Mengenal Tugu Kujang, Ikon Kota Bogor yang Tampak Megah dan Eksotis

Tugu Kujang
Sumber :
  • Google Maps

VIVA – Tugu Kujang merupakan sebuah lambang atau ikon dari Kota Bogor yang mungkin sudah dikenal oleh semua orang. Seperti yang kita ketahui bahwa semua daerah di Indonesia memiliki lambang atau ikon kotanya sendiri yang menjadi ciri khas. Lambang ini umumnya akan terletak di tengah kota dan menjadi kejayaan yang mencirikan sebuah kota beserta sejarah di masa lampau. Sama seperti kota hujan ini yang memiliki Tugu Kujang yang dibumbui dengan moto khas yaitu “Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari Seuja Ayeuna Sampeureun Jaga”. 

Usai Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Moto yang dituliskan pada bagian bawah tugu ini tentu saja mempunyai arti yaitu “Apa Yang Dilakukan Hari Ini Dan Esok Harus Lebih Baik Dari Hari-hari Sebelumnya”. Sebagai ciri khas dari kota Bogor, tugu ini tampak sangat megah dan jaya dengan warna putih yang mendominasi. Diketahui bahwa motto ini berasal dari sebuah prasasti Lingga dan Batutulis di Kerajaan Pajajaran yang pada saat itu dipimpin oleh Sri Baduga Maharaja Ratu Adil. Nah, berikut ulasan selengkapnya tentang Tugu Kujang yang disadur dari berbagai sumber. 

Ornamen Tugu Kujang

Indikator Politik Ungkap Masyarakat Jawa Cenderung Coblos Prabowo-Gibran di Pilpres

Tugu Kujang

Photo :
  • Google Maps

Lokasi berdirinya tugu yang sangat mewah ini berada di pusat Kota Bogor dan mempunyai ukuran yang tinggi yaitu mencapai 25 meter serta terletak di sebuah lahan dengan luas mencapai 26 x 23 meter. Dengan berbalut ornamen kujang yang berdiri di atas puncak, tugu ini mempunyai berat yang mencapai 800 kg dengan tinggi sekitar 7 meter. 

18 Ormas Islam Deklarasi Pemilu Jujur dan Adil di KPU Kota Bogor

Ornamen kujang tersebut terbuat dari bahan stainless steel yang dilapisi dengan perunggu serta kuningan. Menurut perkiraan, pembangunan tugu kujang ini menghabiskan dana yang mencapai Rp80 juta dan menghadap ke arah Istana Kepresidenan Bogor. 

Sejarah Tugu Kujang

Tugu Kujang

Photo :
  • Google Maps

Nama kujang tersebut berasal dari nama sebuah senjata pusaka tradisional dari masyarakat Sunda yang konon katanya mempunyai keistimewaan dan juga mempunyai kekuatan gaib. Pada zaman kerajaan Pajajaran atau sekira abad ke-14, pusaka kujang ini telah dikenal oleh masyarakat Sunda yang mempunyai fungsi sebagai alat pertanian. 

Maka dari itu, pusaka yang satu ini tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat Sunda tersebut terutama di masa pemerintahan Raja Prabu Siliwangi. Mayoritas masyarakat yang berada di daerah Jawa Barat juga mengenal benda ini dengan sebutan Pusaka Prabu Siliwangi. Tapi, ketika ada penjajah asing, senjata ini dipakai untuk melawan dan mengusir para penjajah itu. 

Pada zaman dahulu, masyarakat Indonesia, utamanya etnis Sunda belum mempunyai senjata yang mumpuni untuk melawan para penjajah yang membinasakan masyarakat. Walaupun demikian, hal ini ternyata menjadi bukti bahwa para pejuang kita bisa melawan para penjajah dan merebut kembali kekuasaan atas wilayah mereka meski hanya memakai senjata sederhana tersebut. 

Karena hal itu, kujang dijadikan sebuah simbol pusaka untuk masyarakat suku Sunda. Konon katanya, hingga saat ini senjata tradisional kujang masih bisa ditemui dan dipakai sebagai alat pertanian oleh masyarakat Baduy, Banten dan Pancer Pengawinan di Sukabumi, Jawa Barat. Tertera di dalam pernyataan naskah kuno Sanghyang Siksa Ng Karesian (1518 Masehi). 

Namun, ada juga di dalam tradisi lisan yang sudah berkembang di beberapa daerah. Ada sejumlah versi asal kata kujang tersebut, salah satu versi mengatakan bahwa kata kujang berasal dari bahasa Sunda kuno, yaitu “kudi” dan “hyang”. Kata “kudi” ini sendiri mempunyai arti sebagai senjata yang mempunyai kekuatan gaib, sementara “hyang” adalah Dewa. 

Selain itu, ada pula beberapa yang menghubungan dengan kata “ujang” dalam bahasa Sunda yang artinya adalah manusia. Kemudian memasuki abad ke-9 dan ke-12 hadirlah bentuk baru kujang yang sudah mempunyai keunggulan dan karakternya sendiri. Adanya perkembangan teknologi, budaya, sosial, dan ekonomi di masyarakat Sunda membuat kujang ini mengalami pergeseran bentuk, fungsi, dan makna. 

Alat kujang ini juga mulai berubah jadi senjata yang mempunyai nilai simbolik dan sakral. Senjata tradisional ini juga sangat berarti untuk masyarakat setempat di Jawa Barat dan khususnya untuk daerah Bogor. Guna menghormati sejarah itu, kemudian dibangun Tugu Kujang yang kokoh dan sampai saat ini dikenal sebagai ikon dari Kota Bogor yang mewah. 

Tugu Kujang ini dibangun sejak tanggal 4 Mei 1982 dan sejak dalam masa pemerintahan walikota Achmad Soebana.Jika kamu berlibur ke Kota Bogor, maka sempatkan untuk mengunjungi atau mampir melihat kemegahan dari landmark kota Hujan ini. Dahulu, Tuhu Kujang ini mempunyai latar belakang pemandangan indah Gunung Salak. 

Akan tetapi, saat ini akan cukup sulit untuk menyaksikan pemandangan indah Gunung Salak tersebut lantaran sudah terhalang oleh bangunan-bangunan lain, seperti hotel atau pusat perbelanjaan yang dibangun cukup tinggi sampai menutupi Gunung Salak. 

Lokasi Tugu Kujang

Tugu Kujang

Photo :
  • Google Maps

Sampai saat ini, Tugu Kujang yang menjadi lambang kota Bogor berada di simpang tiga jalan raya Pajajaran, Otista, dan Baranangsiang. Belum lengkap rasanya bila kamu berlibur ke Bogor bila belum mendatangi lokasi yang ada tugu atau ikon bersejarah tersebut. 

Kamu tidak usah khawatir lantaran untuk melihat ikon Kota Bogor ini kamu tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis, kapanpun kamu dapat melihat ikon ini. Apalagi kalau malam hari, lokasinya akan tampak semakin indah lantaran ada lampu-lampu yang menghiasi sekitar lokasi. 

Akses Menuju Tugu Kujang

Tugu Kujang

Photo :
  • Tangkapan Layar

Untuk mendatangi ikon terkenal di Kota Bogor ini, terdapat dua akses yang bisa ditempuh oleh para pengunjung. Pertama bila kamu berasal dari Stasiun Bogor, maka bisa naik angkot berwarna merah dengan No. 03, kemudian kamu turun di Botani Square. Kedua, bila kamu berasal dari terminal Baranangsiang, kamu bisa jalan kaki menuju Tugu Kujang karena jarang tugu dengan terminal sangat dekat. 

Suku Tengger, suku yang mendiami dataran tinggi Broto Tengger Semeru, Jawa Timur

5 Etnis Terbesar di Asia Tenggara, Jawa Menduduki Peringkat Pertama?

Suatu negara biasanya memiliki banyak kelompok etnis, seperti di Indonesia, yang memiliki populasi terbesar di Asia Tenggara, dengan sekitar 300 kelompok etnis.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024