5 Wihara Terbesar di Indonesia dengan Pesona yang Memukau

Pagoda-Taman-Alam-Lumbini
Pagoda-Taman-Alam-Lumbini
Sumber :
  • Pegi-pegi

VIVA – Sebentar lagi umat Buddha di Indonesia akan merayakan Hari Raya Waisak yang jatuh pada 16 Mei 2022. Hari Raya Waisak merupakan hari peringatan umat Buddha terhadap tiga peristiwa suci (tri suci) yang terjadi pada Buddha Gautama, yakni kelahiran, pencerahan sempurna, dan kemangkatan (wafat). Hari Raya Waisak identik dengan diadakannya festival lampion di wihara -tempat ibadah umat Buddha-.  

Bagi Anda yang ingin merayakan Hari Raya Waisak di wihara terbesar di Indonesia, berikut daftar wihara dengan pesona memukau yang dapat Anda kunjungi rekomendasi Pegipegi!

Maha Vihara Adhi Maitreya, Medan

Maha Vihara Adhi Maitreya merupakan salah satu wihara terbesar di Indonesia yang terletak di Medan. Wihara ini berlokasi di komplek perumahan Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara No. 95-5, Medan, Sumatra Utara. Maha Vihara Adhi Maitreya terbagi menjadi tiga gedung utama yaitu; Buddha Sakyamuni, Bodhisatva Avalokitesvara, dan Bodhisatva Satyakalama. Arsitektur wihara yang unik membuatnya seolah-olah tidak berada di Indonesia melainkan seperti Negeri Tirai Bambu, China. 

Pagoda Taman Alam Lumbini, Karo

Pagoda Taman Alam Lumbini memiliki arsitektur yang sangat indah seperti layaknya di Thailand atau Myanmar. Replika Pagoda Shwedagon atau Pagoda Dagon Emas ini berada di Desa Tongkoh, Berastagi, Karo, Sumatra Utara. Pagoda ini memiliki warna keemasan yang membuatnya tampak megah meski dari kejauhan.