Instagramable Banget! Ini 12 Tempat Wisata di Tegal

Obyek Wisata Guci Tegal.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tempat wisata di Tegal tak kalah menarik dengan wisata daerah lainnya di Pulau Jawa. Seperti diketahui, Tegal dikenal sebagai kota bahari. Sehingga daerah ini kaya dengan wisata alam seperti pantai dan curug. Keindahannya menyejukkan mata dan tentunya punya spot yang Instagramable. Penasaran apa saja? Ini dia:

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

1. Bukit Goa Lawa atau Bukit Batu Agung

Ini dia tempat wisata baru di Tegal yang lagi ngehits banget dikalangan anak muda, namanya Bukit Goa Lawa atau dikenal juga dengan sebutan Bukit Batu Agung. Objek wisata ini terletak di 3 desa yaitu Desa Batu Agung, Desa Harjawinangun, dan Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Konon kabarnya, disebut Bukit Goa Lawa karena banyak terdapat lawa (baca : kelelawar) yang hidup di goa-goa yang berada di bukit ini. Apa seh keunikan bukit yang terkenal banget di instagram ini?

Di bukit ini terdapat tumpukan batuan besar yang menjulang tinggi ke atas. Di puncak batu inilah lokasi favorit para anak muda untuk selfie dan narsis ala kekinian. Dari atas puncak batuan ini, Anda bisa melihat pemandangan indah nan eksotis sejauh mata memandang.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Bukit Goa Lawa ini sekarang lebih dikenal dengan nama Batu Agung, mungkin karena adanya tumpukan batu besar yang instagramable dan terletak di desa Batu Agung. Untuk memasuki kawasan ini, Anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp.5.000,- per orang.

2. Danau Beko Margasari

Selain Bukit Batu Agung, ada satu lagi tempat wisata alam di Tegal terbaru yang lagi naik daun akhir-akhir ini, yaitu Danau Beko yang terletak di Dusun Karangdawa Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

Danau ini sebenarnya bukan tempat yang sengaja dikelola sebagai objek wisata, namun karena keindahannya maka tak sedikit warga, terutama anak muda yang mengunjunginya. Danau Beko merupakan cekungan bekas penambangan batu kapur oleh warga.

Cekungan tersebut kemudian terisi oleh air hujan, lama-kelamaan penuh, dan terbentuklah sebuah danau yang indah. Tidak hanya satu, akan tetapi ada sekitar 5 cekungan. Kalau tak keliru, terbentuknya danau ini mirip dengan salah satu tempat wisata baru di Gunung Kidul Jogja yang bernama Telaga Biru Semin.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjunginya, sebaiknya datang saat pagi atau sore hari ketika cuaca tidak begitu panas. Hal ini karena disini belum ada tempat berteduh sama sekali. Untuk harga tiket masuk sepertinya masih gratis.

3. Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung saat ini tengah trend dikalangan para traveler muda, terutama anak-anak IG. Banyak sekali postingan di medsos dengan latar jembatan Gantung, seperti Jembatan Gantung Selopamioro dan Siluk yang menjadi ikonnya tempat wisata baru di Bantul Yogyakarta.

Nah, ternyata di Kabupaten Tegal juga ada lho jembatan gantung yang keren, tak kalah deh bila dibandingkan dengan 2 jembatan gantung tersebut, Namanya Jembatan Gantung Danawarih yang terletak di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

Jembatan Gantung Danawarih terpasang di atas bendungan Kali Gung yang berfungsi sebagai sarana irigasi. Jembatan ini merupakan jalan penghubung antara desa Danawarih dengan desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang.

Jembatan yang dibangun pada tahun 1992 ini memiliki panjang sekitar 273 meter dan lebar 1 meter. Dari atas jembatan ini Anda bisa menikmati pemandangan di sekitar bendungan dan tentu saja berfoto adalah aktifitas wajib disini.

4. Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung

Wisata Kesehatan Jamu di Kalibakung adalah tempat wisata baru di Tegal yang akan menambah pengetahuan mengenai jenis jamu, sekaligus disuguhi pemandangan cantik lengkap dengan sawah dan sungai kecil yang menenangkan.

Di sini, ada aneka tanaman yang bisa dijadikan jamu, ada juga etalase macam jenis jamu, klinik jamu, serta dokter dan apoteker khusus. Selain bisa mengetahui banyak hal tentang jamu, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Aliran sungai di sisi bukit dengan sawah melengkapi liburan pulang kampung kali ini.

5. Gerbang Mas Bahari Waterpark

Tegal terkenal sebagai kota Bahari, tak heran jika ada banyak tempat wisata air disini. Salah satunya adalah Gerbang Mas Bahari Waterpark yang berlokasi di dekat Terminal Kota Tegal. Waterpark atau Waterboom ini dibangun di areal seluas kurang lebih 5 hektar.

Bahari Water Park ini adalah salah satu dari 4 water park di Indonesia yang mempunyai Kolam Ombak setelah Jakarta, Solo dan Surabaya. Dengan biaya Rp. 15.000 (Senin – Jumat) atau Rp. 25.000 (Sabtu – Minggu & hari libur) Anda bisa mencoba beberapa wahana seperti Kiddy Pool, Olimpic, Kolam Arus, Lapangan Futsal, Raft Slide, Racer Slide, dan masih banyak lagi.

Bagi yang bernyali besar, silahkan coba Kolam Arus. Tinggi ombaknya bisa mencapai 2 meter! Tiket masuk belum termasuk tiket sewa pelampung ya. Di sini tersedia pelampung yang cukup banyak yang bisa disewakan kepada pengunjung. Tarifnya pun beragam, tergantung jenis pelampung yang kita sewa.

Tidak membawa bekal? Jangan takut kelaparan ya. Karena di areal Bahari Waterpark ini tersedia banyak penjual makanan baik yang ringan maupun yang berat. Di areal parkir juga tersedia warung makan dengan menu beragam yang siap untuk mengganjal perut Anda.

Untuk menuju ke Bahari Water Park, apabila dari arah Brebes, Bahari Water Park berlokasi di kiri jalan Pantura setelah Terminal Bis Kota Tegal. Namun apabila dari arah Pemalang, dari perempatan Maya, masih ke barat, hingga Pasific Mall, Hotel Baharai Inn, masih terus hingga kurang lebih 200 meter.

Lokasinya di kanan jalan, namun hati-hati, saat berbelok, karena tidak ada lampu lalu lintasnya. Apabila bingung, di tengah jalan juga ada papan penunjuk lokasi. Untuk kenang-kenangan, Anda bisa berfoto selfie di bangunan kapal dan ikan paus.

6. Curug Pitu Margasari

Wisata Curug Margasari berjarak sekitar 4,5 KM-an ke tenggara dari Pasar Margasari atau sekitar 2 jam perjalanan jika berjalan kaki. Perjalanan diawali dari Perempatan Pasar Margasari. Untuk menuju pasar Margasari, Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti bis elf Tegal – Bumiayu atau bis AKDP Tegal – Purwokerto dengan tarif yang relatif terjangkau.

Turun di Perempatan Pasar Margasari lalu berjalan ke arah selatan hingga ketemu SMP 1 Margasari ke timur hingga ketemu dengan Polsek Margasari. Jika menggunakan sepeda motor, disarankan dititipkan ke Polsek tersebut dan sekalian lapor mengenai rencana ke Curug Pitu.

Mengingat perjalanan cukup jauh, pastikan persiapan bekal dan tenaga yang cukup. Karena tidak ada kendaran umum yang menuju lokasi. Namun jika Anda beruntung, bisa menumpang mobil warga yang kebetulan melintas.

Tantangan pertama adalah melewati sungai yang lumayan lebar. Karena belum adanya jembatan penyeberangan, pastikan tidak memaksakan menyeberang sungai ketika arus sedang deras. Setelah melalui sungai pertama, Anda akan disuguhi pemandangan yang tidak kalah indah, yaitu deretan hutan jati yang ada disekeliling jalan.

Setelah hutan jati, Anda akan meyeberang dan menyusuri sungai kembali dan bertemu dengan hutan jati kembali. Terus berjalan hingga bertemu dengan tempat periistirahatan yang berupa dam atau bendungan. Dari sini perjalanan akan mulai menanjak namun tidak terlalu curam. Namun yang perlu diperhatikan adalah daerah tersebut rawan longsor, jadi tetap waspada ya sobat traveler!

Jarak antara air terjun satu dengan terjun lainnya lumayan jauh. Jadi musti tetap bersabar dan hati-hati ya. Jika ingin menuju ke Curug atau Terjun ini, pastikan untuk mengajak serta pemandu atau teman yang sudah pernah menuju ke Curug Pitu ini.

Oya, jangan lupa bawa kamera ya, karena beberepa spot disini sangat instagramable bila diabadikan lewat lensa. Pantas saja jika Curug Pitu ini masuk dalam daftar tempat wisata di Tegal yang bagus untuk foto. Satu lagi, tetap jaga kebersihan dan jangan corat-coret sembarangan.

7. Pemandian Air Panas Guci

Lokasinya yang berada di ketinggian membuat destinasi ini memiliki udara yang sejuk, bahkan cenderung dingin. Namun, ada pemandian air panas Guci yang siap untuk menghangatkan tubuh Anda.

Terdapat fasilitas penginapan dan kolam air hangat yang bisa kita pilih dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan selera Anda. Wisatawan yang badannya pegal-pegal akan bisa langsung rileks dan hilang capeknya begitu berendam di kolam berair hangat ini.

Pemandian Air Panas Guci atau ada yang menyebutnya Guci Indah adalah obyek wisata yang berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Terletak di kaki Gunung Slamet, tentu saja udara di Guci begitu sejuk dan segar.

Kalau Anda ingin menyegarkan diri ke tempat ini, tinggal menempuh 40 km ke arah selatan kota Tegal saja. Tempat wisata Guci Tegal tak pernah sepi dari serbuan pengunjung sebab air panas yang mengalir dipercaya mampu memyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, koreng, dan penyakit kulit lainnya.

Selain menyuguhkan pemandian air panas, objek wisata Guci juga menawarkan panorama indah nan mendamaikan. Hijaunya hutan sejauh mata memandang dan sejuknya udara disini nampaknya membuat Guci sebagai salah satu tempat wisata yang romantis di Tegal.

8. Pantai Alam Indah Tegal (PAI)

Tegal terletak di jalur Pantai Utara Pulau Jawa, tidak mengherankan apabila Tegal mempunyai sejumlah wisata pantai yang menarik dikunjungi. Pantai Alam Indah, misalnya. Pantai yang terletak tidak jauh dari kota Tegal ini, akan menyapa Anda dengan hamparan pasir dan ombak yang cukup besar.

Meski begitu, pengunjung dapat berenang selama mematuhi peraturan. Ingin menikmati pemandangan pantai lebih seru? Sewa saja perahu beramai-ramai dengan pengunjung lain. Pantai Alam Indah termasuk salah satu tempat wisata di Tegal yang bagus dan murah. Harga tiket masuk PAI sekitar Rp.1000,- dan hari libur Rp.1.500,-. Murah meriah banget bukan?

Pemerintah pun sudah cukup peka dengan minat wisatawan yang berkunjung ke Pantai Alam Indah. Sejumlah fasilitas pendukung seperti waterboom, kereta kuda, sepeda, dan permainan anak telah tersedia. Lapar? Banyak sekali warung-warung di Pantai Alam Indah menyediakan makanan khas Tegal.

Satu lagi yang tidak boleh terlupa. Matahari tenggelam (sunset) di pantai ini sangat memukau, lho! Selain itu, di kompleks pantai ini ada juga Monumen dan Museum Bahari. Bangunan fisik monumen ini menyerupai kapal perang dan terdiri atas berbagai ALUTSISTA (alat utama sistem persenjataan) yang sudah tidak terpakai.

Misalnya tank tempur PT 76, kendaraan tempur Pintam BRDM, pesawat udara Nomad N-22, meriam darat, bouyance, lampu navigasi, jangkar dan rantai, ranjau tanduk, serta torpedo MK 44. Oleh karenanya, berfoto selfie di monumen dan museum ini akan membuat liburan Anda semakin lengkap.

9. Curug Putri Tegal

Curug Putri adalah salah satu tempat wisata indah di Tegal yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar lebih kurang 25 meter.

Selain air terjunnya yang bagus, pemandangan alam disekeliling lokasi air terjun juga sangat eksotis sehingga dijamin akan memanjakan mata para pengunjung.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda cukup berjalan kaki melewati beberapa jalan setapak yang dikelilingi oleh pepohonan yang hijau. Ada dua rute untuk mencapai lokasi ini, yaitu melalui Desa Benda (Sirampog, Brebes) dan SPBU Sakalibel (Brebes).

Jika menggunakan jalur Desa Benda, kita bisa naik kendaraan dari Pertigaan Kalisalak Desa Benda (Jl. Raya Tegal – Purwokerto) hingga di Desa Mendala dan dilanjutkan hingga bertemu Dukuh Padanama. Kendaraan tidak bisa melalui jalan ini, karena jalan yang belum teraspal. Kita bisa tracking menyusuri pematang sawah dan jalan setapak sekitar 500 meter.

Anda juga nantinya akan melewati tebing yang cukup terjal. Apabila menggunakan jalur kedu, dari arah Purwokerto – Tegal, turun di Pertigaan Kaligadung atau di SPBU Sakalibel. Setengah jam perjalanan, sampailah di Perempatan Sirampog lalu ambil jalan ke utara hingga bertemu dengan Dukuh Padanama.

10. Agro Wisata Loco Antik

Jika sobat traveler dan keluarga ingin merasakan sensasi berkeliling kebun tebu dengan lokomotif tempo dulu, maka wajib mengunjungi Agro Wisata Loko antik yang dikelola oleh PG.Pangkah di Kabupaten Tegal. Disini Anda disuguhkan pemandangan kebun tebu miliki penjajah Belanda dan kini otomatis menjadi perusahaan Indonesia.

11. Pantai Muara Reja

Satu lagi pantai indah di Tegal yang wajib Anda kunjungi yaitu Pantai Muarareja. Pantai ini menyajikan lebatnya pohon bakau yang tumbuh di pinggir pantai. Selain dikunjungi wisatawan, banyak pemancing yang turut menghabiskan waktunya di tempat ini.

Pohon-pohon cemara yang mengelilingi pantai pun mampu membuat para pengunjung dan pemancing begitu betah. Debur ombak dan ramainya kicauan burung menyegarkan setiap kepenatanmu ketika melancong ke Pantai Muarareja.

Minuman kelapa muda dan ikan bakar bukanlah menu yang sulit dicari di sini, karena sejumlah pedagang siap melayani permintaan Anda. Tak cuma bermain pasir, berenang pun perlu Anda coba di Pantai Muarareja.

12. Curug Cantel

Air terjun indah di Tegal ini berlokasi di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal. Untuk menuju Curug Cantel memerlukan tracking yang cukup panjang dengan menyusuri sungai bebatuan yang cukup besar. Anda diharuskan tracking sejauh kurang lebih 400 meter dari jalan raya dengan melawan arus sungai.

Medan tracking di tempat ini cukup unik, karena Anda akan berjalan di antara dua sisi bukit yang dipisahkan oleh sebuah sungai kecil. Anda harus mewaspadai kondisi beberapa batu yang licin.

Curug Cantel memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Jadi bisa dibayangkan betapa tingginya air terjun ini. Percikan air terjun akan langsung terasa membasahi wajah begitu sampai di lokasi ini. Tidak disarankan untuk mandi di bawah air terjun karena air yang turun begitu kuat.

Sisi-sisi bukit ditumbuhi banyak lumut dan tumbuhan merambat. Pada bagian atas, terdapat pohon besar yang posisinya berada dipinggir tebing, unik. Di depan air terjun, terdapat sebuah gundukan batu yang cukup tinggi. Di sinilah lokasi yang tepat untuk berfoto ria.

Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024