan Dunia Menggendong Istri
Finlandia menyelenggarakan kompetisi aneh yang disebut "Kejuaraan Dunia Menggendong Istri" setiap tahun. Pria yang berhasil membawa istri mereka melalui rintangan paling cepat, akan mendapatkan berat badan istri mereka dalam bir. Bayangkan 50+ kg bir dan buktikan diri kamu sebagai orang yang kuat!

6. Kebanyakan Sauna 
Ini adalah kategori di mana Finlandia benar-benar membedakan dirinya dari bagian dunia lainnya. juara sauna yang tidak diragukan lagi. Disana, terdapat lebih dari satu sauna untuk setiap warga negara lainnya. Ambil satu keluarga beranggotakan lima orang, termasuk bayi dan kakek-nenek, dan mereka cenderung memiliki setidaknya tiga sauna. 

Ada sauna di mana-mana di Finlandia. Setiap apartemen baru dilengkapi dengan sauna, semua hotel, pusat kebugaran, dan gedung perkantoran memilikinya. Bahkan orang asing yang tinggal di Finlandia tidak dapat menghindari mereka: Bruce Oreck, mantan binaragawan dan Duta Besar AS saat ini di Finlandia mengaku pergi ke sauna setidaknya sekali seminggu.

7. Negara Terbaik di Dunia untuk Menjadi Seorang Ibu
Selama 14 tahun terakhir, Save the Children telah membuat peringkat negara berdasarkan seberapa baik tempat mereka untuk para ibu. Dan pemimpin saat ini adalah Finlandia. Risiko seumur hidup yang rendah untuk kematian ibu (1 dalam 12.200 adalah lima kali lebih baik daripada tingkat kematian AS 1 dalam 2.400) dan jumlah wanita di pemerintahan nasional (42,5% dibandingkan dengan 18,2% AS) adalah beberapa kriteria yang mendasarinya. Finlandia menduduki posisi nomor satu sebagai tempat melahirkan dan membesarkan keluarga.

8. Negara yang Minum Susu Terbanyak 
Apa yang orang Finlandia minum? Bir dan vodka mungkin adalah gambar pertama yang muncul di pikiran. Namun sayang, Finlandia hanya menempati urutan ke-11 dalam konsumsi bir di seluruh dunia, dan jauh lebih "lebih buruk" dalam konsumsi minuman beralkohol. Tetapi ketika berbicara tentang susu, orang Finlandia mengkonsumsi 1 liter per hari per orang (0,26 galon) mengungguli saingannya Swedia untuk mengklaim posisi teratas di seluruh dunia.

9. Helsinki adalah kota paling layak huni di dunia

Helsinki, ibu kota Finlandia.

Photo :
  • Pixabay

Ketika Monocle menyelidiki kota-kota di dunia untuk menemukan yang paling layak huni, Helsinki, ibu kota Finlandia, muncul sebagai nomor satu. Menurut Monocle, "ibu kota Finlandia menonjol karena keberanian fundamentalnya untuk memikirkan kembali ambisi urbannya, dan karena memiliki bakat, ide, dan keberanian untuk melakukannya." Helsinki memang telah berubah cukup banyak dari hari-hari yang tidak terlalu jauh ketika seseorang hanya bisa membeli alkohol ketika seseorang memesan makanan.

10. Helsinki adalah Kota Paling Jujur di Dunia
Reader's Digest memutuskan untuk menjatuhkan 192 dompet ke 16 kota berbeda dari New York hingga Mumbai untuk melihat berapa banyak dompet yang akan dikembalikan. Di setiap kota 12 dompet dijatuhkan dan di Lisbon, Portugal, hanya satu dompet yang dikembalikan oleh pasangan yang sedang berlibur dari Belanda. Bandingkan dengan Helsinki, pemenang eksperimen, di mana 11 dari 12 dompet dikembalikan, menjadikan ibu kota Finlandia kota paling jujur di dunia.

11. Finlandia melakukan Game Seluler Terbaik di Dunia
Game seluler Finlandia adalah yang paling sukses. Supercell baru-baru ini membuat sejarah dengan memegang posisi #1 dan #2 sebagai aplikasi iPad dan iPhone AS terlaris. Aplikasi Finlandia terbaru lainnya yang mencapai posisi teratas dalam unduhan atau pendapatan termasuk Badlands dan Oceanhorn. 

Dalam grafik baru-baru ini, tiga perusahaan Finlandia bersama-sama memegang posisi 5 teratas di grafik iPad daripada gabungan semua vendor AS. Tidak buruk untuk negara berpenduduk lima juta orang, dan tentunya game per kapita paling sukses yang pernah diproduksi negara mana pun.

Lalu ada Angry Birds, produk Finlandia paling terkenal sejak ponsel Nokia. Baru-baru ini Rovio, perusahaan di belakang Angry Birds, mengumumkan bahwa unduhan untuk game andalan mereka telah melampaui dua miliar.

12. Negara Peminjam Buku Terbanyak dari Perpustakaan Umum
Di New York orang meminjam rata-rata 8 buku per kapita per tahun. Di Berlin jumlahnya 6,8, di London 4,8, di Paris 4, di Shanghai 2,5, dan di Rio de Janeiro 0,03. Di Finlandia, bagaimanapun, jumlahnya adalah 18 per kapita. Artinya, sebuah keluarga yang beranggotakan lima orang meminjam 100 buku selama satu tahun bukanlah hal yang aneh. Sebenarnya itu adalah norma daripada pengecualian.

13. Denda ngebut nasional menakutkan
Jika kamu orang kaya di Finlandia dan kebetulan ketahuan ngebut di jalan, biaya denda akan dihitung dengan menggunakan pendapatan tahunan. Seorang pria super kaya pernah didenda 200.000 euro untuk satu pelanggaran.

14. Sistem penjara aneh Finlandia
Finlandia memiliki penjara di mana satu-satunya hal yang memisahkan narapidana dari pelarian adalah pagar kayu kuning. Dan inilah kickernya, para narapidana memegang kunci pagar ini. Orang tidak dapat melihat kawat berduri yang terlihat. Hal ini membuat penjara Skandinavia jauh lebih unggul daripada yang lebih keras di AS.

15. Peramban internet pertama di dunia
Akan selalu ada perselisihan tentang siapa yang menciptakan Internet, tetapi merupakan fakta sejarah yang ditetapkan bahwa Finlandia adalah negara pertama yang menciptakan Peramban Internet pertama di dunia dengan antarmuka pengguna. Beberapa bulan kemudian, Internet Explorer muncul dan mengambil semua kredit itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya