8 Tempat Wisata di Karawang dengan Panorama Alam Unik dan Memukau

Pantai Samudera Baru
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Ada beberapa tempat wisata di Karawang yang mungkin jarang kamu ketahui, padahal menyuguhkan pesona yang memukau. Karawang adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Bogor dan Purwakarta. Walaupun memang tidak terlalu besar, tapi Karawang ini kerap dijuluki sebagai kota industri lantaran banyaknya pabrik besar dan ribuan pegawai. 

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Selain itu, tidak usah jauh-jauh untuk kalian yang ingin menikmati libur akhir pekan bersama keluarga atau sahabat, terutama yang tinggal di wilayah Jabodetabek, Karawang dapat menjadi salah satu alternatif wisata terbaik untuk bersantai dan beristirahat sejenak usai melaksanakan aktivitas sehari-hari. Sebab, istirahat sejenak dari kesibukan duniawi ini dapat menjadi salah satu cara untuk membangkitkan semangat di hari berikutnya. 

Kamu juga dapat menghilangkan stres dengan cara berkunjung ke tempat wisata di Karawang yang menyuguhkan pesona indah dan unik. Bahkan, bila kamu adalah orang yang kerap membagikan aktivitas sehari-hari di sosial media, mengunjungi tempat-tempat indah tersebut dapat menambah koleksi foto pribadi kamu. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran, berikut ulasan tentang tempat wisata di Karawang yang disadur dari berbagai sumber. 

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

1. Puncak Sempur

Puncak Sempur

Photo :
  • Tangkapan Layar
Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Bila kamu tengah berlibur ke Karawang, tentu saja kamu perlu mencoba untuk mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini. Puncak Sempur adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di Karawang, tepatnya di Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru. Tempat wisata di Karawang ini menyuguhkan berbagai fasilitas yang bisa dipakai oleh para pengunjung. Fasilitas yang akan kamu dapatkan di Puncak Sempur seperti kamar mandi, warung kopi, sampai spot foto indah. 

Di tempat ini juga, kamu bisa merelaksasi mata dan juga pikiran lantaran ada pemandangan hijau yang sangat memesona. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan matahari terbit atau terbenam di Puncak Sempur Karawang ini. Berada di atas ketinggian yang mencapai 712 meter di atas permukaan laut, panorama alam dari tempat ini tentu saja akan membuat kamu berdecak kagum ditambah dengan udara sejuk. Tiketnya juga sangat murah hanya Rp10.000. 

2. Danau Cipule

Suasana Sea Games XXVI Di Desa Cipule Karawang

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Tempat wisata di Karawang berikutnya adalah Danau Cipule yang merupakan danau terbuat dari lahan penambangan pasir. Usai deposit habis, galian ini menjadi genangan dengan luas sekitar 76 hektare dan daratan sekitar 27 hektare. Setelah melewati proses revitalisasi tersebut, ternyata danau yang satu ini semakin populer dan menjadi tempat wisata yang indah di kalangan pengunjung. 

Hal ini karena adanya keunikan sendiri yaitu di tengah danau terdapat pemandangan gunung dari kejauhan. Bahkan, Danau Cipule ini juga pernah dipakai sebagai tempat untuk arena dayung SEA Games 2011 silam. Uniknya, danau ini memiliki pulau dengan luas sekitar 2 kilometer yang dinamakan sebagai Pulau Cinta. Di pulau tersebut juga ada berbagai fasilitas seperti kuliner dan tempat bersantai. 

3. Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru

Photo :
  • Tangkapan Layar

Pantai Tanjung Baru adalah salah satu tempat wisata di Karawang yang sangat direkomendasikan untuk para wisatawan. Selain mempunyai tiket masuk yang sangat murah yaitu Rp10.000, di tempat ini kamu juga akan melihat dan juga merasakan deburan ombak serta angin laut yang sangat sejuk. Tentu saja kamu akan merasa sangat rileks dan nyaman saat berada di tempat yang satu ini. 

Pantai indah ini berada di teluk semenanjung antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. Lokasinya berada di Kecamatan Cilamaya sekira 45 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Karawang. Pantai memiliki pasir putih ini sangat cocok untuk menjadi tempat bersantai bersama dengan keluarga yang ditemani dengan ragam kuliner khas pantai. 

4. Curug Bandung

Curug Bandung

Photo :
  • Tangkapan Layar

Curug Bandung adalah sebuah air terjun yang sangat terkenal di Karawang. Kepopuleran curug yang satu ini juga karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Terlebih di kawasan ini terdapat 7 buah air terjun. Beberapa di antaranya adalah Curug Picung, Curug Peuteuy, dan Curug Bandung yang menjadi paling besar di tempat ini. 

Untuk mencapai tempat wisata di Karawang ini, kamu harus berjalan sejauh 3 kilometer dari Dusun Jayanti yang menjadi salah dusun di Desa Mekarbuana. Walaupun berjalan cukup jauh, tapi panorama alam yang sangat indah tidak akan membuat kamu menyesal. Selain itu, kamu juga bisa mengabadikan foto bersama keluarga atau hanya sekadar melepas penat. 

5. Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru

Photo :
  • Tangkapan Layar

Pantai Samudera Baru juga ramai ketika di akhir pekan. Pantai ini mempunyai ombak yang tidak terlalu besar yang mana anak-anak dapat bermain pasir sepuasnya. Mengunjungi salah satu tempat wisata di Karawang ini kamu bisa menikmati pantai dengan pasir putih yang sangat memukau dan memanjakan mata. 

Lokasinya berada di Kecamatan Pedes sekitar 30 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Karawang. Untuk kamu yang sangat menyukai sunset, maka bisa mengunjungi pantai ini dan berfoto bersama keluarga atau bisa juga untuk yang hanya ingin melepas penat. 

6. Candi Jiwa

Candi Jiwa di Karawang

Photo :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko

Bila di Pandaan, Pasuruan ada yang namanya Candi Jawi, maka berbeda dengan yang ada di Karawang. Namanya adalah Candi Jiwa yang menjadi wisata sejarah dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari garis pantai utara Jawa Barat. Pantai ini memiliki beberapa keunikan, seperti dimulainya penelitian pada tahun 1922 menurut laporan masyarakat setempat. 

Tempat wisata di Karawang ini mempunyai bentuk seperti padma atau bunga teratai yang mana bagian tengahnya juga terdapat denah struktur melingkar seperti bekas stupa atau lapik patung Buddha. Lokasi dari candi ini terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Tegaljaya, Kecamatan Pakisjaya. Wisatawan ada baiknya berkunjung di sore hari untuk menikmati pemandangan sekitar yang juga tampak indah. 

7. Green Canyon

Green Canyon, Pangandaran.

Photo :
  • indonesia.travel

Green Canyon adalah salah satu ngarai yang terbentuk dari erosi tanah. Erosi tersebut berasal dari adanya aliran sungai yang mengalir selama kurang lebih ratusan tahun di dalam gua. Bukan hanya ada di Amerika Serikat, tapi Green Canyon juga ada di Karawang. Untuk bisa sampai di lokasi ini, kamu dapat berjalan kaki kurang lebih sekitar 1 kilometer dari Dusun Cipaga. 

Pada awalnya, tempat ini memang dijadikan sebagai tempat wisata untuk masyarakat sekitar, tapi semakin lama semakin populer dan sampai terkenal kepada wisatawan luar Karawang. Letak Green Canyon Karawang ini berada di Kampung Tonjong Roke, Desa Medalsari. Tak ada pintu masuk utama untuk mengunjungi tempat wisata di Karawang ini dan biayanya juga murah.

8. Gunung Sanggabuana

Gunung Sanggabuana

Photo :
  • Tangkapan Layar

Saat tengah berwisata ke Karawang, mungkin kamu bisa mengunjungi Gunung Sanggabuana yang menjadi gunung tertinggi di kota ini. Tinggi gunung ini mencapai 1291 meter di atas permukaan laut. Banyak para pendaki yang berkunjung ke tempat ini sehingga membuatnya menjadi salah satu tempat populer di Karang dan sangat direkomendasikan.  

Untuk mencapai tempat wisata di Karawang ini, para pengunjung membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Selain itu, di tempat ini juga kamu akan memperoleh berbagai fasilitas umum, seperti kamar mandi, mushola, warung makan, sampai tempat penginapan. Tempat wisata yang berada di Desa Mekarbuana, Tegalwaru ini hanya memiliki harga tiket Rp10 ribu saja. 

Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024