8 Tempat Wisata di Purbalingga yang Sangat Ciamik, Dijamin Gak Bosan

Gunung Slamet.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa tempat wisata di Purbalingga yang tengah populer dan kekinian. Salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah ini terkenal dengan industri kreatifnya di bidang otomotif yang sudah berhasil menembus pasar internasional. Secara keseluruhan, kabupaten ini mempunyai luas wilayah yang mencapai 777 kilometer persegi dan terbagi ke dalam 18 kecamatan serta 239 kelurahan. Ibu kota Kabupaten Purbalingga adalah Kota Purbalingga. 

Mau Rasakan Hidup di Desa Menggembala Kambing Hingga Ambil Air Nira? Di Sini Tempatnya

Berada di tengah-tengah pulau Jawa, sehingga tak heran bila kota yang satu ini tidak mempunyai garis pantai sama sekali. Sebelah utara, Purbalingga berbatasan dengan Pemalang. Kemudian di sebelah timur dan berbatasan dengan Banjarnegara. Lalu, di bagian barat dan selatan berbatasan langsung dengan Banyumas. Layaknya beberapa kabupaten yang ada di Jawa Tengah, Purbalingga juga mempunyai tempat wisata yang menarik. 

Mulai dari wisata buatan yang berbentuk permainan, wisata alam yang memukau, hingga wisata sejarah yang semuanya ada di kota ini. Karena destinasinya yang cukup banyak, sehingga tidak ada salahnya bila kita menjadikan kota ini sebagai salah satu alternatif tujuan wisata di akhir pekan atau libur panjang. Nah, berikut adalah ulasan tempat wisata di Purbalingga yang disadur dari berbagai sumber. 

Alamnya Indah Banget, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Hingga Kulineran di Taiwan

1. Taman Bunga Kutabawa

Kutabawa flower garden.

Photo :
  • U-Report
Cegah Gangguan Ketertiban di Kawasan Wisata, Bali Bentuk Satpol PP Khusus Pariwisata

Tempat wisata di Purbalingga yang pertama adalah Taman Bunga Kutabawa. Destinasi wisata yang satu ini berada di Daerah Pejagan, Kutabawa, Karangreja, Purbalingga. Taman yang satu ini menawarkan daya tarik utama yang berbentuk area taman bunga yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga tampak bagus dan eksotis. Selain itu, pengelola taman juga sudah menyediakan berbagai tempat foto yang kekinian dan instagramable. 

Meskipun tidak terlalu luas, tapi taman bunga yang satu ini sudah dilengkapi dengan taman kelinci. Bila kamu menyukai hewan ini, maka bisa datang hanya untuk sekadar melihat-;lihat dan berfoto sambil memberikan makan kawanan kelinci yang ada di sana. Taman bunga ini dibuka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Sementara untuk tiket masuknya cukup membayar Rp10 ribu per orang. 

2. Goalawa 

Goalawa Purbalingga.

Photo :
  • U-Report

Goalawa Purbalingga adalah satu tempat wisata favorit yang ada di sini dan wajib dikunjungi. Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama yang berupa goa bawah tanah dengan pemandangan yang luar biasa keren serta dilengkapi dengan taman terbuka hijau. Khusus untuk area gia bawah tanahnya ini dapat dibilang sangat ramah untuk wisatawan. 

Sebab, tidak seperti tempat wisata goa yang lain karena belum dilengkapi dengan penerangan dan akses jalan yang layak. Goa ini tentu saja sudah dilengkapi dengan lampu penerangan dan akses jalannya juga sudah sangat bagus. Sementara untuk taman terbuka hujaunya masih dalam tahap pengembangan yang sedang menyediakan spot wisata air. 

Lokasi tempat wisata di Purbalingga ini terletak di Desa Siwarak, Karangreja, Purbalingga, Kabupaten Purbalingga. Goalawa dibuka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Sementara untuk tiket masuknya sangat terjangkau karena hanya cukup membayar Rp10 ribu di hari biasa dan Rp15 ribu di hari libur. 

3. Bukit Mertelu

Bukit Mertelu

Photo :
  • Tangkapan Layar

Bukit Mertelu merupakan salah satu tempat wisata alam terbaik di kota ini. Dari atas bukit ini, kamu dapat menikmati panorama alam sambil menghirup udara segar pegunungan. Dengan mengusung gaya wisata kekinian, di bukit ini ada gardu pandang dan ayunan gantung dengan pemandangan ke arah Purbalingga dari dataran tinggi. 

Selain itu, ada juga bukit jomblo yang berbentuk sarang burung mirip seperti destinasi wisata yang ada di tempat lain. Sementara untuk tiket masuknya sangat murah, sekitar Rp5.000 saja. Sementara bila ingin menyewa ayunan gantung, akan dikenakan biaya sewa sebesar Rp3.000 rupiah. Tapi, untuk mencapai puncak ini, kamu harus berjalan kaki yang cukup menguras tenaga. 

4. Curug Tempuran

Curug Tempuran

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tempat wisata di Purbalingga yang satu ini adalah destinasi air terjun yang masih terjaga dengan apik. Hal ini terlihat dari kondisi lingkungan, airnya yang masih begitu alami, dan menyegarkan. Bahkan, saking alaminya wilayah perairan yang ada di area curug ini, tidak jarang masyarakat setempat yang menjadikan sebagai tempat untuk memancing. 

Curug yang satu ini dapat dikunjungi wisatawan kapan saja selama 24 jam. Walaupun demikian, waktu terbaik untuk datang ke curug ini adalah di pagi hari saat kondisi cuaca di area curug belum terlalu menyengat. 

5. Puncak Gunung Slamet

Gunung Slamet

Photo :
  • U-Report

Objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk para penjelajah. Puncak Gunung Slamet menjadi tujuan utama para penakluk gunung saat ingin melakukan hiking. Gunung yang menjulang tinggi ini sangat menantang semua orang untuk bisa menaklukan puncaknya. Untuk orang yang bisa menaklukan puncak gunung ini adalah bisa menyaksikan keindahan semesta. 

Belum lagi bila kamu mengambil waktu khusus yang secara sengaja menyaksikan waktu sunrise dari puncaknya, pokoknya panorama alam di sini sangat istimewa. Namun, medan jalan yang dilalui cukup sulit lantaran minimnya sumber air. Diperlukan persiapan secara matang untuk trekking, tapi tentu saja kamu akan mendapatkan kesan yang luar biasa. 

6. Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta .

Photo :
  • U-Report

Tampaknya semua orang suka bermain air, apalagi airnya jernih dan sangat menyegarkan mata. Paket keseruan ini bisa kamu peroleh dengan mendatangi Situ Tirta Marta. Keseruan bermain air dengan underwater photography dan spot kekinian akan menjadikan kamu ingin kembali datang ke tempat wisata yang satu ini. 

Pemandian yang ada di sini adalah pemandian alami yang berada di daerah pedesaan. Pemandian tersebut mengandalkan aliran air yang berasal dari mata air alami. Karena itu, jangan heran bila air di pemandian ini benar-benar jernih. Di sini, kamu dapat berenang, mandi, dan berendam sepuasnya. Bila mau, kamu juga dapat mengambil foto underwater karena kondisi airnya yang sangat jernih. 

7. Rumah Kampung Kurcaci

Rumah Kampung Kurcaci

Photo :
  • Tangkapan Layar

Bila di New Zealand ada rumah Hobbit yang mungil, maka Purbalingga juga ada Rumah Kurcaci yang cukup populer terutama di kalangan anak muda. Cukup dengan tiket masuk hanya Rp5.000 saja, kamu dapat menikmati keindahan alam dan berselfie ria dengan rumah mini yang unik. Tempat wisata di Purbalingga ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lantaran merasa penasaran dengan bentuk rumah kurcaci tersebut. 

Objek wisata yang satu ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Meskipun demikian, bila kamu datang ke sini, waktu terbaik untuk mendatanginya adalah saat musim liburan. Sebab, di musim liburan jumlah pengunjung cenderung banyak dan untuk menanggulangi hal ini pihak pengelola biasanya akan memperbaiki lokasi wisata. 

8. Purbasari Pancuran Mas

Berwisata ke Purbasari Pancuran Mas.

Photo :
  • http://idahceris.com

Tempat wisata di Purbalingga adalah taman wisata yang sarat dengan nilai edukasi. Membuat taman ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh semua usia. Selain dilengkapi dengan wahana yang tersedia, kamu dan keluarga juga dapat belajar untuk memperluas ilmu pengetahuan. 

Bea Cukai pengembangan industri hasil tembakau di Purbalingga

Bea Cukai Purwokerto Dorong Pengembangan Industri Hasil Tembakau di Purbalingga

Bea Cukai Purwokerto tunjukkan komitmennya dalam mendorong pengembangan industri hasil tembakau di Purbalingga, melalui jalinan kerja sama dengan Dinas Pertanian.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024