7 Tempat Wisata di Jogja yang Cocok Buat Berlibur Saat Lebaran

Tempat wisata di Jogja
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tempat wisata di Jogja menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dicari oleh para wisatawan. Seperti yang diketahui bahwa Jogja memang menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi dan memiliki banyak objek wisata yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur baik itu oleh masyarakat lokal maupun turis dari luar negeri. 

Alamnya Indah Banget, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Hingga Kulineran di Taiwan

Kota Jogja terletak di wilayah Jawa Tengah dan menawarkan berbagai tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata edukasi. Tempat wisata di Jogja pun terus bertambah dan berkembang karena menjadi pilihan bagi banyak para wisatawan yang melancong ke kota ini. Lantas, ada wisata apa saja di Jogja? Menghimpun dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah tempat wisata di Jogja yang bisa menjadi referensi untuk destinasi berlibur. 

1. Hutan Mangrove Kulon Progo

Cegah Gangguan Ketertiban di Kawasan Wisata, Bali Bentuk Satpol PP Khusus Pariwisata

Hutan Mangrove Kulon Progo

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Jogja pertama yang direkomendasikan ada Hutan Mangrove Kulon Progo yang berlokasi di Dusun Pasir Mendit, Kulon Progo. Temat ini termasuk ke dalam salah satu wisata edukasi sebagai kawasan konservasi. Pengunjung akan ditawarkan luasnya hamparan hutan mangrove dan berbagai spot foto untuk mengabadikan momen saat berkunjung. 

Hal yang Harus Siapkan Sebelum Liburan, Ketahui Sumber Penyebaran Penyakit di Tempat Wisata

Terdapat salah satu spot yang paling banyak disambangi dan menjadi favorit para wisatawan yakni replika menara Eiffel yang tingginya 10 meter. Selain itu, ada juga spot lainnya seperti spot foto kupu-kupu hingga spot sepeda ontel.

Salah satu tempat wisata di Jogja ini buka selama 24 jam dan pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya harga tiket masuk (HTM) yang sangat terjangkau sebesar Rp3.000 saja per tiket. Murah sekali kan? Jangan sampai melewatkan untuk datang ke Hutan Mangrove Kulon Progo ini ya. 

2. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir, Bantul, Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Pasti banyak dari kamu yang mungkin belum mengetahui tempat wisata yang dibuat seperti ala-ala padang pasir ini. Nah, Gumuk Pasir ini merupakan padang pasirnya Jogja dan menjadi wisata yang antimainstream karena jarang ada tempat wisata seperti ini yang dijumpai. Para wisatawan yang mengunjungi Gumuk Pasir ini menawarkan pemandangan padang pasir dan tempat bermain sandboarding hingga spot foto yang pastinya antimainstream. Gumuk Pasir berlokasi di sebelah barat Pantai Parangkusumo.

Padang pasir di Jogja ini terbentuk secara alami yang berasal dari hembusan angin yang membawa pasir dari pantai. Tempat wisata ini dibuka mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB dan pengunjung yang berkunjung tidak dipungut biaya karena gratis. 

3. Tebing Breksi

Tebing Breksi, Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya ada wisata Tebing Breksi di Jogja yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung dan berwisata. Wisata yang satu ini menawarkan tempat yang unik sehingga banyak para wisatawan yang tertarik untuk berkunjung. Lokasi Tebing Breksi awalnya merupakan kawasan bekas tambang batu kapur yang relokasi menjadi tempat wisata. Kandungan kapurnya berasal dari endapan abu vulkanik dari Gunung Nglanggeran, Gunung Kidul.

Kawasan tersebut menjadi kawasan cagar budaya yang harus dijaga dan dilestarikan, maka dari itu dibuat  menjadi sebuah objek wisata agar Tebing Breksi tetap dikunjungi. Para wisatawan yang berkunjung akan ditawarkan pemandangan yang indah dan cantik seperti tebing yang dengan ukiran-ukiran seniman lokal. Di sekitar tebing juga terdapat candi-candi kecil yang bisa menjadi dikunjungi. 

Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB dengan harga tiket masuk (HTM) yang masih cukup terjangkau dan murah yakni sebesar Rp10.000 saja per tiketnya. 

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Photo :
  • U-Report

Sekarang kita beralih ke tempat wisata di Jogja lainnya yakni pantai yang keindahan alamnya sangat memesona dan memanjakan mata. Salah satunya adalah Pantai Indrayanti. Pantai yang berlokasi di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul ini sebenarnya bukan bernama Pantai Indrayanti, tapi nama aslinya adalah Pantai Pulang Syawal. Namun ada sepasang suami istri yang menjadi pemilik salah satu restoran dan kafe di pantai tersebut yang bernama Indrayanti sehingga masyarakat setempat lebih mengenal pantai ini dengan sebutan Pantai Indrayanti. 

Panorama yang ditawarkan oleh pantai ini tentunya sangat menyegarkan dan bisa menjadi pilihan destinasi wisata untuk dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini dibuka selama 24 jam dan harga tiket masuk (HTM) yang harus dibayarkan cukup murah hanya sebesar Rp5.000 per orangnya. 

5. Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca Pantai Nguluran

Photo :
  • Instagram @teraskaca

Tempat wisata di Jogja lainnya yang bisa dikunjungi untuk berwisata yakni adalah Teras Kaca Pantai Nguluran. Wisata ini masih berada di kawasan Gunungkidul. Seperti namanya, tempat wisata ini merupakan sebuah teras yang lantainya terbuat dari kaca transparan yang ditopang dengan rangka besi. Maka dari itu wisata ini sangat cocok untuk yang suka dengan uji nyali dan memiliki keberanian, namun tidak cocok untuk orang yang penakut. 

Pengunjung akan berdiri di atas lantai kaca yang berada di ketinggian laut, oleh karena itu hanya orang yang memiliki keberanian atau mau mencoba yang dapat menikmati indahnya pemandangan laut di atas teras kaca tersebut. 

Dibalik kaca yang diinjak, pengunjung dapat melihat secara jelas deburan ombak dari Pantai Nguluran. Teran ini tentunya juga bisa dijadikan sebagai spot foto yang ciamik di Jogja dengan berlatarkan laut. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB dan harga tiket masuk (HTM) yang perlu dibayarkan oleh pengunjung hanya sebesar Rp15.000 saja per orangnya. 

6. Taman Sari

10 Potret Keindahan Taman Sari Yogyakarta

Photo :
  • U-Report

Taman Sari ini merupakan tempat wisata di Jogja yang cukup mudah diakses karena letaknya tak jauh dari pusat kota dan berada di dalam  area Benteng Kraton Yogyakarta. Mulanya Taman Sari ini merupakan tempat pemandian Sultan dan para permaisurinya. Namun setelah pemandian ini tidak digunakan lagi, tempat inni kemudian dibuat menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan dengan gaya arsitekturnya yang unik. 

Taman Sari ini mulai dibuka pada pukul 09.00-15.00 WIB dan harga tiket masuk (HTM) yang perlu dibayarkan hanya sebesar Rp5.000 saja per orangnya. Taman Sari ini berlokasi di Patehan, Kraton, Yogyakarta. 

7. Gua Jomblang

Gua Jomblang, Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Terakhir, ada Gua Jomblang sebagai salah satu tempat wisata di Jogja yang cukup populer dan dikenal di kalangan wisatawan karena tempatnya yang unik dan menawan. Pengunjung yang berfoto di gua ini pasti hasilnya akan sangat bagus karena Gua Jomblang sangat cantik. 

Gua Jomblang ini biasa juga disebut sebagai cahaya dari surga karena letaknya yang mendukung yakni di dalam sebuah lembah dan memiliki mulut gua yang memancarkan cahaya yang seperti surga saat terkena cahaya matahari dan memantul ke gua.

Namun bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Gua Jombang ini perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan slot untuk pengunjungnya terbatas. Gua ini dibuka mulai pukul 09.00–14.00 WIB dan pengunjung perlu membayar Harga Tiket Masuk (HTM) dengan kocek yang cukup mahal yakni 500 ribu/orang. 

Itulah kumpulan tempat wisata di Jogja yang bisa menjadi referensi untuk kamu kunjungi dan direkomendasikan oleh VIVA. Semoga tulisan mengenai tempat wisata di Jogja ini dapat berguna bagi kamu yang membutuhkannya. Selamat berlibur!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya