10 Tempat Wisata di Cianjur, Ada Kota Bunga Mirip di Italia

Air terjun Ciismun di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/ Teresia May

VIVA – Tempat wisata di Cianjur seringkali banyak dikunjungi wisatawan. Nah, jika sedang mencari tempat liburan di Jawa Barat dan bosan dengan suasana Bandung, bisa melipir ke Cianjur. Udaranya yang sejuk dan penuh dengan pemandangan indah, membuat Cianjur wajib masuk list rekomendasi liburan keluarga. 

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Selain itu, Cianjur juga dikenal sebagai penghasil beras terbaik, tidak hanya itu saja, di Cianjur juga terdapat beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau teman untuk melepaskan segala lelah setelah beberapa hari bekerja.

Selain memiliki tempat wisata yang indah, Cianjur juga kaya akan kulinernya. Ada banyak pula tempat menarik yang tersembunyi dan wajib di explore. 

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Berikut beberapa tempat wisata di Cianjur, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Kebun Raya Cibodas

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Kebun Raya Cibodas

Photo :
  • U-Report

Tempat Wisata di Cianjur yang bisa anda kunjungi yaitu, Kebun Raya Cibodas. Memiliki pemandangan indah dengan hamparan hijaunya pepohonan dan rumput membuat kebun raya ini cocok dijadikan tempat piknik keluarga. Menggelar tikar, membawa keranjang makanan dan buah, lalu berfoto, bisa jadi ide seru untuk diupload di media sosial.

Tempat ini pun sering di datangi oleh rombongan-rombongan wisata untuk menggelar makan bersama keluarga. Kawasan Kebun Raya Cibodas berlokasi di Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

2. Pantai Karang Potong

Tempat wisata di Cianjur satu ini bertema pantai, di Cianjur terdapat wisata pantai karang potong, tempat ini banyak diperbincangkan di media sosial. tempat ini juga selalu didatangi oleh beberapa wisata dari luar Cianjur hanya untuk menikmati pemandangan pantainya.

Misalnya anda ingin menikmati sunset dan sunrise yang indah, serta berbagai aktivitas lainnya. Misalnya berupa glam camp resto, kids park, food stall, wisata selfie instagramable dan resort yang mewah. tempat wisata pantai karang potong memiliki lokasi di Saganten, Kec. Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43272.

3. Canopy Trail

Canopy Trail Cibodas

Photo :
  • http://jelajahtravkulindonesia.blogspot.co.id/

Tempat wisata di Cianjur yang ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Canopy Train merupakan sebuah jembatan dipasang dari satu pohon yang besar ke pohon yang lain. yang pastinya tempat ini memiliki udara yang sejuk.

Canopy Trail memiliki panjang 130 meter dan  terbentang dengan empat pohon Rasamala sebagai tiang penyangganya. Berjalan di jembatan gantung ini bisa memacu adrenalin Anda, tidak hanya karena lebar jalur yang tidak cukup luas, dan juga berada di ketinggian sekitar 45 meter dari permukaan tanah, tapi juga karena jembatan yang selalu bergoyang. tempat ini berlokasi di Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

4. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede

Photo :
  • U-Report

Tempat Wisata di Cianjur terdapat juga Gunung Pangrango, jika anda yang suka menjelajahi gunung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sangat cocok untuk anda, tempat ini pun menjadi favorit bagi para pendaki yang berada di luar Cianjur.

Namun, anda tidak perlu menjadi pendaki Gunung Gede pangrango untuk datang ke sini. Kamu tetap bisa dengan bebas menikmati kekayaan alam yang disimpan di dalam kawasan wisata di Cianjur ini. Termasuk berbagai jenis flora dan fauna yang dikonservasikan di sini. Gunung Gede berlokasi di berlokasi di Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

5. Masjid Agung Cianjur

Tempat wisata di Cianjur satu ini bertema religius, Masjid ini terletak di kota Cianjur, masjid ini masih termasuk kawasan alun-alun Cianjur. Masjid ini memiliki 3 pintu masuk, yaitu Babul Marhamah, Sakinah, dan Salam, di sekelilingnya. Masjid Agung Cianjur memiliki 2 menara berbentuk prisma yang menjadi ciri khasnya, Masjid ini memiliki luas sekitar 2.500 meter yang mampu menampung hingga 4.000 jamaah.

Di area masjid itu terdapat banyak ornamen-ornamen yang bagus dan cocok untuk berfoto, selain itu Masjid ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia, Masjid ini sudah hampir 200 tahun. Masjid ini berlokasi di Jl. Siti Jenab No.21, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43211.

6. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Cianjur, terdapat peninggalan sejarah Di Cianjur terdapat Gunung Padang menyimpan peninggalan sejarah purbakala berupa punden berundak seluas 900 m2. Anda bisa membayangkan bagaimana zaman megalitikum alias zaman batu tempo dulu saat melakukan eksplorasi di kawasan wisata bersejarah di Cianjur ini. Bahkan katanya masih banyak benda-benda purbakala yang masih tertimbun di objek wisata Cianjur ini. Tempat ini berlokasi di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur.

7. Taman Kreatif Joglo

Tempat wisata di Cianjur, tempat wisata yang satu ini sangat berbeda dengan yang lain, Taman kreatif joglo lebih ke wisata seni, selain itu terdapat juga beberapa lintasan skateboard, sepeda BMX dan pagelaran panggung seni yang pastinya.

Tempat ini pun sangat sejuk, pasalnya Teman Kreatif Joglo dikelilingi pepohonan yang rindang sehingga membuat suasana menjadi sejuk, disana juga terdapat beberapa resto atau warung makan untuk menghilangkan rasa lapar anda. Berlokasi Jalan Siliwangi, Sawah Gede, Cianjur.

8. Perkebunan Teh Gedeh

Ilustrasi kebun teh.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Tidak hanya penghasil beras berkualitas aja, di Cianjur juga terdapat perkebunan teh yang menjadi destinasi menarik di Cianjur salah satunya yang menjadi favorit adalah Perkebunan Teh Gedeh yang berada di jalan Raya Cipanas.

Tempat wisata di Cianjur ini, merupakan salah satu kebun teh tertua di pulau Jawa. Menyusuri kawasan wisata di Cianjur yang sangat aru ini, kamu tidak hanya bisa mengambil berbagai foto Instagramable saja, tapi juga berolahraga karena lokasi ini tepat sekali untuk kamu yang suka jogging atau bersepeda.

9. Kota Bunga Cianjur

Tempat wisata di Cianjur yang satu ini sangat berbeda, mengusung tema ala Italia, yaitu Kota Bunga. Tenpat ini di bangun seperti Kota Venesia, Italia, Bahkan disebut-sebut Kota Bunga adalah Little Venice ala Indonesia dengan aliran sungai dan gondola persis seperti di negara tersebut.

Menyusuri sungai-sungai serasa ada di Venesia, dan dikelilingi dengan warna-warna bunga yang cantik. Tempat wisata di Cianjur satu ini bisa menjadi wisata edukasi untuk lebih mengenal macam-macam bunga yang ada di Indonesia. Tempat ini berlokasi di Jalan Hanjawar, Desa Sukanagalih, Pacet, Cianjur.

10. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti, Cianjur Selatan

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Cianjur terakhir yaitu Pantai Jayanti. Tidaknya hanya tempat makan dan penghasil beras berkualitas saja, di Cianjur juga terdapat pantai yang luar biasa, salah satunya Pantai Jayanti, meskipun berpasir vulkanik atau pasir hitam, pantai ini selalu menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan yang berada di luar cianjur.

Pantai Jayanti masih cukup jarang pengunjung sehingga banyak sudut untuk menikmati waktu sendiri. Nah, bagi kamu yang suka seafood,harus coba hidangan laut yang super segar bawaan para nelayan yang baru saja pulang menebar jala. berlokasi di Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43275.

Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024