10 Goa Paling Terkenal di Dunia yang Akan Membuat Kamu Terpesona

Goa Seruling Buluh, Cina
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Misteri tersembunyi, petualangan tak tertandingi, dan rahasia alam terbaik, ini adalah pikiran pertama yang muncul di benak kita saat memikirkan 'goa'. Alam tidak pernah gagal membuat kita terpesona dengan kemegahan dan keajaibannya yang segudang, dan goa tidak diragukan lagi salah satu ciptaannya yang paling menakjubkan. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Saat kamu memasuki salah satu goa paling terkenal di dunia, kamu pasti akan terpesona oleh formasi geologis yang spektakuler, stalaktit, danau, goa, dan pemandangan menakjubkan lainnya yang menanti kamu di dalam. Melansir dari traveltriangle, berikut beberapa goa terindah di dunia yang wajib kamu kunjungi.

1. Taman Nasional Goa Mammoth, Kentucky, AS

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Taman Nasional Goa Mammoth, Kentucky, AS

Photo :
  • Twitter @ky_adventure

Taman nasional yang fantastis ini adalah rumah bagi sistem goa terpanjang di dunia dengan banyak bagian menarik dan lorong bawah tanah. Kamu dapat melakukan tur melalui fitur Frozen Niagra, Grand Avenue, dan Fat Man's Misery yang spektakuler menggunakan salah satu dari banyak tur berpemandu. Tur Bersejarah dan tur Domes & Dripstones sangat direkomendasikan karena memungkinkan kamu menjelajahi beberapa formasi yang menakjubkan. Di antara goa-goa paling terkenal di AS, Goa Mammoth adalah tempat yang indah untuk dikunjungi bersama keluarga.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

2. Goa Biru, Italia

Goa Biru, Italia

Photo :
  • Twitter @ForbesLife

Warna biru cerah yang belum pernah kamu lihat sebelumnya menanti kamu di dalam goa populer di pantai Pulau Capri yang indah di Italia selatan ini. Perpaduan antara sinar matahari, air laut, dan dua lubang di goa menciptakan rona biru ajaib yang akan membuat kamu terpesona saat memasuki perahu dayung kecil. 

Sebaiknya berkunjung sedikit lebih awal untuk menghindari antrean panjang di pintu masuk, meskipun pukul 12-2 siang dianggap sebagai waktu terbaik. Tiket dapat dibeli di dermaga dan memberi tip kepada tukang perahu memastikan kamu dapat menghabiskan beberapa saat ekstra di dalam Blue Grotto yang indah, berendam dalam pemandangan yang luar biasa.

3. Goa Fingal, Skotlandia

Goa Fingal, Skotlandia

Photo :
  • pixabay

Keajaiban alam yang menakjubkan di Pulau Staffa yang tidak berpenghuni di Skotlandia ini adalah salah satu goa paling terkenal di dunia, terkenal dengan kolom basal heksagonal yang menakjubkan yang berasal dari gunung berapi. Bentuk & ukuran goa beserta atapnya yang melengkung alami memberikan kemiripan dengan katedral alami yang indah. 

Kamu perlu menaiki beberapa anak tangga curam yang didukung oleh pagar untuk mencapai goa yang menakjubkan ini, di mana kamu juga dapat menyaksikan pemandangan spektakuler di sekelilingnya. Puffin yang menggemaskan adalah sorotan lain dari pulau ini dan dapat terlihat di seberang Goa Fingal.

4. Taman Nasional Goa Carlsbad, AS

Taman Nasional Goa Carlsbad

Photo :
  • Twitter @MrGeoscopy

Rumah bagi lebih dari 100 goa, taman nasional ini memberikan pengalaman yang luar biasa & tak terlupakan dengan berbagai formasi alam yang menakjubkan. Kamu dapat mengikuti tur yang dipandu oleh ranger atau mengikuti dua jalur: Big Room Trail yang megah atau Natural Entrance Trail yang curam dengan formasi seperti The Devil's Spring dan Iceberg Rock. Goa Lechuguilla yang terkenal dengan formasi & geologinya yang unik juga merupakan bagian dari Taman Nasional Goa Carlsbad.

5. Goa Waitomo Glowworm, Selandia Baru

Gua Waitomo Glowworms, Selandia Baru.

Photo :
  • U-Report

Salah satu goa paling terkenal di dunia, Waitomo menghadirkan pengalaman nyata menyaksikan malam berbintang yang berkilauan di dalam goa sambil menatap takjub dari perahu kamu. Kamu dapat berjalan melalui bagian dari sistem goa batu kapur di sepanjang jalur berpemandu sebelum memulai perjalanan perahu ajaib kamu di sungai bawah tanah. Langit-langitnya diterangi oleh ribuan glowworm yang spektakuler, menjadikannya pengalaman tak terlupakan yang tidak ingin dilewatkan oleh anak-anak!

6. Goa Skocjan, Slovenia

Goa Skocjan, Slovenia

Photo :
  • Twitter @vojnaslo91

Keindahan alam yang menakjubkan dari goa-goa spektakuler ini membuat kamu ingin mengabadikan momen-momen itu selamanya. Terletak di jantung Karst di Slovenia, formasi stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan telah membuat goa Skocjan mendapatkan status warisan dunia UNESCO. 

Tur berpemandu yang terorganisir dengan baik akan membawa kamu melewati formasi alam yang menakjubkan dan goa-goa yang megah dengan sungai dan air terjun. Saat kamu melintasi jantung bumi, seluruh pengalaman itu nyata dan tak terlupakan. Kamu dapat menggunakan kereta gantung atau jalur jalan kaki yang indah dalam perjalanan kembali setelah tur.

7. Goa Seruling Buluh, Cina

Goa Seruling Buluh, Cina

Photo :
  • pixabay

Terletak dekat dengan pusat kota Guilin, atraksi populer ini adalah salah satu goa paling terkenal di dunia karena formasi batu kapurnya yang rumit. Pola stalaktit dan stalagmit yang indah ditonjolkan oleh pencahayaan warna-warni, membuatnya menyenangkan untuk berjalan melalui goa yang terawat baik. Juga dikenal sebagai 'Istana Seni Alami', dinding goa menampilkan prasasti yang berasal dari abad ke-8 SM. Salah satu goa yang disebut The Crystal Palace of The Dragon King dapat menampung 1000 orang sekaligus.

8. Goa Kristal, Meksiko

Goa Kristal, Meksiko

Photo :
  • Twitter @SYLVIAHAS5GEESE

Juga disebut Goa Kristal Raksasa, goa surealis ini berada di antara goa-goa terkenal di dunia karena formasi kristal selenit raksasanya. Namun, pemandangan di luar dunia ini hanya dapat disaksikan dengan bantuan para ahli, karena memanjat kristal besar bukanlah tugas yang mudah. Peralatan khusus juga diperlukan untuk menghadapi kondisi suhu yang tidak wajar di dalam ruang yang tidak biasa ini yang menampung beberapa kristal terbesar di dunia. 

9. Goa Eisriesenwelt, Austria

Goa Eisriesenwelt, Austria

Photo :
  • Twitter @lonelyplanet

Terletak hanya 40 Kms dari Salzburg adalah salah satu goa paling terkenal di dunia yang dikunjungi oleh lebih dari 2 lakh wisatawan setiap tahun. Eisriesenwelt memiliki perbedaan sebagai goa es terbesar di dunia, membentang hingga 42 Kms ke dalam bumi. Saat berada di Salzburg, kamu tidak boleh melewatkan pemandangan alam yang unik dari batu dan es ini, yang dibentuk oleh sungai Salzach. Dua jalur kecil dan perjalanan kabel yang indah membawa kamu ke goa yang menakjubkan di Austria ini. Ingatlah untuk mengenakan pakaian hangat karena di dalam cukup dingin.

10. Goa Hang Son Doong, Vietnam

Goa Hang Son Doong, Vietnam

Photo :
  • Twitter @HangSonDoong

Goa spektakuler ini berada di nomor satu dalam daftar 10 goa terbesar di dunia, dengan dua jendela siang hari yang menumpahkan cahaya ke dalam dan menciptakan pengalaman dunia lain. Pohon-pohon tinggi, stalagmit yang lebih tinggi, kolam berpinggiran besar dan beberapa speleothem terbaik dapat dilihat di dalam goa ajaib ini. Ada mutiara goa raksasa, fauna yang tidak biasa dan fosil berusia 300 juta tahun yang menambah daya pikat keajaiban alam ini. Kamu harus memulai penjelajahan penuh petualangan ini untuk mendapatkan salah satu pengalaman dan pemandangan terbaik di jantung goa yang megah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya