7 Tempat Wisata di Sleman yang Wajib Kamu Kunjungi

Ilustrasi - Foto udara kondisi puncak Gunung Merapi.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Tempat wisata di Sleman. Kabupaten Sleman termasuk dalam Daerah Istimewa Yogyakarta, Sleman juga termasuk daerah yang kaya akan wisatanya, Kabupaten Sleman yang langsung berbatasan dengan Kota Yogyakarta ini memiliki daya tarik tersendiri mengenai wisata yang ada di Kabupaten Sleman.

Wamenaker Meninjau Lokasi dan Beri Bantuan Kemanusiaan Kepada Korban Bencana Banjir Sumatera Barat

Mengingat Kabupaten Sleman yang berada di Jawa Tengah ini memiliki berbagai tempat wisata, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga religi. Apalagi sebagian besar tempat wisata yang tersedia masih terjaga kelestariannya sehingga membuat liburan anda semakin seru.

Jika anda memiliki rencana berlibur ke Kabupaten Sleman, anda tidak perlu khawatir tidak menemukan tempat yang indah untuk berlibur, Sleman memiliki banyak wisata yang terkenal maupun yang tersembunyi, namnyaknya Sleman memiliki banyak wisata alam juga tidak kalah sama kota-kota lainnya.

Afgan, Lyodra Hingga Kunto Aji Bakal Tampil di Candi Prambanan Yogyakarta, Catat Tanggalnya!

Berikut beberapa tempat wisata di Sleman yang sangat cocok untuk berlibur di akhir pekan, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Museum Gunung Merapi

Westlife Bakal Konser di Candi Prambanan, Harga Tiket Mulai Rp700 Ribuan Aja

Museum Gunung Api Merapi

Photo :
  • Fajar Sodiq

Tempat wisata di Sleman pertama yaitu museum gunung merapi. Selain melihat gunung berapi yang begitu indah, dan juga bisa mengunjungi museum gunung merapi untuk menambah wawasan anda dan mengetahui sejarah meletusnya gunung merapi, selain berlibur anda juga mendapatkan banyak pengetahuan, anda hanya cukup membayar Rp 5000 untuk bisa menikmati museum gunung merapi itu.

Di museum juga terdapat diorama dan semua rekaman bekas letusan gunung merapi dalam beberapa tahun terakhir, hingga terjadi letusan terdahsyat dalam satu dekade terakhir yaitu pada tahun 2010, hingga menyemburkan abu vulkanik sampai Jawa Barat. Museum Gunung Merapi berlokasi di JL Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Sleman selanjutnya yaitu Candi Prambanan adalah salah satu tempat yang paling populer di Sleman, rasanya kurang pas ketika anda pergi ke Yogyakarta tidak mampir ke Candi Prambanan terlebih dahulu. Candi ini merupakan candi hindu kuno yang memiliki banyak cerita sejarah. Candi Prambanan berlokasi di Kranggan, Sleman Yogyakarta.

Candi Prambanan sudah tercatat di UNESCO sebagai situs warisan dunia. Canda ini sudah ada sejak abad ke-9 masehi, meskipun sudah lebih dari 1000 tahun bangun Candi Prambanan masih terbilang sangat kokoh. Jika anda ingin menikmati keindahan Candi Prambanan secara dekat, anda harus mengeluarkan tiket masuk sebesar Rp 40.000.

3. Bukit Klangon

Obyek wisata Bukit Klangon, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Tempat wisata di Sleman selanjutnya yaitu bukit Klangon, merupakan bukit yang hampir dekat dengan gunung merapi, dari Bukit Klangon anda bisa melihat meratakan bekas meletusnya gunung merapi, selain itu juga anda bisa melihat setiap letupan abu yang keluar dari Gunung merapi.

bukit ini pun berlokasi di  Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika anda ingin menikmati suasana Bukit Klangon anda hanya cukup mengeluarkan uang Rp 2000.

4. Lava Tour Merapi

Salah satu objek wisata Lava Tour Merapi.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Sleman yang satu ini harus memiliki adrenalin yang tinggi, wisata yang satu ini menjelajahi aliran lava bekas gunung berapi dengan menggunakan mobil Jeep. Anda juga bisa menikmati rute bebatuan dengan pemandangan yang indah, anda akan dibawa ke sejumlah spot wisata seperti rumah Mbah Maridjan yang merupakan juru kunci Gunung Merapi yang oleh awan panas dari gunung Merapi.

Namun jika anda ingin mencoba wisata ini, anda harus mengeluarkan uang lumayan cukup besar yaitu 350.000 untuk rute pendek sementara untuk rute panjang anda harus mengeluarkan uang sebesar 450.000 hingga 650.000.

5. Sendratari Ramayana

Aksi penari dalam Sendratari Ramayana Prambanan.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Sleman yang satu ini berbeda dengan tempat wisata lainnya, pasalnya jika anda menyukai pentas seni, tempat ini sangat cocok untuk anda yang memiliki jiwa seni yang tinggi. dalam objek wisata ini anda bisa menikmati seni tari yang menceritakan tentang perjalanan hidup Ramayana.

Biasa pertunjukan Sendratari Ramayana akan digelar di lapangan terbuka tempatnya di area kawasan Candi Prambanan , akan tetapi tergantung cuaca, jika terjadi hujan, akan pertunjukan seni akan dilaksanakan di dalam gedung. Jika anda ingin menyaksikan pentas seni Sendratari Ramayana anda harus mengeluarkan tiket sebesar 40.000 - 375.000.

6. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Tempat wisata di Sleman selanjutnya ialah Taman Gardu Pandang Kaliurang. Destinasi yang satu ini merupakan wisata yang sedah hits di Sleman, selain bisa menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian, anda juga bisa memanfaatkan pojokan-pojokan untuk berfoto selfie dilengkapi dengan lampu-lampu yang berwarna warni.

Meskipun tempat ini terbilang sangat tua, tapi wisata yang satu ini masih banyak peminatnya, fasilitas tambahan untuk memikat para pengunjung ialah Festival Of Light yang sangat indah. Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, Anda hanya cukup membara 3000 per orang. Tempat ini berlokasi di Kaliurang Barat, Hargobinangun, Kabupaten Sleman.

7. Museum Affandi

Museum Affandi Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Museum Affandi diambil dari salah satu nama seniman hebat asal cirebon yang terkenal dengan karya-karyanya yang luar biasa. secara keseluruhan harus kaya lukisannya ada 250, semua hasil karyanya di pajangkan di museum Affandi. Dari mulai lukisan yang bertema oriental sampai dengan lukisan yang bertema percintaan dan sagar akan romantisme, simnya bisa anda nikmati di museum itu.

Jika anda ingin menikmati museum ini anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 25.000 untuk orang dewasa, 10.000 untuk anak-anak serta 50.000 untuk wisatawan asing. Museum ini berlokasi di Jl. Laksda Adisucipto, Kabupaten Sleman.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy.

Wagub: Sumbar Butuh 150 Sabo Dam Antisipasi Lahar Dingin Gunung Marapi

Wakil Gubernur Sumatera Barat menyebut idealnya dibutuhkan 150 unit sabo dam untuk mengantisipasi banjir dan banjir bandang lahar dingin dari lereng Gunung Marapi.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024