10 Masjid Menakjubkan di Israel, Arsitekturnya Miliki Nilai Sejarah

Masjid Al Aqsa di Yerusalem (foto ilustrasi)
Sumber :
  • Al-Aqsa Mosque by David Shankbone

VIVA – Masjid menakjubkan di Israel menjadi salah satu bukti adanya warisan indah dan memukau di negara tersebut. Di seluruh dunia, pasti ada beberapa masjid yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya, praktik keagamaannya, atau kekuatan magisnya. 

Bakrie Amanah Himpun Dana Rp 6,5 Miliar pada Ramadhan 2024 

Masjid menawarkan lingkungan yang sangat tenang dan damai, di mana seseorang dapat bermeditasi,beribadah, bahkan hanya sekadar menikmati keindahan bangunan masjidnya saja. Setiap tahun, masjid-masjid terkenal ini menerima jutaan umat dan juga turis. Ketika datang ke Israel, seluruh negara dihiasi dengan lebih dari ratusan masjid. 

Ilustrasi masjid

Photo :
  • vstory
Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Beberapa kota seperti Yerusalem, Jaffa, dan Acre dikenal memiliki beberapa masjid terbaik di Israel , dan perjalanan ke Israel tidak akan lengkap tanpa melihat masjid-masjid tersebut.

Masjid Menakjubkan di Israel 

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Ilustrasi masjid tempat berdoa (pixabay)

Photo :
  • U-Report

Ada beberapa masjid terkenal di Israel yang wajib untk Anda sambangi seperti Masjid Al-Aqsha dan Kubah Batu, Masjid Omar, Masjid Putih, Masjid Hassan Bek, dan banyak lagi. Hal tersebut lantaran, keindahan arsitekturnya benar-benar bisa bikin kita terhipnotis. Berikut daftar masjid di Israel yang wajib Anda kunjungi:

1. Masjid Al-Aqsha

Masjid Al-Aqsa juga dikenal sebagai “masjid terjauh” di Israel. Terletak di kota tua Yerusalem dan merupakan situs tersuci ketiga menurut Islam. Menurut legenda, Muhammad dipindahkan dari Mekah semalaman ke masjid ini. Masjid telah dibangun kembali beberapa kali baik karena bencana alam atau invasi. Letaknya yang sangat dekat dengan tempat suci orang Yahudi dan Kristen, membuat daerah tersebut rawan kontroversi.

Lokasi: Kota Tua, Yerusalem

2. Masjid Umar

Masjid ini terletak di bagian selatan Yerusalem, di kawasan Kristen. Masjid ini dibangun untuk menghormati Khalifah Umar, yang telah melakukan perjalanan ke Yerusalem untuk menerima penyerahan diri oleh Sophronius. Ini terkenal dengan menara yang dirancang dengan rumit dan arsitektur keseluruhan masjid.

Lokasi: Christian Quarter, Yerusalem

3. Masjid Putih

Ini adalah masjid tertua di kota, terletak nyaman di daerah Kota Tua Nazareth. Arsitektur masjid ini dipengaruhi oleh gaya Ottoman. Sebagian besar bangunan di Nazareth telah dibangun sesuai dengan desain arsitektur Ottoman. Masjid menawarkan kelas agama untuk semua pemuda. Mereka juga secara aktif mensponsori tur pramuka putra dan putri. Selain itu, mereka juga terkenal dengan museum di dalam kompleks masjid yang memamerkan sejarah Nazareth.

Lokasi: Islam quarter, Kota Tua, Nazareth

4. Masjid Marwani

Terletak di dekat Masjid Al-Aqsa dan Dome of the Rocks, masjid ini dibangun di area yang dimaksudkan untuk kandang kuda. Itu juga merupakan masjid terbesar di seluruh negeri. Itu awalnya diakuisisi oleh Wakaf Islam Yerusalem untuk sholat selama musim hujan. Kemudian, aula doa diubah menjadi masjid yang layak yang dapat menampung lebih dari 10.000 orang sekaligus. Banyak sejarawan dan kritikus mengatakan bahwa perluasan ini dilakukan untuk memperkuat cengkeraman wilayah candi.

Lokasi: Kota Tua, Yerusalem

5. Masjid El-Jazzar

Masjid ini dibangun menghadap ke Laut Mediterania dan terkenal sebagai "Masjid Putih" Acre. Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur Ottoman dengan perpaduan sempurna antara gaya Persia dan Bizantium. Menara yang luar biasa, sabil, dan halaman yang luas menambah pesona arsitektur masjid. Ini adalah salah satu masjid terbesar di Israel saat ini. Sebelum kubah dicat hijau, dulu berwarna perak-putih. Pada malam bulan purnama, kubah masjid akan berkilauan dari jauh. Inilah sebabnya mengapa masjid ini juga disebut “Masjid Putih”.

Lokasi: el-Jazzar Street, Kota Tua, Acre

6. Masjid Al-Bahr

Masjid Al-Bahr adalah salah satu masjid tertua di Israel. Arti harfiah dari "Al-Bahr" adalah Masjid Laut. Itu dibangun di pantai Laut Mediterania dan terutama dikunjungi oleh nelayan dan pelaut lokal. Dekat dengan laut dan arsitekturnya yang indah membuat masjid ini layak untuk dikunjungi. Pemandangan di sekitar sangat menawan!

Lokasi: Jalan Haaliya Hashnia, Tel Aviv

7. Masjid Hassan Bek

Masjid Hassan Bek dinamai menurut gubernur Turki-Arab yang membangun masjid. Masjid telah menjadi pusat kontroversi selama bertahun-tahun sekarang. Menara itu pernah digunakan oleh penembak jitu untuk menembak target mereka. Masjid ini sebagian besar terbuat dari batu kapur, dengan dinding yang diukir dan diukir dengan rumit. Halaman utama masjid digunakan untuk sholat. Ini adalah masjid yang dibangun dengan indah dan masjid yang sangat terkenal di Israel.

Lokasi: Jaffa, Israel

8. Masjid Mahmud

Masjid ini dibangun untuk menghormati Khalifah kedua, putra Khalifah yang mendirikan komunitas Muslim Ahmadiyah. Khalifah kedua juga dikenal sebagai “Pembaru yang Dijanjikan”. Masjid ini terkenal dengan arsitekturnya yang menakjubkan dan dua menaranya yang tinggi menghiasi cakrawala Haifa. Masjid ini terletak di lingkungan yang juga merupakan rumah bagi Gunung Karmel, tempat ibadah bagi komunitas Yahudi.

Lokasi: Kababir, Haifa

9. Masjid Agung Gaza

Masjid Agung Gaza juga dikenal sebagai Masjid Omari. Ini adalah masjid tertua dan terbesar di Gaza. Masjid ini awalnya merupakan tempat ibadah umat Kristen, yang diambil dalam penaklukan dan diubah menjadi masjid. Masjid ini terletak di daerah yang sibuk dan di selatan adalah pasar emas terbesar di Gaza. Pintu utama masjid memiliki nama-nama berbagai penguasa yang tertulis di atasnya. Menara masjid yang terkenal dibangun oleh penguasa Mamluk.

Lokasi: Daraj Quarter, Kota Tua, Pusat Kota Gaza, Gaza

10. Masjid Abdeen

Masjid lain yang cukup dekat dengan Masjid Al-Aqsha adalah salah satu masjid terkenal di Israel. Ini adalah masjid utama di bagian timur Israel, menjadikannya pusat dari semua kegiatan keagamaan. Masjid ini dibangun pada tahun 1939 dan dengan demikian, arsitekturnya merupakan perpaduan gaya lama dan modern.

Lokasi: Wadi al-Joz, Yerusalem

Tips Mengunjungi Masjid Di Israel

Jika Anda berencana untuk mengunjungi masjid-masjid ini saat berada di Israel, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ingat:

1. Selalu berpakaian sangat sopan dan dengan cara yang konservatif. Aturannya adalah kulit Anda tidak boleh terlihat dari bawah pakaian Anda.
2. Di beberapa masjid, masuk untuk turis atau non-Muslim sepenuhnya dilarang atau dibatasi. Oleh karena itu, Anda harus merencanakan ke depan dan mendapatkan izin yang tepat.
3. Selalu bawa botol air, topi, tabir surya, dan syal untuk menutupi kepala Anda.
4. Kenakan alas kaki yang nyaman.
5. Jika Anda berkunjung pada hari raya, pastikan Anda tiba di masjid pada pagi hari untuk menghindari antrean panjang.
6. Banyak masjid juga memeriksa paspor Anda, jadi jangan lupa untuk membawanya.
7. Mintalah izin dari otoritas masjid sebelum Anda mengklik foto-foto tempat suci.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya