Lebih Besar dari Indonesia, Ini 5 Fakta Menarik Negara Kanada

Bendera Kanada
Sumber :

VIVA – Kanada yang memiliki nama asli Dominion of Canada ini merupakan negara yang terletak di paling utara kawasan Amerika Utara. Negara ini terdiri dari 10 provinsi dan 3 teritori dan sistem yang dianut adalah sistem desentralisasi. Berdiri pada tahun 1867, Kanada disahkan dengan undang-undang Konfederasi dan ibukotanya adalah Ottawa. 

Ramalan Jayabaya Soal Perang Dunia Ketiga, Bakal Terjadi di 2024 Karena Iran vs Israel?

Terdapat beberapa fakta menarik negara Kanada yang membuat kamu melihat negara indah ini dari sudut pandang yang berbeda. Mengutip dari Reader’s Digest Canada, berikut ini sejumlah fakta menarik negara Kanada yang bisa kamu ketahui. 

1. Kanada lebih besar dari Uni Eropa

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Negara Kanada ternyata lebih besar dari seluruh Uni Eropa (33 kali lebih besar dari Italia dan 15 kali lebih besar dari Prancis), 30 persen lebih besar dari Australia, lima kali lebih besar dari Meksiko, tiga kali lebih besar dari India dan ukurannya hampir sama dengan 81.975 Walt Disney Worlds jika digabungkan. 

2. Memiliki banyak danau 

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Salah satu fakta paling menarik tentang Kanada adalah memiliki lebih banyak area permukaan yang ditutupi oleh danau daripada negara-negara lain di dunia. Great White North memiliki 563 danau yang ukurannya lebih besar dari 100 kilometer persegi. Great Lakes sendiri mengandung sekitar 18 persen air danau segar dunia. Selain itu, danau- danaunya juga memiliki pemandangan yang indah.

3. Memiliki garis pantai terpanjang di dunia

Meskipun Kanada mungkin tidak memiliki perairan yang biru dan pantai berpasir putih, namun Kanada memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Garis pantai tersebut berbatasan dengan tiga samudera berbeda yakni Atlantik, Arktik dan Pasifik. Untuk menempatkan fakta Kanada yang satu ini ke dalam perspektif, dibuktikan dengan 202.080 dari total 356.000 kilometer properti tepi laut dunia. Satu-satunya negara lain yang bahkan hampir mendekati adalah Indonesia yang memiliki garis pantai sepanjang 54.716 km.

4. Memiliki 10 persen hutan dunia

Salah satu fakta yang paling banyak diketahui tentang Kanada adalah memiliki banyak pohon.  Tetapi Kanada sebenarnya memiliki 30 persen dari hutan boreal dunia dan 10 persen dari total tutupan hutan dunia. 396,9 juta hektar hutan dan lahan berhutan lainnya yang luar biasa dapat ditemukan di seluruh negeri dan 68 persennya termasuk jenis pohon jarum. Sebagian besar lahan hutan di Kanada dimiliki oleh publik dan sebagian besarnya dapat dijelajahi di 50 taman indah di seluruh Kanada ini.

5. Satu-satunya kota yang memiliki benteng di Amerika Utara

Kota Quebec memiliki dinding benteng yang membuatnya unik di Kanada (dan juga AS, dalam hal ini). Salah satu fakta paling menarik tentang Kanada adalah bahwa Kota Quebec adalah satu-satunya kota di utara Meksiko yang masih memiliki tembok benteng. Bangunan benteng di Kota Quebec tersebut dibangun pada abad ke-17 dan ke-19. Seluruh distrik bersejarah Quebec, termasuk benteng, sejak itu dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya