9 Wisata Kota Batusangkar, Ada Istana Pagaruyung Yang Ikonik

Desa Pariangan
Sumber :
  • Google Maps / Arif Rahman

VIVA – Batusangkar memiliki potensi alam yang sangat indah, terletak di Provinsi Sumatera Barat kota ini memiliki banyak warisan budaya serta sejarah yang menarik untuk dikunjungi, terutama pada musim liburan.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Sudah bukan lagi rahasia jika kawasan Sumatera Barat memiliki pesona alam yang luar biasa, mulai dari kawasan pegunungan serta perbukitan hijau yang memanjakan mata, membuat liburanmu semakin berkesan.

Berikut VIVA telah merangkum dari berbagai sumber 10 daftar tempat wisata di Batusangkar yang wajib masuk list liburanmu saat mengunjungi ibu kota Sumbar ini

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

1. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah
Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Tempat wisata di Batusangkar pertama yaitu Istana Pagaruyung atau dikenal juga dengan nama ‘Istano Basa’. Berada di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Istana Pagaruyung (Istano Basa) adalah sebuah replika istana yang pernah terbakar habis akibat kerusuhan pada tahun 1804 silam di atas Bukit Batu Patah.

Disamping bisa menikmati kemegahan arsitektur istananya, para wisatawan juga bisa melihat benda-benda peninggalan Kerajaan Pagaruyung, yang bernilai sejarah tinggi di Istana Pagaruyung (Istano Basa) ini.

2. Danau Singkarak

Danau singkarak

Photo :
  • google maps / Fikri Hamdi

Tempat wisata Batusangkar berikutnya adalah Danau Singkarak, siapa yang tidak mengenal tempat ini, tempat yang sangat populer di kalangan wisatawan ini selalu ramai dikunjungi khususnya pada musim liburan, selain itu, keindahannya mampu memikat turis asing untuk berkunjung.

Danau Singkarak membentang di dua kabupaten yang terdapat di provinsi Sumbar, yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar, Memiliki luas 107.8 kilometer dan merupakan danau terluas di pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

Banyak yang menganggap keindahan Danau Singkarak setara dengan keindahan Danau Toba yang sangat diagungkan oleh masyarakat Sumatera Utara. Warna airnya yang memukau dengan tambahan hijau kebiruan akan tampak luar biasa saat terkena pancaran sinar matahari.

3. Air Terjun Lembah Anai

air terjun lembah anai

Photo :
  • wahanariau.com

Tempat wisata Batusangkar yang ke tiga yakni Air Terjun Lembah Anai, terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Air terjun setinggi 35 meter ini berada tepat di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang.

Air Terjun Lembah Anai merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah, anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang di ketinggian 400 Mdpl.

Terletak di batas barat kawasan Cagar Alam Lembah Anai sehingga suasana masih alami dengan hutan lebat serta pepohonan rimbun membuat tempat tersebut terasa sejuk dan asri.

Kamu dan orang terdekat dapat menikmati keseruan mandi di air terjun ini, airnya yang jernih dan sejuk membuatmu betah berlama-lama di tempat yang disebut-sebut sebagai maskot pariwisata Minangkabau ini.

4. Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Photo :
  • itrip.id

Wisata Batusangkar selanjutnya adalah Rumah Gadang Kampai Nan Panjang adalah sebuah rumah berarsitektur khas Minang dengan atap bergonjong empat terbuat dari ijuk. Berada di Nagari Balimbing, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Konon katanya, rumah yang dibangun oleh Datuk Penghulu Basa dari Suku Kampai Nan Panjang ini sudah berumur kurang lebih 300 tahun. Sehingga tidak heran jika rumah ini dianggap sebagai salah satu bangunan bersejarah di Kabupaten Tanah Datar.

Selain memiliki arsitektur khas, bangunan ini juga memiliki keunikan lain, yakni dibuat tanpa menggunakan paku, melainkan menggunakan system pasak serta ikat, yang menjadikan bangunan ini menjadi sangat kokoh dan tahan guncangan gempa.

5. Bukit Aua Sarumpun

Bukit Aua Sarumpun

Photo :
  • Google Maps / Ariayanto Latahzan

Wisata Batusangkar kali ini sedang hits di kalangan wisatawan, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang dipenuhi dengan hamparan ilalang hijau layaknya di sabana gunung Merbabu Jawa Tengah.

Suasana yang sulit kita dapati di kota-kota besar. Dari ketinggian puncak bukit kamu bisa melihat indahnya gunung Singgalang, Sago serta Merapi. Menikmati liburan di Bukit Aua Sarumpun pasti akan memberikan kesan tak terlupakan.

Memiliki udara yang sejuk dan damai menambah kesan romantis saat berada di tempat ini, keindahan sore yang paling dinanti adalah momen saat sunset di atas bukit dengan hamparan ilalang dan pantulan matahari sore ke danau Singkarak yang dapat kita lihat dari atas bukit membuat suasana romantis di tempat ini semakin lengkap.

6. Cagar Budaya Batu Batikam

Cagar Budaya Batu Batikam

Photo :
  • destimaps.com

Wisata Batusangkar kali ini lekat kaitannya dengan peninggalan masa lalu. Cagar Budaya Batu Batikam adalah sebuah cagar budaya seluas kurang lebih 1.800 meter persegi.

Cagar Budaya Batu Batikam ini dulunya merupakan sebuah tempat yang berfungsi sebagai tempat untuk bermusyawarah para kepala suku. Konon katanya, tusukan di tengah batu di tempat ini adalah bekas tusukan keris milik Datuak Parpatiah Nan Sabatang.

Bekas tusukan di tengah batu tersebut merupakan lambang atau simbol perdamaian masyarakat Minangkabau. Dan cagar budaya ini merupakan salah satu bukti keberadaan Kerajaan Minangkabau pada zaman neolitikum.

Jika kamu penasaran dengan Cagar Budaya Batu Batikam ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Jenderal Sudirman No.160, Dusun Tuo, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

7. Benteng Van Der Capellen

Benteng Van Der Capellen

Photo :
  • Google Maps / Wilma Prima

Wisata batusangkar berikutnya jika erat kaitannya dengan sejarah masa lalu, yakni, Benteng Van Der Capellen. Benteng peninggalan Belanda ini diciptakan oleh pemerintah kolonial ketika mereka sedang bertarung melawan kaum Padri pada tahun 1821.

Benteng Van Der Capellen dibangun dengan tujuan untuk membantu kaum adat, namun setelah masa penjajahan berakhir benteng yang didominasi oleh bangunan khas Belanda ini pun turut ditinggalkan. Saat ini banyak pengunjung yang mendatangi benteng untuk melihat peninggalan sejarah dan mempelajari mengenai sejarah perang Padri.

8. Tabek Patah

Tabek Patah

Photo :
  • Google Maps/Reni Dewita

Wisata Batusangkar satu ini berlokasi di Jalan Raya Batusangkar, Bukittinggi Tabek Patah, kecamatan Salimpaung, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Tempat ini menyuguhkan pemandangan hutan pinus yang tumbuh subur siap memanjakan mata kamu.

Tempat ini cocok masuk ke dalam list liburanmu Bersama keluarga apabila kamu berkunjung ke Batusangkar, berbagai spot foto unik juga disediakan di tempat ini.

Berada di pinggang Gunung Merapi tentu udara yang sejuk dan damai dapat kamu rasakan di tempat ini yang membuat kesan liburanmu semakin lengkap

Keindahan alam ciri khas pegunungan dapat kamu jumpai di tempat ini, seperti, rimbunnya pohon, sungai,

9. Desa Pariangan

Desa Pariangan

Photo :
  • Google Maps / Arif Rahman

Wisata Batusangkar yang terakhir adalah Desa Pariangan, di kabar kan menjadi desa paling indah di dunia, dikarenakan nuansa memang masih terasa tradisional dan desa ini juga banyak menyimpan sejarah masa lalu.

Desa Pariangan merupakan desa kuno yang menjadi cikal bakal sistem pemerintahan khas Minangkabau. Pemerintah setempat selalu berupaya untuk menjaga desa yang ini agar selalu kental dengan ciri khasnya, suasana sejuk dan asri menjadi nilai tambah tempat ini.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa kamu eksplor ketika berada di Batusangkar. Banyaknya destinasi di kabupaten ini menjadi salah satu tanda bahwa Indonesia dan seluruh provinsi yang termasuk di dalamnya memang menyimpan keindahan dan keunikan yang sangat luar biasa dan harus selalu dijaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya