Ada Lumba-lumba, Inilah Keindahan Pantai Lovina

Pantai Lovina, Buleleng, Bali
Sumber :
  • primabali.com

VIVA – Pantai Lovina terletak di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Pantai Lovina merupakan salah satu kawasan wisata laut di bagian utara Pulau Bali. Pantai ini masih relatif alami, daya tarik dari Pantai Lovina dapat menyaksikan aksi lumba-lumba liar yang terdapat di laut. Kawasan Pantai Lovina terkenl dengan sebutan kawasan wisata Kalibukbuk. 

Health Ministry Warns Dengue Fever to Bali Tourists

Pantai Lovina mempunyai pasir yang berwana hitam yang masih alami yang sangat menarik. Kamu dapat berjalan sekitar 1 kilometer dari bibir pantai untuk melihat lumba-lumba di perairan Pantai Lovina. Perairan Lovina relatif tenang sehingga kamu dapat berwisata di laut menggunakan perahu nelayan. 

Lumba-lumba

Tempat Wisata Sudah Padat, Jalan Menuju Anyer Ditutup

Pantai Lovina, Bali

Photo :
  • Pantai.org

Seperti yang dikatakan di atas, kawasan Pantai Lovina terkenal sebagai tempat untuk menyaksikan pertunjukan lumba-lumba liar. Kamu dapat langsung menyaksikan aksi yang lucu dan bersahabat dari lumba-lumba langsung di tengah laut. Sangat menarik untuk dilihat oleh banyak pengunjung. Kawasan Pantai Lovina memang terdapat banyak lumba-lumba. 

Arus Balik Lebaran, 234 Ribu Orang Diprediksi Tinggalkan Bali Melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai

Untuk kamu yang ingin menikmati atraksi lumba-lumba liar, kamu harus berangkat pagi sekali saat matahari akan terbit. Disarankan pada jam tersebut karena lumba-lumba di kawasan ini hanya muncul antara pukul 6 pagi hingga 8 pagi. Pada jam itu, puluhan lumba-lumba akan beratraksi secara alami menunjukkan kegiatan mereka. Berbagai aksi yang mereka lakukan, mulai dari sekadar berenang di permukaan air, ada juga yang melompat-lompat. Tentu hal ini akan membuat takjub karena binatang laut yang lucu tersebut. 

Para wisatawan akan berkumpul pada pukul 5.30 WITA untuk berangkat ke tengah laut. Pengunjung bisa menyewa perahu nelayan yang memang disediakan untuk perjalanan tersebut. Untuk menuju tempat melihat lumba-lumba, perjalanan dimulai dengan menggunakan perahu kecil yang hanya bisa mengangkut maksimal 4 orang selain sang nelayan. Perahu akan membawa para pengunjung sekitar satu hingga dua kilometer ke arah tengah laut ke tempat biasanya lumba-lumba akan menampakkan diri.

Selama perjalanan, kamu bisa melihat-lihat pemandangan laut yang luas dan saat perahu menjauhi daratan, kamu bisa melihat daratan Pantai Lovina dari kejauhan seperti siluet. Setelah sampai di tengah laut, sang nelayan akan menyusuri ke tempat biasanya lumba-lumba akan muncul. Jika ada sekelompok lumba-lumba yang melompat, sang nelayan akan memberitahu perahu-perahu lain di sekitarnya sehingga perahu-perahu tersebut akan menambah kecepatan untuk mengejar sekelompok lumba-lumba itu.

Tentu saja para pengunjung dapat merekam sewaktu lumba-lumba tersebut menunjukkan aksinya di tengah laut. Namun, tidak semua pengunjung beruntung dapat menyaksikan aksi lucu para lumba-lmba. Hal ini tergantung dari faktor alam juga seperti pasangnya air laut, arah angin, dan tentu saja keberuntungan kamu untuk dapat melihat lumba-lumba liar tersebut. Pengunjung akan mencari para lumba-lumba kira-kira 3 jam. Namun, apabila kamu sudah merasa mual karena mabuk laut kamu tidak perlu ragu-ragu untuk memberitahu sang nelayan untuk kembali ke daratan.

Tidak perlu sedih, karena kamu dapat menikmati pemandangan sepanjang Pantai Lovina dengan jelas karena matahari sudah bersinar dengan terangnya. Ditemani dengan angin laut yang bertiup kencang, kamu bisa terbawa indahnya lautan Lovina.

Taman Laut Lovina 

Bibir Pantai Lovina

Photo :
  • pantainesia.com

Di area Pantai Lovina, kamu juga dapat menyelam atau snorkeling untuk melihat langsung keindahan laut di pantai tersebut. Kamu bisa menemukan beragam ikan hias yang menyambut kamu. 

Tidak hanya di dalam laut, di pinggir pantai pun kamu dapat menemukan berbagai kulit kerang yang beragam. Kamu dapat menyimpan dan menjadikannya hiasan atau cindera mata yang unik. Jika kamu beruntung, kamu akan menemukan yang jarang kamu lihat, dengan warna dan bentuk yang indah. 

Jarak Tempuh ke Pantai Lovina

Pantai Lovina, Bali.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu tertarik untuk berlibur di Pantai Lovina saat mendarat di Pulau Bali, terlebih dahulu kamu harus mengetahui jarak dan waktu tempuh dari Bali Selatan menuju ke Pantai Lovina. Jarak tempuh dari objek wisata Kuta Bali menuju Lovina memakan waktu sekitar tiga jam, dengan jalan yang agak berkelok-kelok dan naik turun. 

Selain itu, selama perjalanan menuju Pantai Lovina kamu akan melewati oobjek wisata menaik lainnya, contohnya:

  • Air Terjun Gitgit
  • Bali Strawberry Farm and Restaurant
  • Objek Wisata Pura Ulun Danu Beratan Bedugul.

Jika kamu berada di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan ingin menuju ke Pantai Lovina akan menempuh jarak 99 kilometer dengan memakan waktu tiga jam. Jika kamu berangkat dari area Bedugul Bali ke Pantai Lovina, berjarak 78 kilometer dengan waktu tempuh dua jam lima belas menit.

Fakta Tentang Pantai Lovina

Pantai Lovina

Photo :
  • unsplash,com

Untuk meyakinkan kamu untuk berkunjung ke Pantai Lovina di Bali, fakta-fakta ini akan membuat kamu mengetahui lebih banyak tentang Pantai Lovina. 

  • Pantai Lovina adalah tempat yang cocok untuk kamu yang menyukai aktivitas air, seperti menaiki perahu dan melihat lumba-lumba ditambah dengan suasananya yang tenang. 
  • Perairan di Pantai Lovina relatif tenang dan aman untuk berenang. Namun, untuk anak-anak tetap hari dalam pengawasan orang dewasa.
  • Nama Lovina diberikan oleh penjabat pemerintah pada tahun 1950-an. 
  • Pantai Lovina memiliki pasir hitam yang berasal dari aliran lahar vulkanik.
  • Area Pantai Lovina terkenal lebih murah dibanding dengan daerah Bali lainnya. Para pelancong mengeluarkan dana lebih rendah dari tinggal di Bali Selatan.

Dengan mengetahui beberapa hal di atas, akan menambah pengetahuan kamu tentang Pantai Lovina. Kamu bisa memasukkan Pantai Lovina ke dalam list tempat untuk dikunjungi jika datang ke Pulau Bali. Untuk kamu yang ingin berwisata di area Pantai Lovina, jangan lupa menjaga kebersihan agar keindahan pantai tetap terjaga. 

Wulan Guritno

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Aktris cantik Wulan Guritno baru saja merayakan ulang tahun ke-43 dengan penuh keceriaan di sebuah pantai yang indah.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024