10 Fakta Negara Tajikistan, Memiliki Danau Spektakuler

Tajikistan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Terletak di Asia Tengah, Tajikistan adalah negara yang memiliki banyak gunung, terkurung daratan dengan kekayaan budaya dan alam yang cocok untuk dijelajahi. Negara ini meliputi area seluas 143.100 km persegi dan menampung populasi sekitar 8,7 juta orang. Melansir dari worldatlas, berikut adalah beberapa fakta yang paling menarik dan belum banyak diketahui.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Arsenal vs Bayern Munich di Liga Champions

10. Tajikistan Adalah Negara Yang Sangat Bergunung

Tajikistan

Photo :
  • pixabay/ Makalu
5 Fakta Menarik Jelang Duel Real Madrid vs Manchester City di Liga Champions

Lebih dari 90% wilayah Tajikistan adalah pegunungan. Sekitar 50% negara memiliki ketinggian lebih dari 3000 m di atas permukaan laut. Beberapa gunung tertinggi di dunia terletak di sini. Sebagian besar puncak tertinggi negara ini adalah bagian dari pegunungan Pamir dan Alay. Puncak Ismoil Somoni setinggi 7.495 m adalah gunung tertinggi di Tajikistan.

9. Bendungan Buatan Manusia Kedua Tertinggi di Dunia Terletak di Tajikistan

5 Fakta Menarik Jelang Duel Udinese vs Inter Milan di Serie A

Tajikistan

Photo :
  • pixabay/ Makalu

Bendungan Nurek terletak di Sungai Vakhsh di Tajikistan. Bendungan itu adalah bendungan buatan manusia tertinggi di dunia sebelum sebutan itu dikantongi oleh Bendungan Jinping-I China pada tahun 2013. Bendungan Nurek digunakan terutama untuk pembangkit listrik tenaga air. Pembangunannya dimulai pada tahun 1961 dan generator pertama dipasang pada tahun 1972.

8. Tajikistan Menjadi Tuan Rumah Gletser Terpanjang di Dunia Di Luar Kawasan Kutub

Gunung es Tajikistan

Photo :
  • pixabay/ Makalu

Gletser besar bernama Gletser Fedchenko terletak di Pegunungan Yazgulem Pegunungan Pamir di provinsi Gorno-Badakhshan negara itu. Gletser ini meliputi area seluas 700 km persegi dan memanjang hingga jarak sekitar 77 km. Gletser ini memiliki kedalaman 3.300 kaki pada titik tertebalnya. Gletser Fedchenko yang panjang dan sempit adalah gletser terpanjang di dunia yang terletak di luar dua wilayah kutub.

7. Lebih dari 900 Sungai Mengalir Di Tajikistan

Negara ini memiliki jaringan sungai yang padat. Lebih dari 900 sungai di negara ini panjangnya lebih dari 10 km. Beberapa sungai terpanjang di Asia Tengah mengalir melalui negara ini. Syr Darya dan Amu Darya adalah dua sungai terbesar di Tajikistan.

6. Tajikistan Sangat Rentan Terhadap Gempa

Negara ini terletak di zona seismik aktif. Gempa bumi sering terjadi. Gempa bumi Qaratog 1907 dan gempa Khait 1949 adalah dua gempa paling mematikan di Tajikistan. Ribuan nyawa melayang dalam dua peristiwa bencana alam tersebut.

5. Ibukota Tajikistan Dinamai Setelah Satu Hari Dalam Seminggu

Dushanbe adalah ibu kota Tajikistan. Nama Dushanbe berarti Senin dalam bahasa Tajik. Nama itu dipilih karena Dushanbe tumbuh menjadi kota dari desa yang menjadi tuan rumah pasar yang sangat populer setiap minggu pada hari Senin.

4. Negara Ini Memiliki Danau Spektakuler yang Dinamai Alexander The Great

Danau Iskanderkul terletak di ketinggian 2.195 m di pegunungan Provinsi Sughd di negara itu. Danau ini terkenal dengan keindahannya. Ini memiliki bentuk segitiga dan mencakup area seluas 3,4 km persegi. Danau mendapatkan namanya dari Iskander, nama Persia Alexander Agung. Danau dan sekitarnya menyediakan berbagai habitat bagi satwa liar setempat. Kehidupan burung di sini sangat kaya.

3. Koridor Wakhan Memisahkan Pakistan Dari Tajikistan

Hanya sebidang tanah sempit yang memisahkan kedua negara Tajikistan dan Pakistan. Jalur ini disebut Koridor Wakhan dan merupakan bagian dari Afghanistan. Koridor itu terjepit di antara pegunungan tinggi Pegunungan Karakoram di selatan dan pegunungan Pamir di utara. Sebidang tanah tersebut hanya selebar 13 hingga 65 km tetapi memiliki panjang 350 km.

2. Legenda Yeti Juga Merajalela Di Tajikistan

Meskipun kebanyakan dari kita akan menghubungkan legenda yeti dengan pegunungan Himalaya, laporan tentang keberadaan manusia salju atau yeti juga telah muncul di wilayah pegunungan Pamir Tajikistan.

1. Tajikistan Adalah Tujuan Wisata yang Berkembang

Pariwisata di Tajikistan telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Lanskap pegunungan dan budaya bangsa yang kurang dieksplorasi menarik wisatawan dari jauh dan luas. Petualang dan pendaki gunung juga tiba di negara ini karena menawarkan banyak kegiatan petualangan seperti mendaki gunung, ski, snowboarding, dll.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya