Libur Lebaran, Ribuan Wisatawan Padati Candi Muaro Jambi

Wisatawan di Candi Muaro Jambi
Sumber :

VIVA – Tempat wisata pada hari libur Idul Fitri 1443 Hijriah banyak dikunjungi, salah satunya di Candi Muaro Jambi. Ribuan wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah memadati candi Muaro Jambi dan menghabiskan waktu libur lebaran.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Candi Muaro Jambi berada di Desa Muaro Jambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Padatnya wisatawan yang datang buat para pengunjung harus berjalan kaki saat masuk dari pintu candi. 

Para pengunjung yang datang ke Candi Muaro Jambi mengincar pemandangan situs peninggalan sejarah yang dibangun abad KE 7 hingga 12 Masehi. Tempat ini juga dipugar oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1975.

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

Wisatawan di Candi Muaro Jambi

Photo :

"Saya beserta keluarga dari Lampung ke Candi Muaro Jambi untuk berlibur karena dua tahun lalu tidak bisa berlibur karena masih COVID-19 dan tahun 2022 tepat libur Idul Fitri berkunjung bersama keluarga," ujar Rita, pengunjung dari Lampung. 

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

Begitu juga Suryo, warga Pekanbaru yang datang jauh-jauh demi melihat Candi Muaro Jambi. Ia datang bersama keluarga. Saat melihat tempat itu, ia terkejut karena pertama kali berkunjung dan kagum melihat suasana situs peninggalan candi seperti adanya temuan patung, batu dan lain sebagainya. 

"Sangat salut sekali, saya mengajak keluarga karena sering lihat media sosial soal candi Muaro Jambi dan tepat libur di hari raya idul fitri saya bersama kaluarga berkunjung ke candi Muaro jambi," kata Suryo.

Foto udara Candi Gumpung di Kawasan Percandian Muarajambi, Kabupaten Muarojambi,

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Para pengunjung berharap tempat seperti ini bisa terus dilestarikan. 

"Candi Muaro Jambi saya kunjungi bersama keluarga sangat luar biasa indahnya dan ini harus dijaga baik-baik," ujar Suryo.

Mursalin, Petugas Candi Muaro Jambi saat dikonfirmasi mengatakan, tempat tersebut sudah banyak dilakukan pembenahan dan dikembalikan pada bentuknya.

"Di saat libur Idul Fitri saya sangat terkejut sekali melihat membludak masyarakat dan ia berharap kepada pemerintah terus memperhatikan dan membenahi Candi Muaro Jambi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya