Tempat Wisata di Turki, Tujuan Para Traveler dari Penjuru Dunia

Cappadocia, Turki
Sumber :
  • Pixabay/Trudi90

VIVA –  Tempat wisata di Turki memang tidak akan pernah ada habisnya jika dijelaskan satu per satu. Hal tersebut lantaran, negara ini menawarkan begitu banyak tempat wisata yang menarik dan mampu menghipnotis mata pengunjungnya.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi di Waktu Liburan

Siapa yang tidak kenal dengan Turki? Negara yang selalu menjadi salah satu tujuan destinasti wisata para traveler dari segala penjuru dunia.  Selain memiliki segudang tempat bersejarah yang menyimpan banyak cerita, Turki juga menyimpan keindahan alam yang menjadi daya tarik tersendiri.

Terdapat begitu banyak bangunan-bangunan di Turki yang memiliki daya tarik tersendiri, lantaran memiliki keunikan dari perpaduan antara Eropa dan Asia.

Taman Mini Indonesia Indah: Jendela Menuju Keberagaman Budaya dan Pesona Alam Indonesia

Tidak sedikit tempat indah yang ada di Turki, juga menyimpan sejarah tentang Islam.  Beberapa faktor itulah, yang menjadikan Turki sebagai negara yang banyak dituju wisatawan, mulai dari yang ingin bulan madu, liburan untuk mempersiapkan foto prewedding, sekadar menghabiskan wakut bersama keluarga.

Bagi Anda yang ingin berencana ingin menghabiskan waktu di negara tersebut, maka berikut ini akan kami bagikan sederet rekomendasi tempat wisata di Turki yang wajib Anda sambangi jika sedang berada di sana.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia


1. Cappadocia

Cappadocia

Photo :
  • U-Report

Cappadocia adalah situs bersejarah lain  di Turki tengah. Ini ditandai dengan tebing yang unik, dibentuk oleh angin dan air selama jutaan tahun yang mengubah daratan.

Cappadocia terkenal dengan formasi batuan yang menjulang tinggi, dijuluki "cerobong peri" karena bentuknya yang ajaib dan sejarahnya yang unik.

Gereja-gereja batu-potong adalah beberapa yang paling terpelihara dengan baik di dunia dengan berbagai ukuran, dari gereja-gereja kecil yang tersembunyi di dalam gua-gua hingga struktur multi-gua yang menakjubkan.

Situs spesifik yang harus Anda kunjungi termasuk wilayah bawah tanah Kaymakli dan Derinkuyu yang berasal dari tahun 2000 SM, serta kota Goreme, Uchisar, dan Avanos di jantung Cappadocia.

Anda dapat menemukan tujuan ini dengan berjalan kaki, tetapi sebagian besar pengunjung juga lebih suka melihat pemandangan menakjubkan ini dari balon udara.

2. Pamukkale

Pamukalle

Photo :

Pamukkale adalah salah satu keajaiban alam paling menakjubkan di dunia. Terletak di atas travertine, ini adalah pusat spa yang pertama kali diselesaikan oleh orang Yunani dan kemudian diambil alih oleh orang Romawi. Pusat kesehatan kuno memiliki air panas kaya mineral yang mengalir ke teras travertine putih. Hasilnya adalah negeri ajaib empat musim yang menakjubkan.

Sampai hari ini, air panas terkenal karena manfaat penyembuhannya. Anda dapat berendam di Kolam Antik (juga disebut Kolam Cleopatra) dan sumber air panas lainnya yang terdaftar di antara tempat-tempat wisata utama. Pengunjung juga dapat melihat reruntuhan Romawi di seluruh kota. Beberapa dari reruntuhan ini termasuk teater yang terpelihara dengan baik dan Necropolis of Hierapolis  (yang juga berbatasan dengan Denizli).

3. Hagia Sophia

Masjid Hagia Sophia Turki

Photo :
  • istanbulvision

Terkenal sebagai salah satu bangunan terindah di dunia, kemegahan Bizantium yang memukau dari Masjid Hagia Sophia (Aya Sofya) tidak hanya salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Istanbul, tetapi juga di Turki.

Dibangun oleh Kaisar Bizantium Justinian pada tahun 537 M, gereja ini terkenal sebagai pencapaian arsitektur terbesar Kekaisaran Bizantium dan tetap menjadi gereja terbesar di dunia selama 1.000 tahun.

Sebagian besar eksteriornya yang menakjubkan dikelilingi oleh menara-menara halus yang ditambahkan setelah penaklukan Ottoman, sedangkan interior lukisan dinding yang mewah dan luas adalah pengingat besar akan kekuatan dan kekuasaan Konstantinopel lama. Monumen terkenal ini wajib dikunjungi oleh setiap turis yang berkunjung ke negara ini.

4. Blue Mosque

Blue Mosque menjadi salah satu masjid termegah yang ada di Turki, lantaran memiliki keindahan dan keunikan yang menakjubkan. Rasanya belum lengkap jika Anda ke Turki belum mengunjuni tempat wisata satu ini. Blue Mosque atau Masjid Biru ini dibangun oleh Sultan Ahmed 1 dari masa dinasti Ottoman abad-14.

Dinamakan Blue Mosque, hal tersebut lantaran adanya keramik-keramik yang menutupi dinding serta kubah masjid. Di mana keramik-keramik tersebut sengaja mengambil warna biru. 

Masjid ini memilik 6i banyak buah menara. Konon katanya Sultah Ahmed 1 sempat mendapatkan kritikan di Mekkah, lantaran jumlah menara pada masjid tersebut sama dengan Masjidil Haram di Mekkah.

5. Pergamon

Pergamon adalah kota Yunani-Romawi yang terletak di Bergama modern. Kota ini pernah menjadi kerajaan yang kaya dan berkuasa pada abad ke-3 SM. Saat ini, Pergamon adalah kota pesisir yang tenang, meskipun masih menyimpan sejarah yang luar biasa.

Pergamon terletak 16 mil dari Laut Aegea di sebuah bukit terpencil. Itu mencapai puncaknya pada abad ke-5 SM ketika menjadi residensi dinasti Attalid. Reruntuhan yang paling dikenal adalah kota metropolis seperti Acropolis. Dulunya merupakan perpustakaan ikonik, tetapi hanya reruntuhannya yang tersisa. Anda juga dapat menemukan reruntuhan gimnasium, pasar, dan kuil Demeter dan Hera.

6. Efesus

Jangan sampai terlewatkan, reruntuhan Efesus yang perkasa adalah kota dengan monumen kolosal dan jalan berlapis marmer. Salah satu kota kuno terkenal yang paling lengkap dan masih berdiri di wilayah Mediterania, ini adalah tempat untuk mengalami seperti apa kehidupan selama zaman keemasan Kekaisaran Romawi.

Sejarah kota ini berasal dari abad ke-10 SM, tetapi monumen-monumen utama yang Anda lihat hari ini semuanya berasal dari era Romawi ketika kota itu merupakan pusat komersial yang berkembang pesat.

Secara khusus, Perpustakaan Celsus, kompleks rumah bertingkat dengan lukisan dinding, dan Teater Besar semuanya menunjukkan kekayaan dan pentingnya Efesus selama periode Romawi.

Perjalanan tamasya di sini akan memakan waktu setidaknya setengah hari untuk mencakup sorotan utama dan lebih lama, jika Anda benar-benar ingin menjelajah, jadi pastikan Anda merencanakan kunjungan Anda sehingga Anda tidak merasa terburu-buru.

7. Istana Topkapi

Istana Tapoki

Photo :

Mewah di luar dugaan, Istana Topkap Istanbul membawa Anda ke dunia para sultan yang fantastik dan mewah. Dari sinilah, selama abad ke-15 dan ke-16, para sultan era Ottoman mengukir sebuah kerajaan yang akan meluas ke Eropa dan turun melalui Timur Tengah dan ke Afrika.

Interiornya, dengan ubin yang sangat meriah dan dekorasi permata yang mewah, merupakan pemandangan yang tak terlupakan ke dalam basis kekuatan Ottoman.

Secara khusus, jangan lewatkan gedung Dewan Kekaisaran, di mana bisnis kekaisaran dilakukan oleh Wazir Agung; koleksi senjata yang dipajang di Perbendaharaan Kekaisaran; koleksi lukisan miniatur kelas dunia; dan kamar Harem yang mempesona, yang dirancang oleh arsitek Ottoman terkenal Sinan.

Taman umum di sekitarnya dulunya adalah satu-satunya domain Royal Court, tetapi sekarang terbuka untuk umum dan memberikan ketenangan, kehijauan, dari jalan-jalan kota.

8. Anatlya

Anatlya Turki

Photo :

Pusat Mediterania yang ramai ini memiliki sesuatu untuk semua orang. Dua pantai utama di luar kota adalah surga kubangan matahari di musim panas dan menarik wisatawan dari seluruh Eropa. Sementara kawasan kota tua, yang terletak tepat di pusat kota, dengan gang-gang berbatu yang dikelilingi oleh rumah-rumah mewah era Ottoman, adalah tempat yang indah untuk dijelajahi.

Museum Antalya terkenal sebagai salah satu yang terbaik di negara ini, dengan koleksi patung marmer Helenistik dan Romawi yang menakjubkan, dan ada banyak atraksi di luar kota bagi para pelancong yang ingin menggunakan Antalya sebagai basis.

Secara khusus, Antalya adalah basis yang mudah untuk perjalanan sehari ke beberapa reruntuhan Yunani-Romawi paling terkenal di Turki, termasuk Aspendos dan Perge, yang berada tepat di luar kota, dan kota Side, dengan banyak reruntuhannya.

Dua polwan bersepeda di objek wisata Benteng Vredeburg, Yogyakarta

Benteng Vredeburg Yogyakarta Direvitalisasi, Bakal Ada Wisata Malam

Revitalisasi Benteng Vredeburg diharapkan akan selesai pada Juni 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024