Libur Lebaran, Jam Buka Candi Prambanan dan Borobudur Diperpanjang

Candi Prambanan
Sumber :
  • VIVA/ Cahyo Edi/ Yogyakarta

VIVA – Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (PT TWC) selaku pengelola wisata Candi Prambanan dan Borobudur memastikan kesiapan destinasi untuk menerima kunjungan wisatawan pada masa Lebaran 2022.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono memprediksi libur Idul Fitri 2022 akan berbeda dengan dua tahun sebelumnya, sehingga membutuhkan persiapan yang matang dan bersinergi dengan berbagai stakeholder terkait.

"Kami memastikan kesiapan layanan yang prima berbasis keselamatan yang tidak mengurangi kenyamanan wisatawan, baik berupa peningkatan sejumlah sarana di lapangan, juga bersinergi dengan stakeholder dalam memastikan protokol kesehatan, termasuk kelancaran penggunaan aplikasi PeduliLindungi," kata Edy, Senin 25 April 2022.

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

Edy menjabarkan di masa libur Lebaran 2022 ini pihaknya akan memperpanjang jam operasional kunjungan wisata di Candi Prambanan dan Borobudur. Edy membeberkan untuk wisatawan, jam kunjung Candi Prambanan dan Borobudur akan dilayani sejak pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Sedangkan untuk Candi Ratu Boko, jam operasional pelayanan wisatawan ditetapkan pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Kawasan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA/Dinia Adrianjara
Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

Edy menuturkan pihaknya memprediksi kenaikan jumlah kunjungan wisatawan selama masa Lebaran 2022 kali ini. Hal ini didukung oleh adanya Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri yang menyatakan jadwal cuti bersama Lebaran 2022 dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Selain itu, sambung Edy, tingkat pemulihan pandemi yang pesat melalui program vaksinasi yang masif dilakukan, mendorong percepatan pemulihan dunia pariwisata, terutama bagi destinasi TWC. Kunjungan ke destinasi PT TWC pada masa Lebaran 2022 diprediksi meningkat dibandingkan dengan masa Lebaran 2021.

"Peningkatan jumlah wisatawan akan mulai terjadi pada 27 April 2022 (H-4) sampai 10 Mei 2022 (H+8 lebaran). Sementara, target layanan pada destinasi PT TWC selama masa Lebaran 2022 yaitu terciptanya keamanan dan kenyamanan wisatawan, salah satunya melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat, sesuai standar CHSE," papar Edy.

"Kami mohon dukungan dan kerja sama seluruh pihak untuk memastikan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas utama dalam momen yang dinantikan ini. Semoga TWC Borobudur, Prambanan dan
Kraton Ratu Boko bisa hadir mengobati rasa kangen wisatawan berkunjung ke destinasi kebanggaan kita bersama," tutup Edy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya