12 Negara dengan Biaya Hidup Termurah, Nomor 6 Gak Disangka

Phuket, Thailand
Sumber :
  • unsplash,com

VIVA – Negara dengan biaya hidup termurah banyak yang berasal dari benua Asia. Salah satunya negara kita sendiri, Indonesia. Bagi penggemar traveling, bepergian ke negara dengan biaya hidup termurah tentu menyenangkan. Karena ketika bepergian ke negara dengan biaya hidup termurah ini bisa menghemat banyak uang. Jika kalian berencana menjadikan negara-negara dengan biaya hidup termurah ini sebagai salah satu destinasi wisata, sebaiknya intip daftarnya di ulasan tentang traveling ini ya.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Di negara-negara ini, kamu bisa bebas berjalan-jalan atau bahkan menetap tanpa mengkhawatirkan pengeluaran living cost. Beberapa negara juga ada yang termasuk dalam deretan destinasi top dan sering didatangi oleh turis mancanegara loh. Mulai dari tempat menakjubkan, pemandangan indah, hingga lingkungan penuh budaya.

Ada beberapa negara dengan biaya hidup termurah yang mungkin bisa jadi pilihan untuk dikunjungi atau bahkan ditinggali. Beberapa negara ini cocok untuk dijadikan sebagai destinasi atau tempat tinggal saat masa pensiun tiba. Dengan biaya hidup yang tidak tinggi, tentunya Anda bisa menikmati masa pensiun dengan nyaman. Berikut daftar negara yang telah dirangkum:

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

1. Thailand

Thailand memang terkenal sebagai negara tujuan wisata bagi banyak wisatawan Indonesia. Selain karena memiliki banyak tujuan wisata yang menarik, Thailand juga memiliki biaya hidup yang murah, sehingga menjadi negara favorit para travelers berkantong pas-pasan. Harga rata-rata makanan di Bangkok, berkisar di angka Rp 20.000-40.000 saja. Kamar pribadi untuk dua orang di pusat kota juga bisa didapat dengan harga mulai dari Rp 100 ribuan.

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri

Sementara untuk berkeliling kota, kamu bisa naik BTS Skytrain atau MRT yang berkisar di harga Rp 6.000-20.000 per sekali jalan, tergantung seberapa jauh kamu pergi dan apakah kamu melewati zona yang berbeda atau tidak. Meski demikian, tidak semua kota di Thailand memiliki standar biaya hidup yang murah. Di Phuket misalnya, walaupun harga penginapan tergolong murah, harga makanan dan transportasi cenderung lebih mahal.

2. Bolivia

Negara dengan biaya hidup paling murah didunia selanjutnya adalah Bolivia. Bolivia merupakan sebuah negara kecil di Amerika Selatan, yang berbatasan dengan Brasil di sebelah utara dan timur, Paraguay dan Argentina di selatan, serta Chili dan Peru di bagian barat. Meski masuk benua Amerika Selatan, biaya hidup di negeri yang dikelilingi Pegunungan Altiplano ini tak semahal negara-negara tetangganya.

Untuk menginap, kamu cuma butuh biaya Rp 250 ribu per malam. Kamu juga tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya mahal untuk mengunjungi tempat wisata. Cukup berkeliling kota saja, kamu sudah bisa mendapatkan pemandangan yang indah. Kamu bisa berkunjung ke Sucre yang mempunyai banyak arsitektur peninggalan kolonial. Ada juga La Paz yang dikelilingi oleh pegunungan Andes yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Bolivia juga terkenal dengan pesta rakyat dan tarian adat yang autentik. Ada karnaval Ouro sebagai perayaan The Virgin of Candelaria yang bisa kamu ikuti, serta rumah Pedro Domingo Murillo yang menjadi legenda sejarah Bolivia yang bisa kamu kunjungi.

3. Nepal

Buat kamu yang ingin menikmati liburan dengan pemandangan ikonik yang berbeda dari biasanya, kamu bisa datang ke Nepal. Negara yang berada dekat India ini menyuguhkan keindahan alam yang tidak bisa kamu temukan ditempat lain. Bahkan negara ini memiliki banyak situs-situs bersejarah yang sudah diakui oleh UNESCO. Kamu takkan menyesal traveling ke tempat ini karena Nepal terletak di pegunungan Himalaya yang tertutup salju abadi.

Tak hanya itu, negara ini pun menyuguhkan biaya hidup yang murah dan pas buat para traveler berkantong pas-pasan. Daya beli lokal di negara ini tergolong rendah, sesuai dengan PDB per kapitanya yang hanya lebih dari $ 700 menurut Bank Dunia. Harga sewa tempat tinggal di Nepal jauh lebih murah dibandingkan negara-negara lainnya, di mana satu kamar tidur di Kathmandu hanya dihargai $ 109 saja per bulan. Tak hanya harga sewa, makanan dan barang-barang konsumsi di negara ini pun juga rendah. Untuk menetap di negara ini setidaknya anggaran bulanan yang perlu disiapkan sebesar $ 340 yang sudah mencakup sewa dan utilitas, bahan makanan, transportasi, dan hiburan.

4. Hungaria

Hungaria adalah salah satu Negara paling menawan di Eropa. Ada banyak tempat menawan yang dapat dikunjungi. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi dan memiliki banyak tempat bersejarah adalah kota Budapest yang juga merupakan ibukota Hungaria.

Biaya hotel yang ditawarkan pun murah yaitu dimulai dengan Rp200.000 saja. Saat berkunjung kesana kamu bisa membeli travel card dengan harga dimulai Rp82.000 saja dengan semua moda transportasi. Jika dirata-ratakan, biaya hidup di sini juga terjangkau yaitu, 350 – 55- EUR/bulan, sudah termasuk tempat tinggal, makanan, jalan-jalan, hiburan dan aktivitas sosial

5. India

India juga menjadi tujuan wisata favorit banyak wisatawan dengan landmark mereka yang terkenal yaitu Taj Mahal. Negara dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di dunia ini juga merupakan salah satu negara dengan biaya hidup paling murah di dunia. Seperti halnya di negara lainnya, di India pun terdapat kota-kota besar yang biaya hidupnya lebih mahal dibandingkan kota-kota kecil lainnya. Sebut saja Mumbai, New Delhi, Goa, dan lain sebagainya. Meski demikian rata-rata biaya hidup di India tergolong murah dan sangat terjangkau.

Biaya transportasi yang disuguhkan pun murah yaitu hanya Rp3.000 per km nya. Bahkan hanya dengan Rp20.000 saja kamu sudah bisa menikmati makanan khas India yaitu roti prata. Selain itu biaya menginap yang ditawarkan cukup murah yaitu Rp300.000 per malam.

Banyak yang mengira kalau biaya hidup di Mesir sangat mahal sehingga untuk berlibur dalam jangka waktu yang lama di Mesir sangatlah mustahil. Padahal Mesir yang berlokasi di Afrika dan berbatasan dengan Laut Mediterania, Laut Merah, Libya dan Sudan ini merupakan salah satu negara dengan biaya hidup paling murah di dunia lho.

Hidup dan menetap di Mesir setidaknya membutuhkan anggaran sebesar $ 370 sebulan, itu sudah termasuk harga kamar, makanan, dan akses ke museum yang menjadi salah satu ikon pariwisata di Mesir. Perlu kalian ketahui, harga sewa satu kamar tidur di Kairo 90% jauh lebih murah dibandingkan dengan New York. Demikian pula untuk kebutuhan lain seperti bahan makanan dan barang-barang konsumtif lainnya juga lebih murah sekitar 60% dibandingkan harga bahan makanan dan barang-barang di New York. Jadi jangan ragu berlibur ke Mesir walaupun kantong kalian pas-pasan.

7. Malaysia

Malaysia juga merupakan negara dengan biaya hidup paling murah di dunia berikutnya yang pas buat kamu kunjungi. Nilai tukar Ringgit Malaysia terhadap rupiah memang tergolong tinggi. 1 Ringgit bernilai sekitar Rp 3.000. Namun, standar biaya hidup di Malaysia kurang lebih sama seperti di Indonesia.

Sebagai contoh, harga 1 botol air mineral di Malaysia berkisar dari RM 1-1,5 atau jika di rupiahkan berkisar Rp 3.500 hingga Rp 5.000 per botolnya. Kamu juga bisa menemukan makanan mulai dari RM 2.5, seperti roti canai. Dengan infrastruktur memadai yang difasilitasi air minum di berbagai kota tentu memberi nilai plus tersendiri. Di negara ini, transportasi dan makanannya pun sangat bagus. Di Kuala Lumpur pada khususnya, dengan jaringan transportasi yang sudah sangat terintegrasi, kamu bisa naik LRT ke berbagai tujuan dengan harga mulai dari RM 1 saja sekali jalan. Sementara untuk taksi memang tergolong lebih mahal, kurang lebih sama seperti harga taksi di Jakarta

8. Meksiko

Meksiko yang terkenal dengan negara telenovela ini juga menjadi salah satu negara dengan biaya hidup paling murah di dunia meskipun berada di kawasan Amerika Utara. Biaya hidup yang murah di negara ini ditunjukkan dengan harga sewa yang murah dan harga barang-barang konsumsi yang rendah. Untuk hidup dan menetap di Meksiko selama sebulan setidaknya membutuhkan anggaran sebesar $ 650. Anggaran tersebut sudah termasuk sewa dan utilitas, bahan makanan, transportasi, dan juga hiburan. Bahkan di kota-kota utamanya seperti Merida and Queretaro, biaya hidup rata-rata per bulannya hanyalah US$ 400 atau sekitar Rp 5,8 juta

9. Georgia

Selain Hungaria, Georgia juga merupakan salah satu negara di Eropa yang memiliki biaya hidup paling murah didunia. Negara yang berbatasan dengan Turki, Armenia dan Azerbaijan ini menawarkan biaya kebutuhan sehari-hari yang sangat rendah. Harga bahan makanan dan barang-barang konsumtif begitu murah dan terjangkau. Pengeluaran bulanan untuk satu orang di negara ini setidaknya hanya menghabiskan $ 360 atau sekitar Rp 5,2 juta saja per bulannya. Sebagai permata yang tersembunyi di Eropa tentu Georgia tak boleh dilewatkan apalagi buat para traveler berkantong pas-pasan.

10. Indonesia

Negara kita Indonesia juga termasuk ke dalam salah satu negara yang memiliki biaya hidup paling murah di dunia. Meskipun tergantung dengan gaya hidup orangnya masing-masing namun rata-rata masyarakat Indonesia hanya membutuhkan anggaran bulanan setidaknya Rp 5 juta. Itupun sudah termasuk biaya makan, listrik, transportasi, hiburan dll. Tak hanya murah, Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan jutaan objek wisata yang menakjubkan dan menawarkan keindahan alam tiada tara. Negara ini juga kaya akan budaya dan keanekaragaman kuliner, sehingga senantiasa menawarkan pengetahuan dan pengalaman baru yang tak ada habisnya.

11. Taiwan

Dibanding dengan negara tetangganya yakni China dan Jepang, Taiwan bisa dikatakan negara dengan biaya hidup paling murah bahkan hampir sama dengan biaya hidup di Indonesia. Di negara ini kamu bisa mendapatkan penginapan mulai dari Rp 150 ribuan saja di daerah Taipei. Harga makanan pun tergolong murah, dengan rata-rata sekitar Rp 20.000 per sekali makan. Sementara untuk transportasi memang tergolong lebih mahal dari Indonesia. Harga naik bis sekali jalan mulai dari Rp 6.500, sementara MRT berkisar dari Rp 8.000. Tapi system transportasi di Taiwan sudah sangat terintegrasi, bersih dan sangat terjadwal.

12. Afrika Selatan

Satu lagi negara dengan biaya hidup paling murah adalah Afrika Selatan. Negara ini merupakan negara dengan produksi platinum, emas, dan kromium terbesar di dunia, di mana sangat membantu dalam perekonomian negaranya. Jika dibandingkan Indonesia, di Afrika Selatan daya belinya lebih tinggi 26,9 persen. Harga sewanya juga lebih murah 87,5 persen, bahan makanan lebih murah 71 persen, dan harga barang dan jasanya lebih rendah 65,8 persen. Hal ini membuat daya beli lokal meningkat secara signifikan.

Di samping daya beli yang tinggi, Afrika Selatan menawarkan bahan makanan dan barang konsumsi yang ternyata berharga murah. Harga sewa hunian untuk wisatawan hanya diberi nilai USD 400 sudah bisa tinggal di ibukota Afrika Selatan, Cape Town. Sementara untuk di Kota Durban, wisatawan cukup mengeluarkan biaya USD 280 saja per bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya