6 Pulau Paling Misterius di Dunia, Simpan Sejarah yang Mengerikan

Pulau Socotra
Sumber :
  • smalan.sch.id

VIVA – Ada beberapa pulau paling misterius di dunia yang mungkin jarang kamu ketahui. Padahal sebagian besar pulau yang ada di dunia biasanya menyajikan pemandangan indah di sekitarnya. Deretan pulau ini mungkin sangat asing dan menjadi sebuah pulau yang enggan dikunjungi oleh para pelancong. Sebab, bila sampai terdampar di pulau ini dan terombang-ambing, pasti kesan horor dan menyeramkan akan menyelimuti benak kamu. 

7 Tempat Paling Terlarang untuk Didatangi Turis di Dunia, Ada Pulau Sentinel dan Area 51

Bahkan, beberapa pulau paling misterius ini tidak berpenghuni sehingga bila kamu penasaran untuk mendatanginya, akan kesulitan untuk pulang. Tidak jarang orang merasakan kejanggalan saat berusaha untuk mendatangi pulau tersebut. Karena bukan hanya sepi, disadur dari listverse, pulau-pulau ini juga mendapatkan julukan sebagai pulau paling misterius yang ada di dunia. 

1. Pulau Socotra, Yaman

5 Pesawat Militer Termahal di Dunia

Pulau Socotra.

Photo :
  • Instagram @socotraisland

Bila ada sebuah penghargaan untuk pulau paling aneh, mungkin pulau Socotra adalah pemenangnya. Sebab, hampir semua yang aneh-aneh dapat ditemukan di sini. Pulau ini menjadi rumah untuk 27 spesies reptil, dan 300 jenis tumbuhan. Anehnya lagi adalah 70 persen tumbuhan yang ada di pulau paling misterius ini tidak dapat ditemukan di tempat lain. 

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Bukan hanya itu saja, tumbuhan yang ada di pulau ini juga memiliki tampilan yang sangat aneh. Misalnya adalah The Dragon Blood Tree yang memiliki getah berwarna merah layaknya darah. Selain itu, ranting dari pohon ini juga tidak tumbuh daun, terkecuali pada bagian ujungnya yang membuat penampilan pohon tersebut lebih mirip seperti jamur raksasa. 

2. Palmyra Atoll

Palmyra Atoll

Photo :
  • Tangkapan Layar

Bila dilihat sekilas, pulau paling misterius di dunia ini tampak seperti pulau impian dengan berbagai pemandangan yang indah, pohon palem berjejer, lautan berwarna biru, dan matahari yang sempurna. Namun, mungkin kamu tidak akan tertarik lagi untuk berlibur ke sini setelah mengetahui masa lalu pulau yang kelam. Konon, ada sekelompok pelaut mendarat di pulau ini. 

Lantaran merasa pulau ini aman, mereka kemudian memutuskan untuk berjalan-jalan menjelajahi pulau. Tapi aneh, beberapa hari kemudian, mayat para pelaut ini ditemukan tersebar di pulau dengan kondisi mengerikan. Seseorang atau sesuatu sudah menghabisi para pelaut malang ini dengan mengenaskan dan hingga detik ini tidak ada yang tahu dalangnya. 

3. Pulau Poveglia, Italia

Pulau Poveglia

Photo :
  • wikipedia.org

Puluhan tahun yang lalu, pulau misterius di dunia ini pernah ditempati oleh manusia. Tapi, kehidupan mereka malah jauh dari kata menyenangkan. Sejak zaman Romawi, Poveglia dipakai sebagai tempat untuk membuang mayat. Saat wabah datang, pulau ini berubah menjadi tempat isolasi untuk orang-orang yang sakit. Tapi sayang, tempat ini tidak mempunyai fasilitas memadai untuk mereka.

Akhirnya tidak sedikit orang yang meninggal dunia dan bahkan dibunuh dengan cara dibakar hidup-hidup. Tak sampai di situ saja, tahun 1972, sebuah rumah sakit didirikan di sini. Namun, bukannya mereka dirawat, tapi malah dijadikan sebagai kelinci percobaan untuk eksperimen mengerikan. Kini, pulau tersebut dibiarkan kosong lantaran tidak ada satu orang pun yang berani datang. 

4. Pulau Paskah, Chili

Patung-patung Pulau Paskah.

Photo :
  • U-Report

Meskipun disebut sebagai Pulau Paskah, kamu tidak akan pernah menemukan kelinci atau telur yang disembunyikan di sini. Sebagai gantinya, kamu akan disambut dengan 887 patung batu berukuran besar yang dinamakan Moai. Awalnya, pulau ini dihuni oleh suku Rapa Nui. Mereka yang membuat patung dan memindahkannya untuk kemudian disusun ulang. 

Suku Rapa Nui ini hidup sekira 300 tahun lalu dan pada masa itu memahat batu bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi memindahkan batu dengan berat belasan ton merupakan sesuatu yang sulit lantaran tidak memiliki peralatan canggih. Tapi sayang, kita tidak mengetahui cara mereka memindahkannya karena sudah hilang sejak lama. Sebagian penduduk, diperkirakan diculik dan dijadikan budak. 

5. Pulau Isla Bermeja, Meksiko

Pulau Isla Bermeja, Meksiko

Photo :
  • Tangkapan Layar

Untuk mengetahui sebuah tempat atau pulau, para pelaut biasanya akan memakai peta. Namun, apa jadinya bila pulau yang dilihat di peta ternyata tidak pernah muncul di dunia nyata. Inilah pulau paling misterius di dunia. Bermula dari keinginan untuk mengklaim wilayah, pemerintah Meksiko ingin memakai pulau Isla Bermeja sebagai perbatasan.

Dari sebuah peta lama rilisan tahun 1.700-an, pulau ini berada 55 mil di Semenanjung Yucatan. Tapi sayang, saat pemerintah Meksiko mengirimkan orang, merek tidak dapat menemukan apapun di lautan tersebut. Berbagai pandangan pun muncul, mulai dari tenggelam, erosi, atau yang paling gila adalah dihancurkan oleh CIA. 

6. Pulau Clipperton

Pulau Clipperton

Photo :
  • Tangkapan Layar

Merupakan sebuah pulau kecil yang hanya berukuran 6 km persegi yang berada di Samudera Pasifik. Pulau ini berada ribuan kilometer dari daratan. Sekitar tahun 1910, sebuah mercusuar dibangun dan sekira 100 orang tinggal di pulau ini termasuk keluarga dan anak kecil. 

Setiap 2 bulan sekali, sebuah kapal akan tiba untuk memberikan pasokan makanan dan kebutuhan lain. Sampai pada tahun 1914 kapal berhenti tiba lantaran Perang Saudara Meksiko. Orang-orang yang ada di pulau ini terlupakan dan memilih meninggalkan pulau tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya