5 Pulau Terindah di Maluku Utara, Maldives Versi Indonesia

Pulau Dodola.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Pusat Statistik (BPS) baru-baru ini menobatkan Maluku Utara sebagai provinsi dengan penduduk paling bahagia di Indonesia. Banyak faktor yang membuat Provinsi Maluku Utara menyandang gelar tersebut. Salah satunya adalah Maluku Utara punya destinasi wisata yang disebut Maldives versi Indonesia, yaitu Pulau Morotai.

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Morotai merupakan pulau yang ada di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara, yang dikelilingi 33 pulau kecil. Morotai sendiri sudah dikenal sebagai pulau yang memiliki alam dan bawah laut yang indah. 

Bahkan saking indahnya, pulau ini ditetapkan sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia Bagian Timur, melalui Status Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata, di mana kawasan tersebut dikembangkan oleh PT Jababeka Morotai, salah satu anak usaha PT Jababeka Tbk. 

Fakta-fakta Menarik Tentang Suku Buton di Sulawesi Tenggara, yang Memiliki Bola Mata Biru

Setiap tahun, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang untuk menjelajahi Pulau Morotai dan pulau-pulau kecilnya yang cantik. Tujuannya, agar merasakan sendiri sensasi Maldives-nya versi Indonesia ini. Tak hanya itu, bahkan saat ini, pulau-pulau cantik Morotai telah dijadikan sebagai spot healing, selfie, dan untuk membuat konten, bagi para anak muda sampai publik figur. 

Ada lima pulau yang terkenal di Morotai. Pulau-pulau ini kerap jadi tujuan wisata bagi para wisatawan untuk melakukan jelajah pulau atau hopping island. Yuk, kenalan lebih dekat dengan 5 pulau 'Maldives Indonesia', dikutip VIVA dari berbagai sumber. 

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

1. Pulau Dodola

Pulau Dodola.

Photo :
  • Istimewa

Dodola merupakan destinasi ikonik di Pulau Morotai. Pulau ini sendiri terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Namun, keindahan Pulau Dodola akan terlihat saat air laut sedang surut. 

Jika air laut surut, kamu akan melihat pasir timbul yang membentuk jalan dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil, yaitu sekitar 500 meter. Dan pemandangan yang terlihat adalah bentangan pasir putih yang luas. Saat di sana, kamu bisa bermain pasir, membuat konten video, berenang di pinggir pantai, snorkeling maupun diving. 

2. Pulau Pasir Timbul

Pasir Timbul, Pulau Morotai.

Photo :
  • Istimewa

Pantai ini dinilai sangat unik. Bukan hanya karena pasir putihnya yang dikeliling air laut yang biru dan bening saja, tapi karena jika dilihat dari atas, Pulau Pasir Timbul nampak seperti kuning telur. 

Namun sebenarnya, ini adalah pasir pantai di tengah lautan yang dikeliling batu karang. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan di sini? Kamu bisa berenang atau snorkeling untuk melihat berbagai karang yang indah dan gerombolan ikan-ikan karang yang cantik. 

3. Pulau Zum-zum

Pulau Zum Zum.

Photo :
  • Istimewa

Pulau ini menyimpan banyak barang-barang peninggalan Perang Dunia II. Itu karena dahulu, Pulau Morotai dijadikan sebagai Pusat Komando dan Pusat Pertahanan Tentara Amerika Serikat. Oleh karenanya, jejak perang tersebut masih terekam di Pulau Zum-zum ini. 

Terdapat patung Jenderal Mc Arthur setinggi 20 meter dengan tulisan I Shall Return. Patung tersebut dibangun sebagai pengingat bahwa Jenderal Mc Arthur pernah menetap dan mengendalikan pasukannya dari Pulau Zum-zum.

4. Pulau Kolorai

Pulau Kolorai.

Photo :
  • Istimewa

Pulau Kolorai juga menjadi salah satu pulau cantik di Pulau Morotai. Di sini, kamu bisa menikmati nuansa pantai yang tenang ditemani deburan ombak dengan air laut berwarna tosca. Kamu juga bisa berenang di laut atau snorkeling bersama teman atau keluarga. 

Pulau Kolorai juga menjadi pulau para nelayan Morotai Tinggi yang terkenal akan kehangatan dan keramahannya. Sehingga, kamu bisa berinteraksi dengan warga lokal maupun melihat aktivitas para nelayan saat akan pergi ke laut.

5. Pulau Kokoya

Pulau Kokoya.

Photo :
  • Istimewa

Pulau yang tak jauh dari Pulau Pasir Timbul ini juga memiliki keindahan yang menawan. Yaitu, berupa pantai dengan pasir berwarna putih dan air laut sejernih kristal. Begitu sampai di pulau ini, kamu akan disambut oleh ribuan ikan kecil yang berenang bebas di dermaga. 

Ada pun luas Pulau Kokoya kurang lebih 8 hektare dan hanya dihuni oleh satu keluarga nelayan. Kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini, kamu bisa bebas berfoto, bermain pasir ataupun berenang di pinggir pantai atau bisa juga snorkeling. 

Nah, bagaimana, lima pulau di atas worth it untuk masuk list destinasi liburan kamu, bukan? Dan jika kamu butuh tour guide untuk ke sana, salah satu rekomendasi yang bisa kamu pilih adalah D’Aloha Resort

Sebab, paket tour dari D’Aloha Resort sudah mencakup semua yang kamu butuhkan selama di sana. Mulai dari tur wisata, penginapan di D’ Aloha Resort, sarapan pagi atau makan siang atau malam di D' Aloha Resort, antar jemput ke Bandara Leo Wattimena Morotai, transportasi darat dan laut selama wisata, snack lunch box, hingga guide profesional selama wisata. 

Intinya, kamu tidak perlu pusing memikirkan transportasi, akomodasi dan lain-lain, kecuali kalau kamu sudah pernah ke sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya