8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Wanita di Arab Saudi

Wanita di Arab Saudi. Image via: The Week UK
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Berita bahwa Raja Salman dari Arab Saudi telah mengeluarkan dekrit kerajaan yang akhirnya memberi wanita di Kerajaan konservatif hak untuk mengemudi disambut dengan perayaan baik di dalam negeri maupun di seluruh dunia.

Perang Iran Vs Israel Pecah, Arab Saudi Desak PBB Lakukan Ini

Arab Saudi adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak mengizinkan wanita untuk mengemudi. Masalah ini muncul untuk mewakili semua pelanggaran hak asasi manusia yang diderita wanita di Arab Saudi di bawah sistem perwalian laki-laki Kerajaan, yang memberi suami, anak laki-laki atau ayah perempuan kendali atas hampir semua aspek kehidupannya.

Wanita Arab Saudi

Photo :
  • Guardian
Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

Adanya kesenjangan hak antara laki-laki dan wanita di Arab Saudi memang masih terlihat jelas. Di tambah dengan banyaknya berbagai penolakan terhadap hak-hak para wanita. 

Oleh karena itu, tak sedikit 14.000 wanita yang menandatangi petisi mengakhiri praktik kerjaan yang konservatif tersebut. Namun balik lagi, mereka tidak bisa berbuat apa-apa. 

Arab Saudi dan UAE Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Nah, maka dari itu bagi kamu yang berniat pergi ke Arab Saudi, lebih baik simak beberapa aturan yang tidak boleh dilakukan oleh wanita saat berada di sana. Dan berikut ini terdapat delapan hal yang tidak boleh dilakukan wanita di Arab Saudi. Apa saja?

1. Menikah 

Izin untuk menikah harus diberikan oleh wali Anda, atau wali. Wanita yang ingin menikah dengan orang asing harus mendapatkan persetujuan dari kementerian dalam negeri, dan pernikahan dengan non-Muslim sangat sulit bahkan tidak mungkin.

2. Buka rekening bank

Meskipun sekarang ada beberapa pekerjaan yang boleh dilakukan wanita di Kerajaan tanpa izin pria, seperti bekerja sebagai asisten toko atau di tempat pekan raya, mereka tidak diizinkan memiliki rekening bank sendiri untuk mengontrol keuangan mereka tanpa izin.

3. Dapatkan pengadilan yang adil

Kesaksian seorang wanita hanya bernilai setengah dari kesaksian pria dalam sistem hukum Arab Saudi. Perempuan juga hanya menerima setengah dari warisan yang menjadi hak saudara laki-lakinya.

4. Bepergian

Paspor dan kartu identitas harus diperoleh dengan izin dari wali laki-laki. Wanita biasanya juga tidak diperbolehkan meninggalkan rumah sendirian.

5. Berpakaian seperti yang mereka inginkan

"Berpakaian untuk kecantikan" adalah ilegal, dan pakaian serta make up yang sopan dianjurkan. Abaya panjang penuh, mantel panjang yang dikenakan di atas pakaian harus dikenakan oleh semua wanita di depan umum, meskipun dalam beberapa tahun terakhir aturan tentang warna, dekorasi dan bagaimana jilbab dikenakan telah dilonggarkan.

6. Berinteraksi dengan pria

Percakapan dan waktu yang dihabiskan dengan pria yang bukan anggota keluarga terbatas. Di tempat umum, restoran, universitas, dan tempat lain memiliki bagian 'keluarga' dan bagian khusus untuk pria.

7. Carilah perawatan medis yang penting

Bahkan operasi dan prosedur yang menyelamatkan jiwa memerlukan tanda tangan tertulis dari seorang kerabat laki-laki.

8. Memiliki hak asuh anak

Dalam kasus perceraian, perempuan hanya diperbolehkan hak asuh anak sampai mereka mencapai usia tujuh (laki-laki) dan sembilan (perempuan).

9. Berenang

Di Arab Saudi, wanita tidak diperbolehkan menggunakan kolam renang umum yang tersedia untuk laki-laki dan hanya dapat berenang tempat pribadi atau pusat kebugaran dan spa.

Editor Reuters Arlene Getz pernah merasakan pengalamannya mencoba menggunakan gym dan kolam renang di hotel Riyadh kelas eksekutif. "Sebagai seorang wanita, aku bahkan tidak diizinkan untuk melihat mereka, apalagi menggunakannya.

10. Mengemudi mobil

Seperti yang disampaikan pada awal paragraf di atas, jika wanita di Arab Saudi dilarang untuk mengemudi mobil. Mereka yang mengemudi mobil dianggap mencemooh nilai-nilai sosial di Arab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya