10 Tempat Wisata di Purwokerto yang Didominasi Wisata Alam

Tempat wisata di Purwokerto
Sumber :
  • Instagram @cakepkeun

VIVA – Tempat wisata di Purwokerto tentu ada banyak dan beragam yang bisa dijadikan pilihan sebagai tujuan untuk berwisata. Daya tarik yang dimiliki oleh Purwokerto yang terletak di Jawa Barat akan membuat para wisatawan penasaran dan ingin mengunjungi tempat wisatanya. Maka dari itu bagi kamu yang sedang ingin berkunjung ke Purwokerto tentu akan membutuhkan rekomendasi tempat wisata di Purwokerto untuk dikunjungi. 

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Bagi kamu yang mungkin sama sekali belum pernah menyambangi Purwokerto, kamu harus tahu tempat-tempat wisatanya yang bisa kamu datangi sebagai destinasi. Pada kali ini kita akan membahas mengenai sejumlah rekomendasi tempat wisata di Purwokerto yang bisa jadi referensi dan pilihan untuk kamu berwisata dan berlibur. 

1. Baturaden Adventure Forest

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Baturaden Adventure Forest

Photo :
  • Instagram @bafadventure

Salah satu tempat wisata di Purwokerto yang bisa kamu kunjungi yakni adalah Baturaden Adventure Forest. Tempat wisata ini memiliki wahana yang dapat menantang adrenalin. Bagi kamu yang suka tantangan pasti akan sangat cocok dengan tempat wisata yang satu ini. Kamu bisa mencoba berbagai wahana yang tersedia seperti river boarding dan rapperlling. Tapi untuk wahana adrenalin ini selain membutuhkan mental yang kuat kamu tentu juga harus menyiapkan kocek yang lebih besar.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

2. Bukit Watu Meja

Tempat wisata di Purwokerto

Photo :
  • Instagram @cakepkeun

Bukit Watu Meja yang terletak di Kecamatan Kebasen ini menjadi tempat wisata di Purwokerto yang akan menyuguhkan keindahan pemandangan yang sangat luar biasa. Kamu akan diperlihatkan pemandangan sungai serayu yang berkelok-kelok di antara perbukitan. Jadi, mata kita akan sangat dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang disuguhkan di Bukit Watu Meja ini. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, kamu harus siap dalam hal fisik dan mental. Kareena rute perjalanan yang akan kamu lalui terbilang cukup ektrem. Pastikan juga bahwa kamu sedang dalam kondisi yang sehat. 

3. Curug Bayan

Curug Bayan

Photo :
  • Instagram @wisatakphbanyumastimur

Tempat wisata di Purwokerto selanjutnya yang bisa kamu kunjungi untuk berwisata dan berlibur adalah Curug Bayan. Curug Bayan yang terletak di daerah Ketenger, Baturaden ini sangat mudah untuk diakses oleh para wisatawan. Karena posisi Curug Bayan tidak terlalu berada di dalam hutan seperti curug-curug pada umumnya. Selain itu, air terjunnya juga tidak terlalu tinggi jadi sangat pas untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Kamu dapat mengunjungi curug ini dan menikmati indahnya pemandangan di Curug Bayan sambil bersantai di dekat curug. 

4. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya ada Hutan Pinus Limpakuwus sebagai salah satu tempat wisata di Purwokerto yang juga bisa menjadi pilihan destinasi untuk berlibur. Jaraknya tidak begitu jauh dari  Kebun Raya Baturaden sehingga cukup mudah diakses oleh wisatawan. Objek wisata dari tempat ini tentunya adalah hutan pinusnya yang dapat menarik perhatian bagi kamu yang berkunjung. Kamu akan melihat deretan hutan pinus yang menjulang tinggi ke atas yang bisa dijadikan sebagai spot foto. Tidak perlu khawatir karena udara di Hutan Pinus Limpakuwus ini masing sangat sejuk dan bersih sehingga dapat menyegarkan raga dan pikiran. Apalagi saat sedang kabut, atmosfer yang dirasakan akan sangat berbeda. 

5. Curug Jenggala

Curug Jenggala, Kalipagu, Baturraden.

Photo :
  • U-Report

Masih di daerah Baturaden juga, Curug Jenggala ini bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan sebagai destinasi liburan. Letak curug ini ada di desa Petahunan yang menjadi salah satu hidden gem karena posisinya cukup tersembunyi. Namun untuk soal pemandangan tidak perlu diragukan lagi karena kamu akan disuguhkan pemandangan air terjun yang mengalir deras dan asrinya alam yang memanjakan mata. 

Untuk menuju Curug Jenggala ini kamu bisa memilih untuk berjalan kaki dari loket pembelian tiket atau menggunakan kendaraan. Bagi para wisatawan yang memilih untuk berjalan, kamu memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke curug. Beruntungnya bagi yang jalan adalah mereka akan melihat pemandangan indah sepanjang perjalanan. Sementara wisatawan yang memilih menggunakan kendaraan tentu akan lebih cepat. 

6. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden

Photo :
  • Instagram @purwokertohits

Tempat wisata lain yang bisa menjadi destinasi untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Purwokerto yakni adalah Kebun Raya Baturaden. Masih dalam wilayah Baturaden, destinasi yang satu ini tidak boleh sampai terlewat untuk kamu kunjungi. Kamu yang berkunjung ke Kebun Raya Baturaden ini akan disuguhi dengan hawa yang masih sejuk dan pemandangan yang asri. Hijaunya pepohonan pinus yang ada di sana juga akan memanjakan mata kita serta berbagai tanaman lain yang memang dijadikan sebagai koleksi di Kebun Raya Baturaden tersebut. 

7. Telaga Sunyi

Air terjun Telaga Sunyi, Banyumas.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya juga ada Telaga Sunyi yang bisa juga menjadi pilihan sebagai destinasi wisata di Purwokerto. Lagi-lagi masih di wilayah yang sama yakni Baturaden, Telaga Sunyi ini sangat cocok menjadi tempat untuk bersantai atau healing. Telaga ini konon menjadi salah satu sumber mata air utama untuk kawasan Baturaden karena airnya yang sangat jernih. Bahkan kamu bisa melihat dasar telaganya saking jernih airnya. Karena berasal dari Gunung Slamet, air dari telaga ini juga sangat sejuk dan menyegarkan. 

8. Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturraden

Photo :
  • Instagram @lokawisata_baturraden

Masih ada lagi tempat wisata di Purwokerto yang letaknya di wilayah baturaden yakni Lokawisata Baturaden. Tempat wisata yang satu ini letaknya berada di sebelah utara kota Purwokerto dan ada di lereng Gunung Slamet. Saat mengunjungi Lokawisata Baturaden ini, kamu akan disuguhi pemandangan yang asri dengan hamparan hijau dan hawa yang sangat sejuk. Bagaimana tidak, posisinya saja ada di lereng Gunung Slamet jadi masih bernuansa alam. 

Ada berbagai macam wahana yang ditawarkan di Lokawisata Baturaden ini, diantaranya seperti kolam renang, sepeda air, terapi ikan dan mini zoo. Jangan sampai tempat wisata di Purwokerto yang satu ini dilewatkan untuk dikunjungi ya!

9. The Village Purwokerto

Tempat wisata yang satu ini tidak menyuguhkan keindahan dan pemandangan alam. The Village ini memang lebih memfokuskan sebagai spot foto untuk para wisatawan yang berkunjung karena bertemakan Eropa. Apalagi bagi kamu yang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk berkunjung ke tempat wisata alam. 

The Village Purwokerto ini letaknya ada di pinggir jalan utama menuju Baturaden. Ada banyak spot yang menarik sebagai latar foto dan ada  ada beberapa binatang yang bisa kamu beri makan. Selain itu, The Village ini sangat cocok untuk wisata keluarga yang membawa anak-anak karena bisa bermain dan mengabadikan momen bersama. 

10. Curug Cipendok

Curug Cipendok

Photo :
  • U-Report

Terakhir, ada Curug Cipendok sebagai tempat wisata di Purwokerto lain yang bisa kamu kunjungi. Curug Cipendok terletak di kawasan Cilongok dan memiliki daya tarik yang berbeda. Alam di sekitar air terjunnya masih sangat terjaga dengan baik dan asri sehingga udaranya pun masih sejuk dan segar. Bagi kamu yang ingin mengunjungi curug ini sebagai destinasi aksesnya jika tidak susah dan jalannya sudah diaspal sehingga lebih memudahkan pengunjung. 

Itulah sejumlah tempat wisata di Purwokerto yang bisa menjadi referensi dan pilihan bagi kamu yang ingin berlibur. Semoga dengan tulisan ini dapat membantu kamu yang sedang memilih destinasi wisata untuk pergi ke Purwokerto. 

Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024