Dapat Hidden Gem Perlu Posting Gak Sih? Ini Saran Ramon Y Tungka

Ramon Y Tungka.
Sumber :
  • VIVA/Sumiyati.

VIVA – Buat kamu para traveler atau pecinta traveling pasti sudah tak asing dengan istilah hidden gem atau permata tersembunyi. Hidden gem sendiri merujuk pada tempat baik itu kuliner atau wisata yang indah atau berpotensi viral, namun masih banyak orang yang belum tahu. 

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

Menyikapi fenomena hidden gem ini, kemudian timbul pertanyaan dari banyak orang. Jika menemukan hidden gem di suatu tempat, apakah perlu diviralkan atau diunggah ke media sosial atau cukup menjadi dokumentasi pribadi saja? 

Aktor sekaligus traveler, Ramon Y Tungka, turut memberikan komentarnya terhadap fenomena hidden gem yang tengah viral ini. Menurut dia, hidden gem bak pedang bermata dua. 

Gak Perlu Ribet Lagi! Traveling ke Bali Kini Makin Dipermudah

"Kalau buat saya hidden gem itu pedang bermata dua. Kita bisa melihat hidden gem kebanggaan bahwa Indonesia memiliki ini. Namun sisi satunya bisa membunuh. Nanti makin banyak oknum ketika kita memosting," ujarnya saat peluncuran EIGER Environment, Social and Governance (ESG) Report 2021, di EIGER Flagship Store Radio Dalam, Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

Ramon Y Tungka.

Photo :
  • Instagram @ramonytungka.
300 Ribu Wisatawan Indonesia Diprediksi Bakal Kunjungi Korea di 2024, Ini Kata KTO

Lalu, bagaimana cara bijak menyikapinya? 

"Maka caranya adalah memfilter sebelum memostingnya. Yaitu behavior, attitude kita ketika memostingnya ngasih contoh. Ini tempat sudah bagus dengan cara masing-masing. Memberi contohnya mungkin dengan cara menyimpan sampahnya dulu di wadah kita sendiri, sampai rumah atau saat kita jalan menemukan tempat sampah baru dibuang," kata dia. 

Ramon mengaku dirinya adalah seorang perokok. Namun, dia paling pantang membuang puntung rokok sembarangan. Ketika dia mendaki gunung atau menjelajah sebuah destinasi wisata, bintang Catatan Akhir Sekolah itu bahkan sampai membuat asbak portable sendiri. 

"Saya perokok. Saya belum mau buang puntung rokok saya. Saya sampai bikin sendiri wadah untuk buang puntung rokok, asbak portable, ketika menemukan tempat sampah baru dibuang. Jadi, kaitannya sama hidden gem seperti itu," tuturnya. 

Ilustrasi naik gunung.

Photo :
  • U-Report

Lalu kembali ke pertanyaan awal, ketika menemukan hidden gem apakah perlu menyebarluaskan dan mengunggahnya ke media sosial? 

"Wajib! Karena ini kebanggaan negeri kita. Tapi dengan cara memberikan contoh, leading by example," jelas Ramon Y Tungka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya