5 Rahasia di Balik Taj Mahal India yang Tidak Banyak Diketahui

Taj Mahal
Sumber :
  • Pixabay/ Enjoytheworld

VIVA – Rahasia dibalik Taj Mahal India yang dihormati di seluruh dunia sebagai simbol utama cinta dan gairah. Taj Mahal dibangun untuk cinta dalam hidup kaisar Mughal, Shah Jahan, yaitu Mumtaz. Mumtaz Mahal adalah istri ketiga dari Shah Jahan, mereka bertunangan saat Shah Jahan berusia 15 tahun dan Mumtaz berusia 14 tahun. Akahirnya mereka menikah saat Mumtaz berusia 19 tahun dan usia Shah Jahan hanya selisih satu tahun lebih tua. Mumtaz mempunyai nama asli Arjumand Banu Begum, lahir di Agra pada April 1593 Masehi. 

Elon Musk Batalkan Kunjungan ke India, Ini Alasannya

Proses pembangunan Taj Mahal menghabiskan waktu 22 tahun (1631-1653) dengan arsitektur yang menakjubkan. Taj Mahal dibangun untuk mengenang sang ratu yang meninggal saat melahirkan anak mereka pada 17 Juni 1631. Mumtaz Mahal terkenal dengan kecantikannya. Berikut ini rahasia dibalik Taj Mahal. 

1. Taj Mahal dapat Berubah Warna Sepanjang Hari

Honda Bakal Jor-joran Produksi Motor Listrik Tahun Ini

Perubahan Warna di Taj Mahal Saat Matahari Terbenam

Photo :
  • unsplash,com

Rahasia dibalik Taj Mahal yang pertama adalah warnanya yang dapat berubah. Dari fajar hingga senja, matahari mengubah makam ini. Menurut smithsonianmag.com, akan tampak abu-abu mutiara dan merah muda pucat saat matahari terbit, putih menyilaukan di siang hari, dan oranye-perunggu saat matahari terbenam. Di malam hari, Taj bisa tampak biru transparan. Tiket khusus bahkan dijual untuk melihat bulan purnama dan gerhana.

Menakjubkan, Ini 7 Keajaiban Dunia Baru yang Harus Kamu Tahu

2. Tangan Para Pengrajin Tidak Dipotong, Mata Mereka juga Tidak Dicungkil

Wisata Taj Mahal di India. Image via: Business Destinations

Photo :
  • U-Report

Rahasia dibalik Taj Mahal yang selanjutnya tentang mitos populer yang beredar: Shah Jahan memerintahkan agar kepala pengrajin yang mengerjakan Taj Mahal dilumpuhkan dan dibutakan agar keindahannya tidak dapat ditiru. Dilansir dari afar.com, sejarawan telah menemukan sedikit dukungan untuk teori mengerikan ini, ada kebenaran bahwa para pekerja sering menderita cacat. Penjelasan yang masuk akal adalah bahwa selama bertahun-tahun pekerjaan yang rumit dan melelahkan, banyak yang menderita penyakit tulang, membuat mereka cacat, dan mereka yang membuat tatahan tak bernoda melakukannya dengan mengorbankan penglihatan mereka.

3. Taj Mahal Mendapat Perawatan Wajah

Bangunan indah Taj Mahal di India

Photo :
  • U-Report

Rahasia selanjutnya yang ada pada Taj Mahal adalah perawatan yang dijalani oleh situs bersejarah ini. Seiring pertumbuhan ekonomi Agra, efek samping yang terlihat berupa warna marmer yang menguning. Perintah Mahkamah Agung memerintahkan industri di dalam Zona Trapesium Taj Mahal (di sekitar 10.400 km persegi), beralih ke gas alam atau pindah.

Dilansir oleh afar.com, Taj Mahal juga diberikan perawatan kecantikan di mana Fuller's Earth digunakan sebagai bahan pembersih. Lebih dikenal di India sebagai 'Multani Mitti', ini adalah lumpur yang banyak digunakan oleh wanita India, untuk membersihkan kulit mereka. Taj Mahal memiliki lapisan yang diterapkan padanya, yang dicuci dengan air hangat setelah 24 jam. Itu membantu mengembalikan kilaunya.

4. Hampir Simetris Sempurna

Taj Mahal

Photo :
  • Pixabay

Rahasia Taj Mahal yang ke empat adalah puncak arsitektur Mughal, dibangun dengan simetri sempurna sesuai dengan doktrin gaya periode tersebut. Dikutip dari smithsonianmag.com, menara mengapit makam berkubah, dan kolam pusat mencerminkan bangunan utama. Taman yang merepresentasi surga duniawi dibagi menjadi kuadran, dan bangunan kembar dari batu pasir merah (masjid yang menghadap ke timur dan wisma yang menghadap ke barat) memberikan harmoni yang seimbang pada kompleks mausoleum. Namun, ada satu pengecualian. Cenotaph Shah Jahan secara khusus diposisikan di sebelah barat poros tengah, membuang keseimbangan. Penempatan yang aneh telah membuat banyak orang percaya bahwa dia tidak pernah bermaksud untuk dimakamkan di sana sama sekali.

5. Taj Mahal Hitam Telah Direncanakan

Ilustrasi Taj Mahal hitam

Photo :
  • flickr

Rahasia Taj Mahal yang terakhir tentang Taj Mahal hitam telah direncanakan. Jika kamu  hati-hati melihat cenotaph Shah Jahan, kamu akan melihat penempatannya yang serampangan. Dikutip dari timesofindia.indiatimes.com, dipercaya bahwa Shah Jahan ingin membangun Taj Mahal lain yang serupa, tetapi hitam (dengan marmer hitam) di seberang yang sekarang dan di seberang Sungai Yamuna. Dia ingin membangun tempat itu untuk pemakamannya. Sayangnya, Taj Mahal hitam tidak dapat diwujudkan karena Shah Jahan digulingkan oleh putranya, Aurangzeb, yang memenjarakannya dan menahannya di balik sel dekat Benteng Agra. Namun, semua sejarawan belum bisa membenarkan hal ini.

Taj Mahal salah satu warisan dunia yang indah. Tak hanya menampilkan keindahan, ia juga menyimpan banyak cerita. Taj Mahal juga melambangkan tanda cinta dan pengorbanan Shan Jahan kepada Mumtaz Mahal. Ia membangun bangunan indah ini untuk memberi penghormatan kepada mendiang istrinya. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen sebanyak mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya