8 Tempat Wisata di Salatiga yang Paling Populer

Bukit Cinta Rawa Pening.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tempat wisata di Salatiga sangat beragam yang terdiri atas wisata alam dan wisata sejarah yang sangat menakjubkan. Setelah melalui perbincangan di media sosial, destinasi wisata baru bermunculan di Salatiga.

Cegah Gangguan Ketertiban di Kawasan Wisata, Bali Bentuk Satpol PP Khusus Pariwisata

Salatiga sendiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah, tepatnya berada di antara Semarang dan Surakarta. Karena itu tidak heran bila kamu bisa menemukan berbagai jenis wisata di tempat yang satu ini. 

Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah, sampai kegiatan menarik yang menjadi dambaan para pelancong. Kota yang memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang memesona ini masih banyak yang tersembunyi.

Yuk Jalan-jalan di Kebun Teh Medini! Ada Air Terjun, Bukit Hingga Backgroud Gunung Ungaran

Akibatnya, masih banyak orang yang belum mengenal akan keindahan yang dimiliki oleh Salatiga. Ditambah dengan udaranya yang masih sejuk akan membuat kamu bisa melupakan penat dari hiruk pikuk perkotaan. 

Tidak ada salahnya bila kamu memutuskan untuk berlibur bersama keluarga atau pasangan ke Salatiga. Karena kota ini menawarkan cukup banyak tempat wisata yang sangat menarik sesuai dengan keinginan para pelancong.

Hal yang Harus Siapkan Sebelum Liburan, Ketahui Sumber Penyebaran Penyakit di Tempat Wisata

Bahkan, tidak jarang tempat wisata di Salatiga ini memanjakan mata kamu dan para pelancong yang lain. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran, simak ulasan berikut tentang tempat wisata di Salatiga yang disadur dari berbagai sumber. 

Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tempat wisata ini sebetulnya tidak terletak  persis di Kota Salatiga, melainkan di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Namun demikian, tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari Salatiga, diperkirakan hanya mencapai 15 kilometer dari kota Salatiga.

Ketinggian air terjun Umbul Songo sekitar 15 meter. Panorama alam yang disuguhkan sangat memukau, tidak hanya menyenangkan, tetapi juga menenangkan karena udaranya yang sejuk dan segar.

Tapi sayangnya, untuk mencapai lokasi ini seringkali sangat sulit dan kamu harus berjalan jauh terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, karena kamu dapat menyewa kuda untuk membawa kamu ke lokasi liburan yang satu ini.

Prasasti Plumpungan

Prasasti Plumpungan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Wisata Budaya Prasasti Plumpungan yang terletak di Sidorejo, Salatiga, Jawa Tengah merupakan salah satu tempat wisata yang ada di desa Sidorejo, kabupaten Salatiga. Objek wisata ini memiliki nilai edukasi dan sering dikunjungi wisatawan pada hari biasa dan hari libur, seringkali para pelajar mengunjungi tempat ini.

Tempat wisata Budaya Prasasti Plumpungan yang berada di Sidorejo Salatiga, Jawa Tengah ini mempunyai keindahan budaya yang sangat bagus untuk dipelajari, terutama anak-anak. Di tempat wisata di Salatiga ini juga kita berkesempatan untuk mengetahui lebih banyak mengenai asal-usul dari Prasasti Plumpungan.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Photo :
  • U-Report

Gunung ini mungkin sudah cukup terkenal, dan kita pasti sering mendengar namanya, serta gunung ini menjadi salah satu tujuan wisata utama dari ketiganya. Gunung ini berada sekitar 3000 meter di atas permukaan laut dan tidak hanya "megah" tetapi juga sangat indah.

Tak heran banyak pendaki yang selalu ingin mengulang kembali petualangan menaklukkan gunung ini agar bisa menikmati sesampainya di puncak gunung.

Kamu bisa mendapatkan pemandangan indah kota Salatiga, Danau Rawapenin, Ungaran, dan Semarang, di bagian selatan, keindahan lain menanti, yaitu panorama Gunung Merapi. Keindahan alam Gunung Merbabu ini sangat terkenal memang layak untuk ditelusuri keberadaannya.

Kopeng Paintball

Menembak memakai paintball

Photo :
  • the sun

Kawasan wisata ini merupakan salah satu tempat paling populer bagi kamu yang menyukai permainan paintball. Agar bisa menikmati keseruan yang dihadirkan dan nuansa permainan saat menyelesaikan misi, maka sudah menjadi kewajiban kamu untuk mengunjungi Kopeng Paintball.

Berkunjung ke Salatiga kurang lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat yang satu ini.

Harap dicatat bahwa tempat wisata di Salatiga ini adalah tempat permainan yang tidak hanya bisa dimainkan oleh orang dewasa. Tapi anak-anak pun bisa merasakan keseruan memainkan wahana ini.

Tapi, kamu harus terus berhati-hati saat memainkan game ini. Hal ini karena dapat merusak kulit jika bersentuhan dengan tubuh secara langsung. Namun, tidak perlu takut, karena sudah dilengkapi dengan peralatan khusus.

Rawa Pening

Rawa Pening.

Photo :
  • U-Report

Mungkin kalian sering mendengar nama ini tapi belum pernah berkujung ke sana, untuk kamu yang sedang berlibur ke Jawa Tengah jangan lupa untuk mampir ke tempat ini. Rawa Pening adalah nama dari tempat wisata di Salatiga ini.

Tempat rekreasi ini juga sudah menjadi primadona utama dan favorit untuk para pelancong di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Rawa pening diambil dari dua kata yaitu rawa dan pening, tentu kamu sudah mengetaui sendiri tentang rawak, serta pening sendiri sebenarnya diambil karena airnya berwarna Bening.

Hal ini terlihat dari sebuah danau yang bisa kamu nikmati, yang memiliki air yang begitu jernih. Danau Rawa Pening ini terletak di antara empat kecamatan sekaligus, yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan juga Banyubiru.

Atlantic Dreamland

Atlantic Dreamland

Photo :
  • Tangkapan Layar

Atlantic Dreamland dapat menjadi tujuan wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan khususnya warga Salatiga. Mereka biasanya berwisata bersama keluarga tercinta.

Ini adalah salah satu tempat wisata di Salatiga yang wajib dikunjungi, Atlantic Dreamland merupakan tempat wisata dengan konsep waterpark dengan berbagai wahana bermain yang seru.

Fasilitas hiburan seperti kolam renang, mainan air, water boom, polo air, jet coaster, komidi putar, trek melingkar, boom crane, game center, flying fox, ATV, dan lain sebagainya. Di Atlantic Dreamland, kita dapat menikmati berbagai macam wahana untuk membumbui liburan kita.

Tempat wisata di Salatiga yang satu ini memang sangat terkenal dan ramai dikunjungi terutama pada saat liburan mendatang. Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta dan konsepnya hampir sama dengan tempat wisata Ancol di Jakarta.

Bukit Harapan Cuntel

Bukit Harapan Cuntel

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tidak jauh dari Kopeng Viewpoint, kamu juga bisa singgah di Bukit Harapan Cuntel. Tempat wisata di Salatiga ini mempunyai pepohonan yang mengering dan sangat ikonik untuk para pengunjung destinasi tersebut.

Di Bukit Harapan Cuntel sudah tersedia tempat bersantai seperti tempat duduk, rumah pohon atau spot foto asyik. Bukit Harapan Cuntel juga menawarkan gardu pandang yang menampilkan pemandangan pegunungan dan daerah Semarang yang indah.

Di sini, pengunjung dapat menikmati jajaran panorama pegunungan mulai dari Gunung Sumbing, Sindoro, Andong dan Telomoyo. Bahkan, kamu juga akan disuguhkan dengan hijaunya lahan pertanian warga yang asri.

Bukit Cinta

Lestari Mitos Pacaran Putus kalau Berduaan di Bukit Cinta

Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

Tempat wisata di Salatiga menarik lainnya yang mengundang daya tarik untuk dikunjungi wisatawan adalah Bukit Cinta. Jangan salah paham, meski namanya Bukit Cinta, tempat yang satu ini ini bukan sebagai tempat untuk memadu kasih atau tempat pacarana anak muda.

Bukit Cinta merupakan taman yang memberikan kenyamanan dan kesejukan, sehingga sangat cocok untuk bersantai dan menghirup udara segar untuk melawan penat.

Tempat wisata ini memiliki banyak tempat bermain seperti perosotan, ayunan, dan lain sebagainya. Jadi, tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata bagi kamu dan keluarga terutama anak-anak.

Sun Moon Lake, Taiwan.

Alamnya Indah Banget, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Hingga Kulineran di Taiwan

Traveler Content Creative, Kadek Arini, yang  mengunjungi Taiwan pada Desember 2023 lalu, mengakui bahwa Taiwan memiliki alam yang sangat indah. Termasuk kulinernya.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024