16 Tempat Wisata di Bondowoso, No 10 Keren Berasa di Selandia Baru

Kawah Wurung Bondowoso
Sumber :
  • Berbagai sumber

VIVA – Tempat wisata di Bondowoso tak kalah menarik dan indah dari tempat wisata daerah lainnya. Ya, Bondowoso merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Bondowoso. Bondowoso punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Bondowoso, Jangan khawatir akan keindahannya, kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini jika Bondowoso jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Bondowoso ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Dilihat dari garis kontur Bondowoso tidak memiliki satupun garis pantai, sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa wisata pantai tak akan Anda temui di wilayah ini. Sementara itu selain keindahan-keindahan alam yang memanjakan mata, ada segelintir kisah sejarah yang cukup menarik untuk ditelusuri. Jadi Anda bisa berlibur sekaligus belajar sejarah kuno. Kabupaten Situbondo memiliki suhu udara sejuk, karena terletak di antara beberapa gunung, antara lain Kaki Gunung Raung, Gunung Ijen, Kaki Gunung Argopuro, dll. Potensi alam pegunungan yang dimiliki oleh Kabupaten Bondowoso menyebabkan kabupaten ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah.

Wisatawan Asal China Tewas Terjatuh Usai Foto di Atas Puncak Kawah Ijen

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Bondowoso yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kawah Gunung Ijen

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Kawah Ijen Bondowoso

Photo :
  • Berbagai sumber

Gunung ijen sangat tenar dengan adanya kawah yang bersemayam di dalamnya dan menjadi salah satu objek wisata yang cukup di segani. Namanya Kawah Gunung Ijen, memberikan tampilan pemandangan blue fire yang berada di ketinggian 2.443 mdpl, dan dikelilingi oleh dinding kaldera setinggi 300-500 meter.

Fakta menariknya lagi destinasi ini dinobatkan menjadi danau kawah terbesar seluruh dunia, yakni dengan luas 5.446 hektar. Lokasinya masih berada di sekitar Bondowoso, dengan harga tiket masuk berkisar Rp 150.000. Jika berkunjung kesana Anda harus berhati-hati karena karena suhunya sangat ekstrem. Lokasi: Curah Macan, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

2. Taman Bunga Villa Afdeling Jampit

Taman bunga Villa Afdeling Jampit

Photo :
  • Berbagai sumber

Berkunjung ke Jampit, Bondowoso akan sangat berkesan jika Anda tak melupakan kunjungan ke Taman Bunga Villa Afdeling. Objek utama yang ditawarkan adalah taman bunga dengan berbagai jenis yang cukup luas dan di tengahnya ada bangunan villa yang mempunyai desain indies.

Meskipun hanya ada beberapa fasilitas disana seperti spot foto dan villa, namun setiap periodenya masih banyak pengunjung yang berdatangan. Hal itu disebabkan karena kesejukan udara di sekitar yang membuat nyaman, dan keindahan bunga yang cocok untuk menjadi background foto dari orang-orang. Lokasi: Jampit, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

3. Alun-alun Bondowoso

Alun alun Bondowoso

Photo :
  • Berbagai sumber

Seperti halnya kota lain yang mempunyai lapangan luas untuk melakukan berbagai aktivitas. Alun-Alun Bondowoso adalah tempat wisata berikutnya yang sangat rekomendasi bagi Anda yang ingin sekedar nongkrong untuk menikmati berbagai hidangan kuliner. Lokasinya ada di Kotakulon, Bondowoso.

Di tempat ini Anda juga bia melakukan kegiatan lain selain bersantai, yakni bersepeda, jogging, dll. Apalagi jika Anda datang waktu malam hari pasti menemukan pemandangan banyak orang yang nongkrong bersama teman-temannya ataupun pasangannya. Lokasi: Kauman, Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kab. Bondowoso

4. Kawah Wurung

Kawah Wurung Bondowoso

Photo :
  • Berbagai sumber

Kawah Wurug merupakan objek wisata yang juga akan memberikan kepuasan tentang keindahan alam bagi Anda. Bahkan disana Anda pastinya akan terpsona dengan perpaduan bunga dan rerumputan hijau yang ada di sekitar lokasi.

Berlokasikan di Desa Kalianyar, Bondowoso dan tiket masuk sekitar Rp 3.000 saja Anda sudah dapat merfresh pikiran. Perlu di ketahui juga bahwa Kawah Wurug ini masih dalam pengelolaan Perum Perhutani, sehingga tak heran jika keadaannya sangat terawat. Lokasi: Margahayu, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso

5. Bukit Mahadewa

Bukit Mahadewa Bondowoso

Photo :
  • Berbagai sumber

Siapa sih yang tidak ingin liburan dengan harga tiket masuk sekitar Rp 3.000 saja. Dijamin Anda pun mau untuk mencobanya, Bukit Mahadewa adalah destinasi yang masuk list detsinasi. Pemandangan alam pegunungan di Bondowoso, bisa Anda saksikan jika menaiki bukit ini.

Disana ada sebuah papan berbentuk love yang akan membantu Anda memperjelas dalam menikmati keindahan alam itu. Bukan hanya itu saja, tempat ini juga begitu direkomendasikan untuk wisatawan yang suka bersepeda karena rutenya sangat menantang untuk ditaklukan. Lokasi: Kupang, Kec. Curah Dami, Kab. Bondowoso.

6. Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar

Photo :
  • Berbagai sumber

Bondowoso memang salah satu wilayah yang sangat kaya akan destinasi alamnya. Begitu juga ada yang ada di Desa Andongsari, ialah Air Terjun Tancak Kembar. Panorama yang ditawarkan adalah pesona dari dua air terjun yang memiliki air sangat jernih.

Diberi julukan kembar karena ukuran dari dua air terjun itu hampir sama. Dikelilingi dengan pepohonan membuat keadaan sekitar menjadi lebih asri dan udaranya sejuk. Jika Anda cukup tertarik maka segera masukkan ke daftar list tempat wisata yang dibuat. Lokasi: Andungsari, Kec. Pakem, Kab. Bondowoso.

7. Air Terjun Blawan

Air Terjun Blawan

Photo :
  • Berbagai sumber

Air terjun Blawan memiliki keunikan yang terletak pada alirannya. Sebab airnya tidak mengarah lurus ke bawah namun ke samping, sehingga menghasilkan panorama yang cukup unik dan eksotis.

Dinilai memiliki air dengan tingkat kejernihan di atas standart rata-rata membuat Air Terjun Blawan selalu padat dengan pengunjung. Selain itu, disana juga memiliki kelengkapan fasilitas, dibandingkan wisata lainnya. Lokasi: Rengahrejo, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

8. Bendungan Sampean Baru

Bendungan Sampean Baru

Photo :
  • Berbagai sumber

Pemandangan bebatuan tidak hanya terdapat di satu objek wisata saja, melainkan juga ada di Bendungan Sampean Baru. Lokasi tepatnya ada di Desa Pandak.

Meskipun hanya berbentuk seperti bendungan namun ribuan batu yang ada disana sangat cocok untuk menjadi spot foto. Apalagi jika waktu berkunjung Anda sore hari, bisa dipastikan jika sunsite akan muncul diantara objek foto yang diambil. Lokasi: Tapen, Koanyar, Pandak, Kec. Klabang, Kab. Bondowoso

9. Tasnan Forest

Tasnan Forest Bondowoso

Photo :
  • Berbagai sumber

Deretan hutan pinus yang dilengkapi dengan payung-payung bergelantungan dan fasilitas lain membuat Tasnan Forest menjadi objek wisata yang hits. Lokasinya ada di Grujukan, Bondowoso dengan harga tiket Rp 5.000.

Anda bisa menikmati kesejukan suasana hutan dengan duduk santai di kursi-kursi kayu yang disediakan. Bahkan kicauan dari bermacam-macam burung yang bertengger di pohon pinus akan menjadi irama yang cukup indah untuk di dengar. Lokasi: Congkrong Timur, Taman, Kec. Grujugan, Kab. Bondowoso

10. Bukit Jabal Kirmit ala Selandia Baru

Bukit Jabal Kirmit

Photo :
  • Berbagai sumber

Bukit ini disebut-sebut mirip dengan bukit yang ada di Selandia Baru. Bukit Jabal Kirmit terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Jarak antara Kawah Ijen dengan Bukit Jabal Kirmit sekitar 10 kilometer. Kawasan Bukit Jabal Kirmit ini termasuk dalam kawasan base camp pendakian Kawah Ijen. Akses jalan menuju Jabal Kirmit relatif menantang. Transportasi yang digunakan sebaiknya benar-benar dalam kondisi baik. Rute bisa ditempuh menggunakan motor ataupun mobil, terutama mobil jeep.

Bukit Jabal Kirmit masih termasuk dalam kawasan wisata Kawah Wurung. Oleh karena itu, untuk menuju ke Bukit Jabal Kirmit, pengunjung hanya perlu membayar tiket di pintu masuk Kawah Wurung. Pasalnya, bukit ini belum dikelola sebagai kawasan wisata tersendiri. Hijaunya rumput yang membentang luas di Bukit Jabal Kirmit tampak seperti permadani. Permukaan tanah tertutup oleh warna hijau di mana-mana.

Sudah bisa dipastikan udara di kawasan ini sangat sejuk dan suasananya asri. Hal ini membuat pengunjung cenderung nyaman berlama-lama di sini. Apabila di Selandia Baru biasa ada peternakan domba di kawasan sekitar bukit, di Bukit Jabal Kirmit juga ada. Di kawasan ini bisa dijumpai peternakan kuda dan kijang.

11. Pemandangan Arak-arak

Pemandangan arak-arak Bondowoso

Photo :
  • Berbagai sumber

Tempat wisata baru di Bondowoso ini merupakan salah satu destinasi utama yang menjadi incaran para wisatawan. Tempat wisata ini menawarkan keindahan panorama alam dari ketinggian 345 meter di atas permukaan laut. Udara di perbukitan ini sangat sejuk, dan memberikan sensasi yang menenangkan. Lokasi wisata ini berada di Desa Sumber Cating, Kecamatan Wringin, Bondowoso.

12. Situs Megalitikum

Situs megalitikum Bondowoso

Photo :
  • Berbagai sumber

Salah satu tempat wisata sejarah di Bondowoso adalah Situs Megalitikum. Di tempat ini, kalian dapat melihat sarkofagus dan dolmen peninggalan zaman batu besar. Lokasi wisata ini terletak di Desa Gliseran, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso.

13. Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit

Perkebunan kopi arabika Bondowoso

Photo :
  • Berbagai sumber

Apabila kalian pecinta kopi, kami sarankan untuk berkunjung ke Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit ini. Tempat wisata di Jampit Bondowoso ini dikelola oleh PTP Nusantara VII Kalisat Jampit, dan berjarak 74 Km dari pusat Kota Bondowoso. Perkebunan ini memiliki luas 4.000 hektar, dan berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Di tempat ini, kalian dapat melihat bagaimana proses pembuatan kopi, sekaligus mencicipi kopi langsung dari kebunnya.

14. Masjid Agung At-Taqwa

Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso

Photo :
  • Berbagai sumber

Salah satu masjid yang berada di pusat Kota Bondowoso dan wajib kalian kunjungi adalah Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso. Masjid ini memiliki bangunan cukup besar. Lokasi masjid ini terletak di Jl. Ahmad Yani, Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.

15. Air Terjun Belerang

Air Terjun Belerang Bondowoso

Photo :
  • Berbagai sumber

Sama seperti lokasi air terjun sebelumnya, Air Terjun Belerang ini juga terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Air terjun ini unik karena memiliki air belerang yang berasal dari Kawah Ijen. Apabila ke tempat ini, jangan lupa membawa untuk selalu menjaga keselamatan dan juga kelestarian alam ya.

16. Air Terjun Pulo Agung

Air Terjun Pulo Agung

Photo :
  • Berbagai sumber

Air Terjun ini berlokasi di Ds. Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin, Bondowoso, atau 40 Km dari pusat Kota Bondowoso. Air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang masih asri dan alami. Akses jalan yang cukup sulit menyebabkan air terjun ini belum banyak terjamah orang. Tempat wisata tersembunyi di Bondowoso ini cocok bagi kalian yang memiliki jiwa petualang.

Sandiaga Uno.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Terkait dengan insiden yang terjadi pada turis asal China di Ijen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno angkat bicara

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024