7 Tempat Wisata di Lumajang, Sajikan Pemandangan yang Ciamik

Ranu Kumbolo .
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tempat wisata di Lumajang sebagian besar adalah objek wisata yang menawarkan keindahan alam. Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur ini berbatasan langsung dengan daerah yang mempunyai alam pegunungan seperti Jember di sebelah timur, Malang di sebelah barat, dan Probolinggo yang terletak di sebelah utara. Satu hal yang tidak kalah penting dari daerah yang ada di Jawa Timur ini adalah wisatanya sangat menawan.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Lumajang juga memiliki tiga gunung berapi aktif yang sudah dikenal oleh kalangan pendaki, yaitu Bromo, Lemongan, dan Semeru. Karena itu, alam Kabupaten Lumajang ini sangat indah dan menyimpan berbagai potensi wisata yang mampu menarik perhatian para wisatawan. Apalagi disokong dengan banyak air terjun indah yang dapat menjadi objek wisata potensial. Bukan hanya itu, di sini juga kamu bisa menjumpai ranu atau danau yang ciamik sehingga tidak boleh dilewatkan. 

Tempat wisata di Lumajang yang terkenal selama ini mungkin adalah pemandian alam Selokambang, Ranu Kumbolo, Puncak B-29, dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya, bukan hanya itu saja yang menjadi daya tarik utama tempat wisata di sana. Karena masih banyak pilihan destinasi wisata yang bisa ditemukan dan bahkan kamu akan melihat tempat wisata berbeda. Penasaran? Mari kita simak ulasan tentang tempat wisata di Lumajang yang disadur dari berbagai sumber. 

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Pengamatan: Durasi 118 Detik

1. Pemandian Selokambang

Pemandian Selokambang

Photo :
  • Tangkapan Layar
Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Tempat wisata di Lumajang yang pertama adalah pemandian Selokambang dengan nuansa alam yang terletak di dekat jantung kota Lumajang. Jarak yang ditempuh untuk mencapai kolam ini hanya 5 kilometer dari pusat kota. Pemandian ini biasanya akan menjadi tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan. Selain bisa menikmati kesejukan air, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang asri dan indah. 

Mulai dari anak-anak sampai dewasa dapat liburan ke tempat ini lantaran sudah dilengkapi dengan kolam khusus anak-anak sampai orang dewasa yang membuat liburan semakin menyenangkan. Selain kolam, di tempat ini juga ada wahana flying fox dan bisa juga menikmati sensasi menaiki perahu mengelilingi danau buatan yang ada di tempat ini. Bagaimana? Sayang sekali bukan, bila kamu sampai melewatkan tempat ini. 

2. Ranu Bedali

Ranu Bedali

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kota ini memang cukup terkenal dengan destinasi wisata alam yang begitu memikat hati. Tempat wisata di Lumajang berikutnya yang bisa dikunjungi adalah Ranu Bedali. Ranu Bedali adalah salah satu danau yang mempunyai luas mencapai 25 hektar dengan kedalaman air yang mencapai sekitar 28 meter. Pemandangan alam yang ada di sekitar objek wisata ini masih asri dan menyejukkan mata. 

Maka dari itu, tak heran bila banyak pengunjung yang secara sengaja datang ke sini untuk menghilangkan penat setelah menjalani aktivitas sehari-hari. Pemandangan hijau dari pepohonan yang ada di sekitar dan juga air terjun  yang berwarna hijau natural sangat menenangkan pikiran siapa pun yang melihatnya. Objek wisata ini terletak di Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso. 

3. Candi Mandara Giri 

Pura Mandara Giri Di Lumajang

Photo :
  • U-Report

Bila kamu adalah seseorang yang menyukai objek wisata sejarah, Candi Mandara Giri tak boleh terlewatkan untuk didatangi. Tempat wisata di Lumajang ini terletak di Kecamatan Sindoro, sekira 25 kilometer dari pusat kota Lumajang bagian barat. Bukan hanya menawarkan keindahan candi, objek wisata yang satu ini juga menjadi salah satu tempat edukasi untuk para pelajar. 

Candi ini sudah berdiri sejak tahun 1991 silam dan mempunyai pemandangan alam yang sangat estetik. Di belakang bangunan puranya, kamu akan menemukan pemandangan Gunung Semeru yang ciamik. Uniknya, candi ini mengadopsi gaya arsitektur pura di Bali, yaitu Majapahit. Maka dari itu, para pengunjung tidak boleh melewatkan salah satu wisata sejarah ini. 

4. Puncak B29

Puncak B29, Kabupaten Lumajang.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Lumajang berikutnya adalah Puncak B29 yang mungkin sudah tidak asing lagi. Objek wisata yang satu ini akan menyuguhkan pemandangan puncak seperti negeri di atas awan. Terletak di Desa Agrosari, Kecamatan Senduro akses jalan untuk mencapai puncak ini cukup terjal dan menantang. Kemiringannya bisa mencapai 10 sampai 40 derajat dan ada beberapa tikungan yang harus dilewati. 

Destinasi wisata yang satu ini begitu populer dengan pemandangan andalannya yaitu sunrise. Hal ini wajar saja bila banyak pengunjung yang datang di pagi buta. Untuk bisa mencapai puncak, kamu harus mendaki sekitar 100 meter di tempat parkiran. Sementara untuk dapat menikmati pesona sunrise di sini, maka dianjurkan untuk mengatur waktu yang tepat supaya bisa mencapai puncaknya. 

5. Pantai Bambang Lumajang

Pantai Bambang Lumajang

Photo :
  • Tangkapan Layar

Nama pantai ini memang cukup berbeda dengan tempat lain karena biasanya Bambang adalah nama orang. Pantai Bambang ini menjadi salah satu tujuan wisata di Lumajang yang menarik untuk dikunjungi. Memang warna pasir di pantai tidak berwarna putih, tapi justru pasir hitam ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Selain itu, pantai ini juga mempunyai gulungan ombak yang cukup besar sehingga harus berhati-hati. 

Pasir pantai Bambang ini adalah aliran Gunung Bromo yang mengikuti aliran lava atau aliran sungai. Pantai Bambang ini menawarkan ombak berlapis yang dapat mencapai ketinggian 3 meter. Tempat wisata di Lumajang ini terletak di Desa Bago, tepatnya di kecamatan Pasirian. Sementara untuk jarak antara Pantai Bambang dan kota Lumajang yang harus ditempuh sekitar 24 kilometer. 

6. Ranu Kumbolo

ranu kumbolo

Photo :

Nah, tempat wisata di Lumajang ini tampaknya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, terutama para pendaki. Untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di area danau dan mendirikan tenda, maka kamu perlu mendaki gunung Semeru terlebih dahulu. Danau yang sangat memukau ini berada di lereng Gunung Semeru. 

Danau ini juga masuk ke dalam salah satu tempat mengambil air terakhir sebelum melanjutkan pendakian ke puncak Semeru. Apalagi, kamu tidak akan menemukan kembali sumber mata air lain sampai di puncak Semeru selain danau ini. Pemandangan alam yang ada di sekitar danau benar-benar menakjubkan, sehingga tidak heran bila banyak wisatawan yang datang ke sini untuk menghabiskan waktu liburan dan mendirikan tenda di danau. 

7. Pantai Watu Pecak

Pantai Watu Pecak

Photo :
  • Tangkapan Layar

Untuk kamu para pecinta alam, harus mendatangi Pantai Watu Pecak saat tengah berkunjung ke Lumajang. Mendengarkan deburan ombak laut merupakan salah satu cara yang sangat menyenangkan untuk mengisi liburan bersama dengan teman maupun keluarga. Lokasi dari tempat wisata di Lumajang ini terletak sekitar 18 kilometer ke arah selatan kota Lumajang, tepatnya berada di Desa Selok Awar-Awar. 

Walaupun demikian, ombak di pantai ini cukup besar dan berbahaya untuk seseorang yang tidak pandai berenang. Terlebih untuk kamu yang tengah mencari tempat untuk berselancar, mungkin Pantai Watu Pecak adalah salah satu pilihan yang tepat. Tapi walaupun demikian, menikmati pemandangan alam di sini tidak akan pernah mengecewakan. Kamu juga bisa menikmati senja yang sangat ciamik. 

Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Lumajang.

Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Abu Setinggi 1,5 Km

Gunung Semeru di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, kembali erupsi dengan letusan abu vulkanik setinggi 1,5 kilometer di atas puncak pada, Sabtu, 20 April.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024