7 Tempat Wisata di Kebumen yang Paling Keren, Ada Pantai dan Curug

Cagar Alam Geologi Karangsambung
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Tempat wisata di Kebumen dapat menjadi salah satu destinasi akhir pekan lantaran memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang sangat menakjubkan. Sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui tentang keindahan dan tempat keren yang ada di Kebumen tersebut. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki objek wisata keren, seperti situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian, pantai yang indah, hingga air terjun yang sangat memanjakan mata. 

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Kebumen sendiri merupakan salah satu ‘permata’ tersembunyi yang ada di Jawa Tengah. Terletak di selatan pulau Jawa, destinasi wisata di kebumen ini didominasi dengan pantai. Akses jalan untuk menuju Kebumen juga cukup mudah. Misalnya dari Jogja hanya diperlukan waktu dua sampai tiga jam saja dengan melewati jalan Wates menuju Purworejo. Disamping itu, kamu juga dapat memakai kereta api jurusan Purwokerto dengan waktu tempuh sekitar satu jam. 

Bila kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Kebumen, jangan khawatir dengan keindahan alamnya, karena kabupaten ini menawarkan cukup banyak pilihan wisata untuk kamu kunjungi. Selama ini, nama Kebumen memang cukup jarang terdengar sebagai tempat wisata yang keren, tapi ternyata belum banyak yang mengetahui bahwa Kebumen ini mempunyai banyak tempat wisata alam yang keren. Nah, tanpa panjang lebar berikut ulasan tentang tempat wisata di Kebumen yang disadur dari berbagai sumber. 

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

1. Pantai Logending

Pantai Logending di Kebumen

Photo :
  • http://rasimunway.blogspot.com
Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Tempat wisata di Kebumen yang pertama adalah pantai Logending yang termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata favorit keluarga. Pantai yang terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah ii berjarak sekitar 54 kilometer dari pusat kota Kebumen. Pantai ini terkenal sangat indah ditambah dengan hutan di sekitarnya yang masih asri. Di Pantai ini kamu dapat berkeliling dengan perahu wisata. 

Untuk menambah keseruan berlibur di pantai ini, telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti area parkir kendaraan wisata, tempat berkemah, kamar mandi, penginapan, serta tempat bermain anak. Ketika lapar, kamu juga tidak usah khawatir lantaran di area pantai ada banyak warung makanan ringan sampai makanan berat. Aneka kuliner lezat seperti kepiting, udang, sampai ikan bawal. 

2. Pantai Pecaron

Wisata Pantai Pecaron di pesisir Selatan Jawa Tengah

Photo :
  • VIVA / Dwi

Untuk menjajal keindahan kota yang satu ini dapat dilakukan dengan mengunjungi wisata baharinya yang sangat luar biasa. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Pecaron. Pantai yang satu ini memang tak mempunyai area yang luas, tapi keindahannya tak kalah dengan pantai yang lain. Bahkan, masih banyak orang yang belum menginjakkan kaki di pantai ini sehingga masih asri dan alami. 

Maka dari itu, sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan ketenangan saat tengah berlibur. Deburan ombak dan pasir pantai yang sangat lembut menjadikannya sangat eksotis. Kemudian ada pula tebing dan bebatuan yang membingkainya sehingga menambah daya tarik sendiri untuk pantai ini. Kamu dapat melakukan kegiatan menarik dan tidak ketinggalan untuk mengambil foto cantik. 

3. Curug Silancur

Curug Silancur

Photo :
  • Tangkapan Layar

Selain pantai, tempat wisata di Kebumen juga memiliki air terjun yang menjadi andalan wisata lainnya. Curug Silancur menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan saat berada di Kebumen. Tempat yang memang belum banyak dijajal wisatawan ini menawarkan keindahan yang tidak perlu diragukan lagi. Objek wisata ini masih sepi karena untuk mencapainya membutuhkan tenaga ekstra. 

Untuk bisa menikmati air terjun ini kita tidak usah membayar tiket mahal, cukup merogoh kocek Rp5 ribu saja untuk penitipan motor. Lokasi air terjun ini berada di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung. Curug ini memiliki ketinggian yang mencapai 20 meter lebih dan jatuh ke area bebatuan purba, sehingga tidak membentuk kola. Jarak air terjun ini dari pusat kota mencapai 25 kilometer, kemudian berjarak 20 menit dari tempat parkir. 

4. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Cagar Alam Geologi Karangsambung

Photo :
  • Tangkapan Layar

Untuk kamu anak Geologi, pertambangan, kebumian, atau geografi, cagar alam karangsambung ini harus kamu datangi dan masuk ke dalam daftar tempat wisata di Kebumen. Kamu tentunya pasti akan mengetahui tentang dahsyatnya cagar alam yang berada di Kecamatan Karangsambung, Kebumen ini. Tempat ini merupakan sebuah titik dengan jenis batuan terlengkap di muka bumi. 

Oleh sebab itu, dijadikan sebagai tempat guna meneliti sejarah dari perkembangan bumi. Kamu pasti akan merasa takjub dengan berbagai fenomena geologi yang terjadi, seperti patahan, siklin, antiklin, dan formasi batuan yang lain. Kamu juga akan memahami bagaimana permukaan laut bisa terangkat, bagaimana semua itu dapat terjadi di sini. 

5. Bukit Pranji

Bukit Pranji

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tempat wisata di Kebumen yang tak boleh dilewatkan berikutnya adalah bukit Pranji. Bukit yang terletak di Desa Watulawang dan Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan ini menjadi salah satu tempat untuk mendaki dan berkumpul guna menikmati matahari terbit dari atas ketinggian. Selain dapat dimanfaatkan untuk melihat sang surya terbit dan tenggelam, anak muda yang datang juga biasanya bermalam untuk menikmati keindahan gemerlap bintang di malam hari. 

Bukit Pranji ini sangat sempurna untuk menikmati keindahan sunrise. Bila langit bersih, kamu dapat melihat gunung Sindoro dan Sumbing yang berdiri gagah di kejauhan. Tempat ini juga sangat mudah dijangkau, baik dengan motor maupun mobil. Bahkan, tidak ada biaya parkir lantaran bila naik kendaraan tersebut dapat dititipkan di rumah penduduk yang lokasinya berada di bawah bukit. 

6. Air Terjun Sudimoro

Air Terjun Sudimoro

Photo :
  • Tangkapan Layar

Curug Sudimoro ini dapat dimasukkan ke dalam salah satu tempat wisata di Kebumen yang wajib kamu kunjungi. Sebab, air terjun yang satu ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis lantaran mempunyai empat tingkatan yang akan membuat siapa saja takjub dengan keindahannya. Lokasi curug Sudimoro ini terletak di Desa Donorejo, Kenteng, Kebumen. 

Menariknya, curug ini termasuk ke dalam salah satu curug tertinggi di kota ini. Untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat ini harus menyiapkan stamina yang fit sebab medan menuju curug cukup menantang dan sebagian besar jalan berbatu dengan tanjakan tinggi yang membuat para pengendara sepeda motor yang akan ke sana harus lebih berhati-hati. 

Estimasi waktu yang diperlukan untuk mencapai curug ini sekitar 1 jam dari Gombong. Kemudian untuk yang hendak berwisata disarankan untuk datang di musim hujan. Sebab, pada musim panas tiba, debit air di curug ini akan berkurang sehingga kamu tidak dapat menikmati dinginnya dan segarnya air curug sudimoro. 

7. Pantai Menganti

Cerita Dibalik Indahnya Pantai Menganti Kebumen

Photo :
  • U-Report

Pantai Menganti adalah salah satu tempat wisata di Kebumen yang terkenal dengan cerita sejak zaman dahulu. Dulunya ada seorang panglima perang yang berasal dari kerajaan Majapahit dan menjalin kisah dengan seorang perempuan tapi tidak pernah direstui. Di pantai inilah mereka berjanji untuk bertemu, tapi sepanjang hari si panglima menunggu dan sang kekasih hatinya tidak muncul. Lokasi pantai Menganti ini terletak di Desa Karangduwur. 

Serangan Setelah Rudal Hizbullah Hantam Rumah Pemukim Israel (Doc: ANews)

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

Hizbullah mengatakan pada hari Minggu, 28 April 2024, bahwa mereka menyerang pemukiman Israel di wilayah perbatasan dengan puluhan rudal.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024