8 Masjid dengan Gaya Arsitektur Tionghoa, Tanda Akulturasi yang Kuat

Masjid Muhammad Cheng Ho di Palembang
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Menjadi rumah ibadah, masjid adalah bangunan yang sangat penting untuk umat Islam. Di Indonesia sendiri, masjid dibangun dengan gaya arsitektur yang beragam. Salah satunya adalah masjid dengan gaya arsitektur Tionghoa. Hal ini karena perpaduan akulturasi budaya yang sangat kuat di Indonesia dan menjadi bukti bahwa etnisnya juga beragam. 

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Masjid-masjid tersebut didominasi dengan warna merah lengkap dengan ornamen khas negeri Tiongkok. Selain menjadi rumah ibadah, masjid dengan gaya arsitektur tersebut menjadi daya tarik masyarakat dan bahkan kerap dijadikan sebagai salah satu wisata religi. Nah, berikut adalah ulasan tentang masjid dengan gaya arsitektur Tionghoa yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Masjid Cheng Hoo, Palembang

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Masjid Muhammad Cheng Ho di Palembang

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan, atau biasanya disebut sebagai Masjid Cheng Hoo adalah salah satu bangunan rumah ibadah dengan mengusung gaya arsitektur khas yang memadukan tiga budaya berbeda. Ini adalah masjid dengan gaya arsitektur Tionghoa. 

Menakjubkan, Ini 7 Keajaiban Dunia Baru yang Harus Kamu Tahu

Cheng Hoo memiliki desain arsitektur unik dengan memadukan unsur budaya lokal Palembang dengan nuansa Tionghoa dan Arab. Masjid yang dibangun di atas tanah dengan luas 5.000 meter persegi ini terletak di sebuah kompleks perumahan kelas menengah di kawasan 15 Ulu Jakabaring, Palembang. 

2. Masjid Lautze, Jakarta

Masjid Lautze di Sawah Besar

Photo :
  • VIVAnews/Sandy Hasan Mahaputera

Berada di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, kamu akan menemukan masjid dengan corak Tionghoa yang bernama Masjid Lautze. Masjid ini dikelola langsung oleh Yayasan Haji Karim Oei (YHKO). Masjid dengan gaya arsitektur Tionghoa ini terletak di Jalan Lautze Nomor 87-89 dan mengusung warna merah serta kuning dengan ornamen oriental seperti lampion. Interior masjid ini juga didominasi dengan berbagai tulisan berbahasa Arab dan Tionghoa. 

3. Masjid Cheng Ho, Surabaya

Masjid Cheng Hoo, Surabaya

Photo :
  • Facebook Masjid Cheng Hoo

Masjid dengan gaya arsitektur Tionghoa berikutnya adalah Masjid Cheng Ho yang dapat ditemukan di beberapa daerah, salah satunya adalah Surabaya. Masjid ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Laksamana Cheng Ho yang pernah menyebarkan agama Islam di Indonesia. Masjid ini dibangun di atas tanah dengan luas 3.070 meter persegi, tepat di belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Surabaya. 

4. Masjid Tan Kok Liong, Bogor

MASJID JAMI TAN KOK LIONG

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Lokasi masjid dengan gaya arsitektur Tionghoa ini berada di Jl. Kp. Bulak Rata, Pd. Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Masjid ini adalah peninggalan mantan Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Ramdhan Effendy atau Anton Medan. Bangunan ini sangat mirip seperti klenteng dan terletak di dalam kompleks Pondok Pesantren Terpadu at-Taibin. Sementara nama masjid ini adalah nama kecil Anton Medan, yaitu Tan Kok Liong. 

5. Masjid Al Imtizaj, Bandung

Masjid Al-Imtizaj, Bandung.

Photo :
  • U-Report

Masjid dengan gaya arsitektur Tionghoa ini terletak di Jalan Banceuy nomor 8, Kota Bandung, Jawa Barat. Masjid Al Imtizaj didominasi dengan warna merah, emas, dan kuning dengan gaya klenteng tapi tetap mempunyai kubah seperti masjid pada umumnya. Keunikan lain dari masjid ini adalah sebuah cawan emas dengan ukuran besar yang dipakai sebagai tempat berwudhu. 

6. Masjid Lautze 2, Bandung

Masjid Lautze 2 Bandung

Photo :
  • Tangkapan Layar

Masih berada di Bandung, kamu akan menemukan masjid Lautze 2. Bangunan masjid ini berada di sebuah kawasan Jl. Tamblong No. 27 Braga, Kota Bandung. Masjid ini sama-sama dibangun oleh Yayasan Haji Karim Oei (YHKO). Masjid Lautze 2 menjadi masjid dengan arsitektur China tertua yang ada di Bandung. Bangunan ini juga didominasi dengan warna merah dan kuning lengkap dengan ornamen khas Tionghoa. 

7. Masjid Cheng Hoo, Purbalingga

Muhammad Cheng Ho

Photo :
  • https://factsofindonesia.com/

Selain di Palembang dan Surabaya, Masjid Cheng Ho juga dapat ditemukan di Purbalingga, Jawa Timur. Bangunan ini mempunyai bentuk perpaduan antara gaya arsitektur China dan Islam. Sama seperti masjid dengan corak Tionghoa yang lain, Masjid Cheng Ho, Purbalingga ini memiliki bentuk mirip Kelenteng dengan hiasan ukiran dan pernak pernik ala Tionghoa.

8. Masjid Siti Djirzanah, Yogyakarta

Masjid Siti Djirzanah

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tidak jauh dari Malioboro, Yogyakarta, terdapat sebuah masjid dengan gaya arsitektur Tionghoa bernama Masjid Siti Djirzanah. Tidak seperti bangunan corak Tionghoa kebanyakan, masjid ini didominasi dengan warna biru yang menjadi bentuk toleransi umat beragama di Yogyakarta. Kemudian pada bagian depan dihiasi dengan tulisan Arab, Mandarin, dan Inggris yang menandakan masjid supaya mudah dipahami oleh para pengunjung ke Malioboro. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya