8 Tempat Wisata di Payakumbuh, Ada yang Seperti di Swiss dan Eropa

Lembah Harau Padang
Lembah Harau Padang
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tempat wisata di Payakumbuh dapat menjadi salah satu alternatif kamu untuk menikmati akhir pekan. Bukan hanya menyuguhkan berbagai keindahan alam seperti bukit dan sungai, kamu juga dapat mempelajari tentang budaya Minangkabau dari berbagai bangunan rumah adat sampai kebiasaan masyarakat Minang. Payakumbuh sendiri merupakan salah satu kota besar yang ada di Sumatera Barat dan memang mempunyai panorama alam yang memukau. 

Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam asri dengan udara yang sangat sejuk. Tentunya tempat wisata yang ada di Payakumbuh ini sangat beragam dan kamu bisa memilih sesuka hati. Tempat wisata di Payakumbuh ini terdiri atas perpaduan alam dan budaya yang sangat unik. Bahkan, sejumlah tempat wisata seperti Padang Mangateh dan Lembah Harau telah dikenal sampai ke luar negeri.

Selain itu, topografi daerah dari kota ini terdiri atas perbukitan dengan rata-rata ketinggian yang mencapai 514 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di Payakumbuh juga tidak terlalu panas dengan rata-rata berkisar antara 26 derajat celcius dengan kelembapan udara antara 45-50%. Tak heran bila Payakumbuh dikenal sebagai tempat wisata dengan udara sejuk. Nah, berikut adalah ulasan tentang tempat wisata di Payakumbuh yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Jembatan Kelok Sembilan

Suasana Arus Mudik di Kelok 9

Suasana Arus Mudik di Kelok 9

Photo :
  • ANTARA Foto/Iggoy El Fitra

Kelok sembilan ini merupakan salah satu tempat wisata di Payakumbuh yang tidak kalah terkenal. Jembatan ini sebenarnya merupakan ruas jalan yang menghubungkan antara provinsi Riau dengan Sumatera Barat yang berkelok-kelok, berada di sekitar 30 kilometer sebelah timur dari Kota Payakumbuh. Jalan tersebut membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. 

Jembatan kelok sembilan ini mempunyai tikungan yang sangat tajam dengan lebar yang mencapai 5 meter, berbatasan langsung dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam, yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Tapi, kali ini dengan pembangunan yang dilakukan, kelok sembilan menjadi semakin cantik, indah, dan banyak menarik pengunjung yang melewatinya. 

2. Lembah Harau

Lembah Harau di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Lembah Harau di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Photo :
  • VIVA/Adinda Permatasari

Lembah Harau adalah salah satu lembah yang berada di dekat kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau ini diapit dengan dua bukit yang terjal tapi indah dengan ketinggian tebing yang mencapai 150 meter. Lembah Harau ini dikelilingi dengan batu pasir yang terjal berwarna-warni ke orenan, dengan ketinggian yang mencapai 100 hingga 500 meter. 

Dengan udara yang masih bersih, segar, dan kamu bisa melihat secara langsung keindahan alam di sekitarnya yang mempunyai pemandangan ciamik dan menakjubkan. Di tempat wisata di Payakumbuh ini kamu juga akan menemukan hal indah yang lain seperti tebing, air terjun, sampai sungai-sungai kecil yang jernih. Bahkan, Lembah Harau ini kerap disandingkan dengan Taman Nasional Yosemite di Amerika Serikat. 

3. Ngalau Indah

Goa Ngalau Indah, Payakumbuh, Sumatera Barat

Goa Ngalau Indah, Payakumbuh, Sumatera Barat

Photo :
  • VIVA/Adinda Permatasari

Ngalau Indah adalah salah satu tempat wisata di Payakumbuh yang merupakan sebuah gua yang berada di sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Payakumbuh. Objek wisata yang satu ini adalah sebuah gua alam dengan beberapa mulut gua sebagai pintu masuk dan keluar. Dalam gua besar ini, pengunjung bisa melihat keindahan stalagtit dan stalagmit yang masih terjaga. 

Di dalam gua dengan ketinggian kurang lebih mencapai 640 meter di atas permukaan laut ini ada beberapa bagian dari gua yang mempunyai bentuk unik dan sangat khas. Salah satunya adalah batu gong. Batu gong ini adalah sebuah batu berlubang yang memiliki bentuk seperti kerucut berongga atau seperti lonceng. 

4. Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kapalo Banda Taram adalah satu destinasi wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah dengan banyak pohon hijau serta segarnya air yang ada di tempat wisata tersebut. Pemandangan yang sangat hijau dan sejuk ini dipadukan dengan bentang sawah luas dan lokasinya yang tidak jauh dari hutan, menjadikan suasana semakin nyaman dan segar. 

Para pengunjung juga akan terasa betah bila berada di tempat wisata di Payakumbuh ini. Kapalo Banda Taram ini awalnya hanya saluran irigasi, tapi kini setelah melalui proses revitalisasi, akhirnya menjadi objek wisata yang bisa menyedot wisatawan dengan tampilan panorama alam yang sangat keren. 

5. Padang Mangateh

Padang Mangateh, Sumatera Barat

Padang Mangateh, Sumatera Barat

Photo :
  • Instagram.com/minangtourism/

Lokasi tempat wisata di Payakumbuh ini menjadi populer lantaran mempunyai pemandangan yang seperti tengah berada di Swiss atau negara-negara Eropa yang lain. Padang Mangateh merupakan sebuah hamparan padang rumput yang sangat hijau dengan luas mencapai 299 hektare. 

Bila kamu sedang beruntung, maka akan ada sekawanan sapi ternak yang sengaja dilepasliarkan untuk menyantap rumput hijau yang ada di sana. Banyak yang menuju tempat wisata di Payakumbuh ini untuk menikmati sajian alam yang indah, udara yang segar, dan berfoto dengan latar yang keren. 

6. Air Terjun Lubuak Bulan

Air terjun Lubuak Bulan.

Air terjun Lubuak Bulan.

Photo :
  • U-Report

Air Terjun Lubuak Bulan ini memiliki ketinggian kurang lebih mencapai 50 meter. Di sini, para penjelajah juga tidak dapat menghabiskan waktunya untuk berendam di dalam air maupun berenang. Mayoritas orang yang datang ke sini hanya dapat memakai air dari air terjun untuk mencuci wajah maupun sekadar menampung air untuk diminum. 

Air terjun yang satu ini terletak di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kenagarian Simpang Kapuak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Air terjun ini berjarak sekira 4 sampai 5 jam perjalanan dari pusat kota Payakumbuh. Perjalanan menuju ke air terjun ini hanya dapat dilakukan dengan memakai sepeda motor saja. 

7. Rumah Gadang di Sungai Beringin

Objek wisata Rumah Gadang Sungai Beringin, Payakumbuh.

Objek wisata Rumah Gadang Sungai Beringin, Payakumbuh.

Photo :
  • Antara/ Ismar Patrizki

Rumah Gadan Sungai Beringin adalah sebuah rumah adat khas masyarakat Minang. Masyarakat setempat pasti sudah mengetahui tentang keberadaan rumah ini dan sebagai bukti kemegahan rumah adat yang dimiliki oleh masyarakat Minang sejak zama dahulu. Rumah Gadang ini diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata pada saat itu, yaitu Joop Ave tanggal 9 Januari 1994. 

Bangunan khas ini dipersembahkan untuk Bundo Kanduang dan anak cucu masyarakat Minangkabau yang sampai saat ini rumah gadang tersebut diperuntukkan sebagai tempat wisata dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya Minang kepada masyarakat luar. Rumah Gadang Sungai Beringin ini dikelola oleh PT. Pusako Ruma Gadang yang sangat terawat dengan baik. 

8. Bukit Batu Manda

Bukit Batu Manda, Sumatra Barat.

Bukit Batu Manda, Sumatra Barat.

Photo :
  • U-Report

Bila ingin mendapatkan foto keren, maka kamu dapat mengunjungi Bukit Batu Manda yang berada di daerah Balubuih, Sungai Talang. Di sini, ada lembah hijau yang memanjang dengan tebing batu unik di puncaknya. 

Banyak orang yang sengaja datang ke tempat wisata di Payakumbuh ini untuk melihat pemandangan dan juga demi mendapatkan foto yang keren. Selain menjadi tempat wisata dan pemandangan yang indah, masyarakat setempat meyakini bahwa bukit ini memiliki kekuatan magis.