8 Tempat Wisata di Blitar dengan Panorama Alam Memukau

Pantai Tambakrejo
Pantai Tambakrejo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

VIVA – Tempat wisata di Blitar seakan tidak ada habisnya dan sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan. Wilayah Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur ini dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk liburan bersama keluarga.

Hal ini karena mempunyai sejuta pesona dan panorama alam yang sangat menakjubkan dan masih banyak yang belum terungkap ke publik, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dari tempat ini. 

Blitar memiliki banyak objek wisata menakjubkan, seperti situs budaya, bersejarah, spot foto kekinian, pantai, dan lain sebagainya yang tentu akan sangat memanjakan mata.

Bila kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Blitar, jangan takut dengan pesona alamnya, karena menawarkan banyak wisata pilihan yang bisa dikunjungi.

Walaupun kota ini jarang terdengar dengan tempat wisata, tapi ternyata memiliki destinasi wisata alam yang keren serta tidak kalah dengan wisata lain. 

Kota yang berada di bagian selatan Provinsi Jawa Timur ini mendapat julukan sebagai Kota Proklamator, Kota Patria, dan Kota Peta. Hal ini berasal dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia di masa lalu.

Maka dari itu, tidak heran bila destinasi wisata di kota ini kerap dihubungkan dengan sejarah. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran, berikut adalah ulasan tentang tempat wisata di Blitar yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Gumuk Sapu Angin

Gumuk Sapu Angin

Gumuk Sapu Angin

Photo :
  • Tangkapan Layar

Datang ke Blitar tampaknya belum lengkap bila tidak datang ke tempat wisata alam yang menawarkan panorama indah. Tempat wisata di Blitar ini adalah salah satu destinasi yang menawarkan pemandangan bukit memesona dengan udaranya yang sangat sejuk.

Di sini, ada gardu pandang yang kerap dijadikan sebagai spot foto untuk memotret keindahan Gumuk Sapu Angin. Bahkan, para pengunjung tidak jarang yang mengabadikan dengan swafoto di sini dengan latar belakang pemandangan alam yang memesona.

Kamu juga dapat menyaksikan kemegahan dari Gunung Kelud dan Gunung Kawi. Harga tiket masuk yang ditawarkan juga cukup murah yaitu Rp5.000 di hari biasa dan Rp10.000 di akhir pekan. 

2. Gua Luweng

Pesona Caving Luweng Grubug

Pesona Caving Luweng Grubug

Photo :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

Tempat wisata di Blitar dengan bentuk gua ini pasti sangat jarang ditemukan di kota metropolitan. Oleh sebab itu, ketika mengunjungi Blitar sempat untuk mampir ke Gua Luweng yang memiliki pesona memukau dan wajib sekali untuk dijelajahi.

Tempat wisata di Blitar ini memiliki ‘air surga’ yang turun dan bercucuran dari atas. Dengan pantulan cahayanya yang minim lewat lubang, membuat gua terasa sangat syahdu tapi tetap memukau.

Untuk mencapai gua ini, kamu dapat berjalan melewati masuknya air atau jalan keluar air. Sama seperti destinasi wisata yang lainnya, harga masuk ke Gua Luweng ini terbilang sangat murah, hanya dibanderol Rp2.000 saja. 

3. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Photo :
  • Disporbudpar.blitarkab.go.id

Pantai Tambakrejo yang berbatasan langsung dengan Pantai Selatan tidak terlalu mengerikan malah pantai ini terkenal dengan karakteristik ombaknya yang cukup ganas. Bakan, dikatakan lebih dalam dari Laut Utara yang ada di Pulau Jawa.

Tapi, kamu jangan khawatir karena pantai ini sangat mirip dengan teluk sehingga ombak yang menerjang pantai menjadi lebih kecil. Hal ini karena sebelum menuju pantai Tambakrejo, terlebih dahulu ombak akan pecah dan lebih tenang saat di tepi pantai.

Tempat wisata di Blitar yang satu ini menjadi salah satu tempat untuk memancing juga, lho. Mengingat karakteristik laut yang dalam sehingga ikan yang hidup di perairan ini mempunyai tarikan yang kuat. 

4. Air Terjun Jurug Bening

Air Terjun Jurug Bening

Air Terjun Jurug Bening

Photo :
  • Tangkapan Layar

Destinasi wisata berikutnya yang dapat disambangi adalah air terjun Jurug Bening. Berada lebih rendah dari dataran yang ada disekitarnya yang menjadi persawahan.

Maka dari itu, untuk mencapai air terjun ini, kamu harus melewati area persawahan, menuruni bukit yang cukup terjal dengan jalan yang sedikit sempit dan jalan yang licin. Tapi tenang, perjuangan kamu untuk menuju tempat wisata di Blitar ini akan terbayarkan dengan keindahannya.

Penampakan air terjun dengan air yang cukup deras serta berunduk ditambah dengan dinding berbatu seperti dipahat, membuat tempat ini semakin memesona. Menariknya, tiket masuk tempat ini juga cukup murah, yaitu hanya dikenai biaya sebesar Rp5.000 saja. 

5. Penangkaran Rusa Maliran

Ilustrasi hewan rusa.

Ilustrasi hewan rusa.

Photo :
  • Pixabay/RitaE

Tempat wisata di Blitar berikutnya ini bisa dijadikan sebagai pilihan wisata edukasi untuk anak. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata yang satu ini adalah penangkaran rusa.

Kamu dan si buah hati bisa berinteraksi secara langsung dengan rusa-rusa yang sangat menggemaskan. Tempat wisata ini juga masih satu wilayah dengan kawasan konservasi. 

Maka dari itu, penangkaran Rusa Maliran ini masih memiliki pemandangan alam yang asri dan sejuk. Kemudian untuk kamu yang senang berswafoto, dilengkapi dengan spot Instagramable yang dapat dimanfaatkan.

Menariknya lagi, ada fasilitas outbound yang bisa membuat pengalaman liburan kamu semakin seru lho. 

6. Petilasan Rambut Monte

Wisata alam Rambut Monte Blitar.

Wisata alam Rambut Monte Blitar.

Photo :
  • U-Report

Kawasan Gunung Kawi yang erat kaitannya dengan ritual pesugihan, tapi siapa sangka bahwa di tempat ini ada sebuah telaga cantik yang diberi nama sebagai Rambut Monte. Berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, tempat wisata yang satu ini adalah sumber mata air.

Walau tidak terlalu luas, kejernihan airnya sukses membuat warganet kagum. Uniknya lagi, talaga ini juga dihuni dengan ratusan ikan sengkaring yang konon katanya dikeramatkan oleh penduduk setempat.

Kepercayaan yang ada mengatakan bahwa siapa saja yang mengambil ikan ini, maka ia akan mendapatkan kutukan. Walaupun demikian, Petilasan Rambut Monte ini layak menjadi salah satu daftar kunjungan karena memiliki pemandangan sangat indah. 

7. Makam Ir. Soekarno

makam soekarno

makam soekarno

Photo :

Blitar dikenal sebagai sebuah Kota Proklamator lantaran di kota ini Proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno dilahirkan. Di kota ini juga Ir. Soekarno dimakamkan dan saat ini makam sang proklamator menjadi salah satu tujuan ziarah untuk berbagai kalangan.

Makam Bung Karno ini adalah tempat untuk kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sosoknya. Tempat wisata di Blitar ini berdiri di lahan yang sangat luas dengan mengusung tema bangunan berbentuk rumah joglo yang diapit oleh kedua makam orang tua Bung Karno.

Selain area makam, kamu juga dapat mengunjungi perpustakaan yang menyimpan seluruh buku bacaan Bung Karno serta beberapa karyanya. Ada beberapa lukisan dan barang peninggalan Bung Karno di tempat ini. 

8. Pantai Pangi

Pantai Pangi.

Pantai Pangi.

Photo :
  • U-Report

Jangan heran bila di Blitar ada beberapa pantai cantik yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga. Beberapa pantai di kabupaten ini mayoritas masih tersembunyi lantaran dikelilingi dengan bukit atau tebing tinggi yang mengitarinya.

Akibatnya, wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini akan kesulitan untuk menemukan dan mencari tempat tersebut. Salah satunya adalah Pantai Pangi yang menjadi sebuah surga tersembunyi di kota Blitar.

Bahkan, di sini telah dibangun sejumlah penginapan yang dapat kamu dan keluarga sewa bila berkesempatan bermalam di sini. Bangun pagi dengan menghadap ke pantai tampaknya adalah sesuatu yang sangat mengasyikan.