Menakjubkan! Inilah 10 Kota Terbaik di Benua Asia

Hoi An, Vietnam
Sumber :
  • unsplash,com

VIVA – Kota terbaik di Benua Asia dapat masukkan ke list tempat yang wajib kamu kunjungi. Tidak hanya benua terbesar di Bumi tetapi juga yang paling padat penduduknya, Asia adalah rumah bagi beberapa kota paling menakjubkan dan memikat di dunia. Di setiap kotanya memiliki tampilan, nuansa, dan identitas uniknya sendiri, dengan sesuatu yang baru untuk ditemukan ke mana pun kamu pergi.

Dikutip ole touropia.com, di setiap Benua Asia berbicara dalam bahasa yang unik dan menampilkan budaya dan kepercayaan agama yang kaya, banyak kota di Asia sangat berbeda satu sama lain. Berikut ini sepuluh kota di Benua Asia yang wajib kamu kunjungi. 

Baliho Rektor UMT Maju Pilkada Kota Tangerang Dirusak OTK, Relawan Geram

1.  Xian

Xian, China

Photo :
  • unsplash,com
Ribuan Warga Yahudi Israel Memaksa Masuk dan Gelar Ibadah di Masjid Al-Aqsa

Kota terbaik di Benua Asia yang pertama adalah Xian. Dilansir oleh touropia.com, Kota Xian terkenal sebagai rumah bagi Tentara Prajurit Terakota yang terkenal di dunia, Xian di utara China sebenarnya memiliki lebih banyak lagi. Menawarkan lebih dari 3.000 tahun sejarah, kota ini memiliki serangkaian pemandangan arkeologi dan budaya yang menakjubkan untuk kamu kunjungi.

Kota yang luar biasa dan menyenangkan untuk dikunjugi, terkenal dengan perdagangan, kekayaan, dan berbaai ornag-orang dari semua lapisan ada di kota ini. Di kota Xian juga terdapat makam dan pagoda di sepanjang tembok kota era Ming dan Muslim Quarter. 

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

2.  Denpasar

Pantai Sanur, Denpasar, Bali

Photo :
  • unsplash,com

Kota terbaik di Benua Asia yang kedua adalah Denpasar, Bali, Indonesia. Denpasar merupakan ibukota dari provinsi Bali. Jika kamu berkunjung ke Bali, Denpasar merupakan salah satu kota yang terkenal dan wajib kamu kunjungi. Bali memang mempunyai keindahan di setiap sudut kotanya. Beberapa tempat di kota Denpasar yang menarik, seperti pantai sanur, Pura Agung Jagatnatha, hutan mangrove, 

3.  Phuket

Phuket, Thailand

Photo :
  • unsplash,com

Berikutnya, kota terbaik di Benua Asia yang ketiga adalah Phuket di Thailand. Dikutip dari planetware.com, Phuket membanggakan beberapa pantai terbaik di negara ini, dengan pasir yang bersih, lembut, bergulir dan perairan pirus sejauh mata memandang.Terumbu karang yang indah berbaris di garis pantai, menawarkan peluang luar biasa untuk snorkeling dan menyelam, tetapi juga kayak laut dan lompat pulau.

Pengunjung juga dapat menuju ke Wat Chalong putih dan emas, kuil Buddha terbesar dan terpenting di pulau itu, atau mendaki bukit untuk mencapai Big Buddha, patung setinggi 45 meter tertutup dengan marmer Burma. Terkenal juga dengan banyak festival unik, seperti Festival Hantu yang diadakan selama bulan lunar Cina ke-7 didedikasikan untuk pemujaan leluhur, juga ada pelepasan lentera ke laut untuk membantu membimbing jiwa-jiwa yang tersesat. Festival Vegetarian selama bulan ke-9 Imlek adalah perayaan menakjubkan lainnya, terlepas dari namanya, bukanlah tentang makanan tetapi tentang pemurnian dan pengujian yang ekstrem, seperti berjalan di atas api dan menggantung di kait.

4.  Hoi An

Hoi An, Vietnam

Photo :
  • unsplash,com

Kota terbaik di Benua Asia yang terletak di Vietnam tepatnya di Hoi An, kota tua bagi salah satu pelabuhan perdagangan tertua di Asia dan masuk Situs Warisan Dunia UNESCO. Dilansir dari planetware.com, Hoi An masih mempertahankan banyak arsitektur aslinya dalam bentuk bangunan rangka kayu, daun jendela kolonial Prancis yang berwarna-warni, dan atap ubin Cina. Bangunan keagamaan, halaman, dan ruko duduk berdampingan di gang-gang sempit di seluruh Kota Kuno, pusat sejarah Hoi An.

Setiap siklus bulan purnama, Hoi An merayakan Festival Lentera, yang menghormati leluhur melalui cahaya. Pada malam sebelum bulan purnama, semua lampu di kota ini dimatikan, dan lentera warna-warni serta lilin diletakkan di jendela, di dalam rumah, dan di atas perahu yang mengambang di sungai dengan malas. Destinasi lain yang dapat kamu kunjungi adalah Museum Sejarah dan Budaya (awalnya sebuah Pagoda yang didedikasikan untuk Dewi Welas Asih, Guan Yin), jembatan tertutup Jepang abad ke-17, dan Rumah Tua Tan Ky, rumah pedagang abad ke-18 yang terpelihara.

5.  Kyoto

Kyoto, Jepang

Photo :
  • unsplash,com

Kyoto masuk ke dalam kota terbaik di Benua Asia. Kyoto terkenal sebagai kota yang indah di Jepang, kota ini memiliki banyak tempat yang mengandung sejarah dan landmark budaya yang luar biasa. Dikutip dari touropia.com jika berjalan-jalan di kota ini kamu akan menemukan istana yang indah dan taman yang indah, dengan 2.000 kuil Shinto dan kuil Buddha yang dapat dikunjungi. Dari jumlah tersebut, Istana Kekaisaran, Kuil Kinkakuji, dan Kuil Ryoanji adalah yang paling mengesankan.

Selain itu, distrik Gion yang bersejarah juga layak untuk dijelajahi. Di sinilah kamu dapat menemukan banyak geisha dan penginapan tradisional. Waktu yang pas untuk mengunjungi Kyoto adalah saat bunga sakura bermekaran. 

6.  Seoul

Seoul, Korea Selatan

Photo :
  • unsplash,com

Kota selanjutnya adalah kota yang pastinya sudah tidak asing lagi buat kamu penikmat musik, drama, dan semua tentang Korea Selatan. Seoul, masuk ke dalam kota terbaik di Benua Asia yang wajib kamu kunjungi. Seoul merupakan kota metropolitan yang luas dan menampung setengah dari populasi di Korea Selatan. Banyak pusat perbelanjaan yang besar dan mewah. Dilansir oleh touropia.com, tidak hanya tempat-tempat modern, pemandangan bersejarah tetap ada di mana-mana. Istana Chandeok-gung, misalnya, patut dikunjungi, begitu juga dengan banyak kuil dan museumnya yang brilian. Alam juga tidak pernah jauh, karena banyak gunung megah terletak di dekatnya di taman nasional Namsan dan Bukhansan.

Terkenal dengan masakannya, Seoul juga menawarkan banyak restoran dan pasar jalanan yang luar biasa untuk kamu coba. Dengan budaya, masakan, sejarah, dan alam yang ditawarkan, ibu kota Korea Selatan memiliki semuanya.

7. Siem Reap

Siem Reap, Kamboja

Photo :
  • unsplash,com

Kota terbaik di Benua Asia yang ke tujuh adalah Siem Reap, Kamboja. Kota ini terkenal dengan kuil Angkor Wat yang megah yang menarik banyak wisatawan.

Menurut prettywildworld.com, selain kuil Angkor Wat, ada juga tempat yang menarik seperti Waduk Pemandian Kerajaan Srah Stang, Taman Arkeologi Angkor, pulau buatan Neak Pean, kuil Buddha Banteay Kdei, kuil abad ke-12 Krol Ko, Suaka Burung Prek Toal, dan banyak lagi lainnya tujuan yang menarik.

8.  Kuala Lumpur

Kuala Lumpur, Malaysia

Photo :
  • unsplash,com

Kota Kuala Lumpur masuk ke dalam kota terbaik di Benua Asia. Kuala Lumpur merupakan ibukota dari negara Malaysia. Tempat ini sangat mutikultural, terdapat percampuran pengaruh Melayu, Cina, dan India yang memesona. Komunitas yang beragam inilah yang sangat memengaruhi tampilan, nuansa, dan identitas kota. Ciri khas dari kota ini adalah Menara Petronas yang besar. 

Menurut touropia.com, Pusat perbelanjaan raksasa juga ditawarkan, serta pemandangan seni dan budaya yang berkembang pesat. Riasan multikulturalnya juga telah membuat Kuala Lumpur dengan banyak masakan lezat, terasa tidak lengkap tanpa mencicipi beberapa makanan jalanannya yang lezat.

9.  Singapura

Singapura

Photo :
  • unsplash,com

Singapura adalah salah satu kota teratas untuk dikunjungi di Asia. Kota ini adalah rumah bagi gedung pencakar langit hijau, jembatan hutan di puncak pohon, kawasan hutan, dan Kebun Raya yang terkenal.Kota ini terus berkembang menjadi lingkungan hijau yang memiliki banyak pusat perbelanjaan kelas atas, toko mode, galeri seni, dan tujuan makanan yang luar biasa.
.

Dikutip dari prettywildworld.com,  Beberapa tempat yang terkenal adalah, Gardens by the Bay, Little India, dan Arab Street, Singapore Flyer, Universal Studios, Botanic Garden, Chinatown, Museum Changi, Pantai Changi, Pulau Sentosa, Taman Punggol Waterway, Clarke Quay dan banyak lagi lokasi yang sempurna

10.  Yerusalem

Yerusalem

Photo :
  • pixabay.com

Diperebutkan, dihancurkan, dan dibangun kembali berkali-kali selama ribuan tahun, Yerusalem benar-benar tidak seperti tempat lain di Bumi. Ini karena ini adalah rumah bagi beberapa situs tersuci Kristen, Islam, dan Yudaisme. Oleh sebab itu kota ini menjadi kota terbaik di Benua Asia. Yerusalem terletak di Benua Asia bagian barat. 
Di dalam tembok Kota Tua, kamu tidak hanya dapat menemukan Tembok Barat tetapi juga Kubah Batu dan Gereja Makam Suci.

Dikutip dari planetware.com, sejarah benar-benar dipamerkan di mana pun kamu memandang, dan dipenuhi dengan peziarah yang datang untuk memberi penghormatan. Setiap bagiannya memiliki identitas uniknya sendiri, dan tersesat di jalan-jalan mereka yang seperti perang adalah bagian dari apa yang membuat Yerusalem begitu ajaib.

Meskipun banyak situs arkeologi yang menawan untuk dikunjungi, kota ini juga memiliki beberapa galeri seni dan museum yang indah untuk kamu nikmati. Terletak antara Israel dan Palestina, Yerusalem tentu memiliki banyak sisi yang berbeda dan sama-sama menyenangkan.

Itulah sepuluh kota di Benua Asia yang patut kamu kunjungi. Benua besar ini pasti menyimpan banyak sekali keunikan dan keindahan yang tersimpan. Kamu dapat masukkan kota-kota tersebut ke dalam list tempat yang dapat kamu kunjungi. Dengan menikmati tempat-tempat dalam kota diatas kamu bisa masuk ke dalam sejarah dari kota tersebut, bercengkrama dengan penduduk setempat, bahkan mengetahui banyak hal yang bisa saja selama ini kamu tidak tahu. 

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan jika datang ke kota-kota diatas. Jangan membuang sampah sembarangan atau merusak tempat tersebut. Tetap menjaga kesucian tempat-tempat tersebut dan menghormati adat istiadat di setiap tempatnya. Seperti peribahasa berkata ‘di mana Bumi dipijak di situ langit dijunjung’. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya