10 Objek Wisata Tuban, Hidden Gem di Jawa Timur

Pantai Boom, Tuban.
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Objek wisata Tuban didominasi oleh wisata alam, karena letak geografisnya yang berada di jalur pantai utara (Pantura) Pulau Jawa serta berada di deretan Pegunungan Kapur Utara.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Jika selama ini yang Anda dengar adalah Tuban merupakan Kabupaten kecil, maka jangan salah bahwa daerah ini memiliki sejuta keindahan serta pesona alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak wisatawan belum mengetahui akan keindahan dan tempat hits yang berada di Tuban.

Jika kamu punya rencana untuk berlibur ke Tuban, kamu tidak perlu khawatir, karena Kabupaten ini menawarkan banyak wisata pilihan untuk kamu kunjungi, Tentunya tidak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja, Malang atau pun kota besar lainnya.

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Pastinya kamu penasaran kan, sebenarnya apa saja sih tempat-tempat menarik tersebut? Berikut VIVA telah merangkum beberapa tempat wisata recommended di Tuban, sebagai bahan referensi awal untuk liburan di akhir pekan nanti.

1.  Air Terjun Lembah Bongkok

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

 Air Terjun Lembah Bongkok

Photo :
  • google maps / ahmad ilham

Lembah Bongkok berada di wilayah yang ditumbuhi banyak pohon jati di wilayah perbukitan kapur. Lokasi berjarak 30 km dari pusat kota Tuban. Tepatnya di Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Meskipun di musim kemarau aliran air terjun Lembah Bongkok tidak pernah surut, sehingga warga tidak perlu takut kekeringan. Oleh warga, air tersebut digunakan untuk kehidupan sehari-hari mereka. Seperti  minum, mandi, serta mencuci.

Wisatawan tidak dikenakan biaya untuk masuk ke air terjun Lembah Bongkok. Di area ini kamu dapat menemukan 2 air terjun yang indah menghiasi tebing-tebing batu. Kamu dapat menikmati sensasi mandi di bawah aliran air terjun.

Suasananya sangat segar, sebab kondisi alam yang masih asri dan belum banyak diketahui orang, dipadukan dengan pemandangan cantik dan suara burung, menambah kesan damai yang akan kamu rasakan saat mengunjungi air terjun Lembah Bongkok.

2.  Air Terjun Banyu Langse

Air terjun Banyu Langse

Photo :
  • http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tuban kota yang terletak di pesisir Pantai Utara ini menyimpan banyak keindahan, salah satunya adalah air terjun Banyu Langse. Berlokasi di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Tuban. Berjarak 8 kilometer dari kota Tuban.  Air terjun ini menawarkan perpaduan rindangnya pepohonan hijau dan putihnya perbukitan kapur.

Akses yang mudah ditempuh membuat air terjun Banyu Langse banyak dikunjungi wisatawan. Di lokasi kamu dapat menikmati 3 pemandangan air terjun yang menjadi ciri khas dari tempat ini. Air terjun Banyu Langse memiliki ketinggian 10 meter dengan kedalaman kolam 5 meter.

3.  Air Terjun Sanggrahan

air terjun sanggrahan tuban

Photo :
  • google maps / Fendy

Masih di kota yang sama, kamu dapat menemui air terjun lain yakni air terjun Sanggrahan. Saat mendengar kata Singgahan masyarakat sekitar akan mengenalnya dengan keindahan panorama yang disuguhkan. Lokasi berjarak 1 setengah jam dari pusat kota Tuban. Lokasinya berada di Desa Kedungjambe, Singgahan,Tuban, Jawa Timur.

Dari Dusun Nganget menuju air terjun Sanggrahan kamu harus melewati jalan setapak yang berjarak 100 meter berlatarkan pemandangan hijau area persawahan milik warga. Air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter dan saat dikunjungi pada musim hujan pesonanya akan membuat wisatawan yang mengunjungi betah berlama-lama.

4.  Air Terjun Wukirharjo

air terjun sanggrahan

Photo :
  • larismaniscom

Dengan pesonanya air terjun Wukirharjo berhasil menarik minat wisatawan untuk mengunjungi tempat ini, meskipun berjarak cukup jauh yakni 36 kilometer dari pusat kota Tuban. Berlokasi di Dusun Sambungrejo, Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan, Tuban, Jawa Timur.

Akses menuju lokasi air terjun memang sedikit sulit, meskipun demikian keindahan yang akan didapatkan mampu membayar rasa lelah di perjalanan. Ditumbuhi pepohonan rimbun membuat suasana semakin sejuk di rasakan. Sama seperti wisata air terjun lainnya di Tuban.

5.  Pantai Pasir Putih Remen

pasir putih Remen Tuban

Photo :
  • google maps / Redy Dwi

Tidak kalah dengan pantai-pantai lain. Pantai Ramen menawarkan wisata pasir putih yang sangat bersih, berlibur di pantai ini kamu dapat melihat birunya air laut dan rindangnya pohon cemara. Berlokasi di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Tuban, Jawa Timur. Untuk menikmati pesona alamnya, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu.

Di kawasan Pantai Remen ini kamu bisa bermain dengan perahu kecil dan mendirikan tenda yang semakin menambah keseruan berlibur. Jika beruntung, pada malam hari kamu dapat melihat beberapa bintang jatuh serta susunan galaksi yang mustahil terlihat dari kota yang dipenuhi gemerlap lampu.

Di sudut lain kamu  bisa mencoba untuk memancing ikan sekaligus menikmati keindahan Pantai Remen. Beberapa penduduk lokal memang terkadang melakukan kegiatan ini di area pantai, terutama di area sekitar pohon cemara.

6.  Pantai Semilir

pantai semilir

Photo :
  • google maps / mbak dongeng

Pantai Semilir menjadi satu objek wisata populer di Tuban. Pantai Semilir selalu ramai dengan wisatawan setiap harinya. Untuk harga tiket masuk kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp3 ribu per orang.

Menyuguhkan keindahan alam dengan suasana tenang dan damai, pantai ini cocok untuk kamu yang butuh Healing setelah bekerja. Berlokasi di Karangdowo, Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Untuk operasional, Pantai Semilir dibuka pukul 07.00 sampai 17.00 sehingga wisatawan bisa puas mengeksplor sudut-sudut terbaik dari pantai ini.

7.  Pantai boom

PANTAI BOOM TUBAN

Photo :
  • google maps / tri bagus

Pantai Boom Tuban terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban, atau tepatnya di sebelah utara Alun-Alun Tuban. Memiliki luas kawasan kurang lebih 2,2 hektar, letak tempat wisata ini sangat strategis serta mudah dijangkau. Keindahan khas Pantai Utara pun langsung terpancar ketika datang ke tempat ini. Ombak yang tidak terlalu besar dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi memberikan kenikmatan tersendiri.

Tidak seperti pantai kebanyakan dengan pasir yang indah, Pantai dipenuhi dengan bebatuan di tepinya sehingga kamu tidak bisa bermain air di sana. Namun, wisatawan tetap bisa sekadar bersantai di tepian sambil menikmati pemandangannya yang indah.

Memiliki sejarah yang panjang, Pantai Boom merupakan pelabuhan yang didirikan sejak berjayanya kerajaan Majapahit. Pelabuhan ini dahulu digunakan untuk lintas perdagangan dan pelayaran kerajaan Singasari dari Majapahit. Tak heran di tempat ini banyak ditemukan benda-benda peninggalan masa lalu, seperti keramik, senjata kuno dan guci kuno. Yang sekarang telah tersimpan rapi di Museum Kembang Putih.

Harga masuk kawasan Pantai Boom terbilang sangat murah, kamu hanya perlu membayar Rp6 ribu di hari biasa, dan Rp8 ribu di akhir pekan. Untuk anak anak-akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp4 ribu di hari biasa, dan Rp6 ribu saat akhir pekan.

8.  Pantai Sowan

Pantai Sowan

Photo :

Pantai Sowan memiliki perbedaan dan keunikan karakteristik dibandingkan pantai-pantai lain. Pantai yang dikelola oleh Perhutani Tuban memiliki luas area yang ditumbuhi berbagai jenis pepohonan. Kamu akan merasa teduh akibat sinar matahari yang terhalang oleh pepohonan yang berukuran besar ini.

Untuk harga tiket masuk tergolong murah. Kamu hanya perlu membayar Rp 10.000 di hari weekday dan Rp 12.000 di weekend, dengan biaya masuk tersebut kamu sudah dapat menikmati keindahan pantai dan hijaunya pepohonan di sana. Pantai Sowan buka pukul 07.00 sampai jam 16.30 setiap hari.

Layaknya pantai pada umumnya, kamu dapat berpiknik bersama orang terdekat di sini. jika kamu tidak memiliki perlengkapan piknik, pengelola telah menyiapkan perlengkapan yang dapat kamu sewa, seperti, tenda tikar dengan harga terjangkau.

Selain piknik Pantai Sowan juga memiliki beberapa permainan yang dapat kamu coba. Wahana permainan itu berupa happy fun family, flying back, karpet terbang, flying fox dan area edukasi satwa hewan hingga area bermain untuk anak-anak.

9.  Makam Sunan Bonang

Pasujudan Sunan Bonang.

Photo :
  • U-Report

Tuban dikenal dengan julukan Bumi Wali  tentunya tidak lengkap saat berkunjung ke Tuban kamu tidak mengunjungi Makam Sunan Bonang. Wisata Ziarah Makam Sunan Bonang di Tuban berada di Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tepatnya di sebelah barat Masjid Agung Tuban. Wisata Ziarah Makam Sunan Bonang di Tuban adalah tempat wisata religi yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Sunan Bonang, adalah salah satu tokoh penyebar agama Islam atau Wali Songo dan banyak menggunakan aktifitas seni dalam dakwah dan penyebaran agamanya. Memiliki nama Raden Maulana Makdum Ibrahim adalah anak dari Sunan Ampel dan wafat pada tahun 1525 M.

Tidak ada tiket masuk untuk wisata religi ini. Tujuan utama pengunjung yang datang di makam ini adalah untuk berziarah. Di luar komplek pemakaman ini, terdapat banyak pedagang yang menjual oleh-oleh khas Tuban.

10.  Gua akbar

Gua Akbar di Tuban

Photo :
  • http://tubankita.blogspot.com/

Terletak di Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur. Goa Akbar memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan gua lain pada umumnya. Gua ini terletak di tengah Kabupaten Tuban. Tepatnya di jalan Semarang-Surabaya belakang Pasar Baru Tuban, kamu dapat dengan mudah menemukan lokasinya saat berkunjung ke Tuban.

Ada berbagai versi tentang asal mula nama Goa Akbar, pertama mengatakan bahwa nama Akbar sendiri diambil dari nama tanaman abar yang tumbuh di mulut gua. Kemudian kabar lainnya mengatakan Akbar berasal dari kata ngabar, yang dalam Bahasa Jawa kuno berarti latihan.

Sebelum masuk, wisatawan akan disuguhkan relif di sepanjang dinding yang bercerita tentang sejarah Tuban dimasa lalu, GoaAkbar memiliki lorong-lorong yang berkelok sepanjang 1,2 kilometer yang diberkirakan telah berusia20 juta tahun. Dan uniknya pada gua ini pernah ditemukan beberapa fosil binatang laut.

Sekian rekomendasi yang dapat kami sampaikan mengenai obyek wisata di Tuban, Jawa Timur. Semoga menjadi inspirasi untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburak ke Bumi Wali tersebut.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya