Libur Panjang Pekan Ini, Yuk Kemah ala Campervan di Gunung Ungaran

Perkemahan Base Cam Mawar Bandungan, Kabupaten Semarang
Sumber :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

VIVA – Berkemah tapi nggak mau repot? Ini dia tempatnya. Base Camp Mawar Gunung Ungaran. Lokasinya masih satu kawasan dengan destinasi wisata alam Umbul Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang. Tapi khusus Base Camp Mawar dikelola oleh Sakpala, yang merupakan komunitas warga desa setempat.

Mengisi Liburan Lebaran Tanpa Mudik, Ini Salah Satu Caranya

Ada dua lokasi perkemahan yang bisa dipilih. Yang pertama adalah area lama di dekat hutan pinus, dan yang kedua adalah area baru yang lebih terbuka yang berada di dekat lembah.

Area pertama menjadi favorit bagi anak muda maupun pelajar mahasiswa karena tiket kemahnya yang murah. Per orang hanya cukup membayar Rp10 ribu. Tapi harus bawa perlengkapan kemah masing-masing tiap kelompok. Fasilitasnya cukup memadai seperti kamar mandi, toilet, mushola, serta warung makan 24 jam.

Rekomendasi Tempat Liburan Hari Raya, Dihibur Tulus dan Live Show “Aladdin - Revenge of Jafar”

Perkemahan Base Cam Mawar Bandungan, Kabupaten Semarang

Photo :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

Area kedua lebih cocok untuk wisatawan keluarga maupun mereka yang benar-benar ingin menikmati camping tanpa harus repot-repot. Karena lokasi kemahnya bisa diakses mobil, bahkan mobil pun bisa diparkir di sebelah tempat berkemah. Bisa ngerasain "campervan" nih meski pakai mobil biasa.

Isi Libur Lebaran, Yuk Jelajahi Sejarah Islam dengan Cara Seru dan Edukatif

Kalau nggak bawa alat kemah, semua sudah disediakan jika membeli paket tertentu. Jadi wisatawan cukup reservasi, datang, turun dari mobil, sudah, tinggal masuk saja. Di dalam kemah sudah disediakan alas tidur dan sleeping bag agar tak kedinginan mengingat lokasinya berada di ketinggian 1000 meter dari permukaan laut.

Perlengkapan masak juga sudah disediakan seperti tungku, kayu, beberapa galon air minum, juga colokan listrik. Jika nggak mau repot memasak juga, tersedia rumah makan ala pendaki gunung, atau bisa juga jalan sebentar ke bawah, ada resto Pondok Kopi di sana.

Perkemahan Base Cam Mawar Bandungan, Kabupaten Semarang

Photo :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

Ada beberapa kavling perkemahan yang bisa dipilih. Di sisi timur menghadap ke lembah dan langsung bisa melihat sunrise. Sedang di sisi barat lebih menantang dan eksotis karena berada di tepi lembah dalam.

"Ini tadi kebetulan nganter saudara, habis libur lebaran terus mau kembali masuk kuliah di Undip. Terus punya ide camping dulu nih. Ya belok lah ke sini. Kita pilih tempat yang dekat lembah, asyik banyak kabutnya," kata Salsabila, wisatawan dari Bandung.

Untuk area yang bisa diakses mobil ini, tarif campingnya antara Rp150.000 hingga Rp200.000. Sudah mendapat dome tent kapasitas 5 orang, perlengkapan tidur, kayu bakar, tungku, air galon, serta colokan listrik.

"Sepertinya mahal, tapi setelah dihitung-hitung murah kok kalau kita patungan. Per orang paling kan iuran 30 sampai 40 ribu rupiah, dan kita tinggal masuk saja. Habis kemah juga sudah ada yang mberesin," ceritanya.

Nah, pekan ini kan ada tanggal merah ya. Jadi liburan panjang nih. Kalau kalian mau ke sini, aksesnya mudah dijangkau dari Semarang. Tinggal arahkan kendaraan ke arah Ungaran, lalu belok ke arah Bandungan. Sesampainya di Pasar Jimbaran, belok kanan menuju kawasan wisata Umbul Sidomukti dan Base Camp Mawar.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya