Wisata Tanjung Benoa, Wajib Main ke 5 Spot Kece Ini

Seawalker di Tanjung Benoa
Sumber :
  • Tanjungbenoa.co.id

VIVA – Objek liburan Tanjung Benoa Bali sangat terkenal sebagai lokasi terbaik untuk aktivitas wisata bahari. Oleh karena itu, banyak orang mengatakan Tanjung Benoa adalah pusat dari segala aktivitas water sports di Bali. Selain cocok untuk aktivitas Bali water sports, kawasan Tanjung Benoa juga menawarkan pilihan objek wisata yang wajib dikunjungi saat liburan di Bali. Daya tarik utama tempat wisata Tanjung Benoa Bali terdapat pada keindahan pantai Tanjung Benoa dan letak geografis pantai. Keindahan pantai Tanjung Benoa Bali, terdapat pada pasir pantai yang berwarna putih dengan bentangan pantai yang sangat panjang. Selain itu, kebersihan pantai Tanjung Benoa Nusa Dua sangat terjaga sehingga nyaman untuk lokasi liburan.

SSm Ekspor dan Autogate System Resmi Belaku di Bali, Ekspor Kian Mudah dan Efisien

Area Tanjung Benoa adalah kawasan semenanjung, maka pantai Tanjung Benoa Bali memiliki dua sisi. Satu sisi pantai menghadap ke sisi barat dan sisi pantai yang menghadap ke timur. Karena berada di kawasan semenanjung membuat gelombang ombak pantai Tanjung Benoa Nusa Dua sangat tenang

Berikut 5 tempat populer di Tanjung Benoa Bali, sebagai pilihan destinasi wisata anda saat liburan ke pulau Bali.

Baju Barong, Salah Satu Oleh-oleh Khas Bali yang Wajib Dibawa Pulang

1. Pantai Tanjung Benoa

Ocean walker di Tanjung Benoa, Bali

Photo :
  • istimewa
Kekayaan Alam hingga Kuliner Jadikan Sumbar Destinasi Wisata Halal Terdepan 

Pantai Tanjung Benoa memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan lembut hampir sama seperti di Pantai Kuta. Namun pantai ini tidak cocok bagi Anda penyuka olahraga selancar karena Pantai Tanjung Benoa memiliki ombak yang sangat tenang.

Tapi sebagai gantinya, Anda dapat menikmati berbagai macam aktivitas olahraga air di pantai ini, mulai dari speed boat, jet ski, banana boat, dan masih banyak lagi. Itulah sebabnya Pantai Tanjung Benoa disebut juga sebagai pusatnya olahraga air yang ada di Bali.

Beberapa olahraga air yang bisa Anda temukan dan nikmati di Pantai Tanjung Benoa antara lain:

  • Mengendarai Jet Ski
  • Bali parasailing adventure
  • Seawalker Tanjung Benoa
  • dan masih banyak lagi

Objek Wisata Tanjung Benoa Bali dijadikan tujuan utama oleh mayoritas wisatawan yang ingin mengikuti beragam aktivitas olahraga air (Tanjung Benoa Watersports).

Oleh karena itu, ketika tiba di pantai Tanjung Benoa, Anda akan melihat betapa sibuknya perairan di pantai ini dengan berbagai macam aktivitas olahraga air.

2. Hutan Bakau Tanjung Benoa

Mangrove/hutan mangrove/bakau/hutan bakau.

Photo :
  • Freepik/tawatchai07

Keindahan objek wisata Tanjung Benoa tidak hanya terletak di pantainya saja, tapi ada pula sisi lain dari keindahan tempat ini, yaitu area hutan bakau yang lokasinya berada di sebelah barat Tanjung Benoa Peninsula dekat dengan jalan Tol Bali Mandara.

Hutan Bakau atau juga dikenal dengan hutan mangrove juga menjadi spot wisata menarik di Tanjung Benoa yang mesti Anda kunjungi. Hutan Bakau di Tanjung Benoa juga dikenal dengan sebutan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai.

Di kawasan wisata ini Anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam beserta ekosistem hutan bakau Tanjung Benoa. Untuk menyisir keindahan tempat ini, Anda harus menggunakan speedboat atau jetski.

Hutan Mangrove tidak hanya menjadi spot wisata menarik di kawasan objek wisata Tanjung Benoa, tapi juga memiliki fungsi paru-paru kota, menjaga ekosistem pesisir, mengatasi pencemaran laut, menjaga kualitas air, dan meminimalisir terjadinya abrasi di sekitar pesisir.

3. Kuil Caow Eng Bio

Ketika Anda liburan di Bali, mungkin Anda akan melihat ada begitu banyak pura di sana. Namun ternyata di Bali juga ada kuil Buddha dan berlokasi di sekitar objek wisata Tanjung Benoa.

Kuil tersebut bernama Caow Eng Bio dan memiliki tampilan yang sangat indah. Klenteng atau vihara Caow Eng Bio merupakan salah satu klenteng tertua yang ada di Bali. Letaknya berada di ujung utara Tanjung Benoa dan masuk dalam wilayah Banjar Adat Darmayasa.

Klenteng ini didirikan sebagai dedikasi kepada Dewi Shui Wei dan 108 Bersaudara dari Hainan, pelindung masyarakat Hainan terutama pada zaman diaspora.

Ornamen dari kuil ini sangat unik dengan area yang cukup luas. Di seberang klenteng Caow Eng Bio terdapat bangunan teater yang di sebelahnya terdapat kuil kecil untuk perahu naga.

Prasasti yang ada di samping klenteng juga merupakan salah satu peninggalan zaman kuno yang penting di Indonesia. Lokasi klenteng Caow Eng Bio berada di sudut jalan raya, Anda tidak akan kesulitan untuk menuju ke tempat ini.

4. Pura Dalem Ning Lan Taman Beji

Seperti kita ketahui, Pulau Bali sangat terkenal dengan banyaknya bangunan pura Hindu. Keunikan arsitektur pura Hindu menjadi ciri khas tersendiri di Bali. Ciri khas tersebut ditampilkan dengan bentuk gerbang masuk pura yang menjulang tinggi, dan ukiran pada tembok pura yang indah.

Di lokasi objek wisata Tanjung Benoa terdapat sebuah pura dengan keindahan arsitektur yang menawan, namanya Pura Dalem Ning Lan Taman Beji. Tempat ini juga termasuk spot wisata menarik yang ada di Tanjung Benoa.

Pura Dalem Ning Lan Taman Beji dibangun menggunakan material yang sebagian besar terbuat dari batu putih. Sedangkan pintu gerbang pura ini terbuat dari kayu yang dihiasi seni ukiran yang sangat indah.

Pura Dalem Ning Lan Taman Beji berlokasi tidak jauh dengan Kuil Caow Eng Bio. Jaraknya hanya sekitar beberapa meter saja dari kuil tersebut. Jadi, Anda dapat mengunjungi dua spot wisata menarik sekaligus yang jaraknya berdekatan di Tanjung Benoa.

5. Pulau Penyu Tanjung Benoa

Spot wisata menarik yang terakhir dalam daftar ini adalah Pulau Penyu Tanjung Benoa. Tempat wisata yang menjadi lokasi penangkaran penyu hijau ini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan Bali. Penyu Hijau termasuk hewan langka yang keberadaannya di lindungi oleh pemerintah. Biasanya, banyak wisatawan bersama keluarga atau anaknya yang mengunjung Pulau Penyu Tanjung Benoa.

Sebab, spot wisata menarik yang satu ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, tapi juga wisata edukatif yang menarik untuk anak-anak.

Tidak hanya hewan Penyu Hijau yang langka, di area wisata yang termasuk dalam objek wisata Tanjung Benoa ini Anda juga akan berjumpa dengan aneka hewan menarik lainnya seperti burung, ular, kadal, dan masih banyak lagi.

Untuk menuju ke Pulau Penyu, Anda dapat menggunakan Glass Bottom Boat (perahu dengan lantai kaca) berkapasitas maksimal 10 orang.

Lantai perahu terbuat dari kaca bening yang tembus pandang sehingga Anda juga dapat menikmati pemandangan bawah laut yang mengagumkan selama perjalanan menuju Pulau Penyu Tanjung Benoa.

Sebelum sampai ke Pulau Penyu, pengemudi perahu akan mengantar wisatawan ke lokasi perairan yang banyak terdapat ikan. Anda akan diberikan roti untuk memberi makan ikan dari atas perahu. Menarik bukan?

Sejarah Watersport Tanjung Benoa

Sejarah yang kami maksud disini bukan sejarah berdirinya desa Tanjung Benoa, melainkan menekankan dari sisi watersportnya.

Mengutip dari laman TanjungbenoaBali.com (disini), pada awal 80-an, ketika di kawasan BTDC dibangun 14 hotel, masyarakat dan para perencana kawasan Tanjung Benoa penuh diliputi tanda tanya. “Desa Tanjung Benoa yang terletak di sebelah utara BTDC akan diapakan?”

Berangkat dari tanda tanya ini, muncullah berbagai usulan, terutama untuk memanfaatkan wilayah ini sebagai penyangga BTDC. Sebagai daerah penyangga, pada awalnya Tanjung Benoa dinilai hanya cocok dibangun perumahan untuk menampung ribuan karyawan hotel yang bekerja di kawasan BTDC. Selain itu, pesisir kawasan ini juga direncanakan sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas wisata tirta.

Waktu terus berpacu, hingga dua puluh tahun kemudian, kawasan ini berkembang pesat. Tanah yang telah dikuasai investor kemudian dibangun hotel-hotel yang justru menjadi saingan BTDC.

Di sini bisa anda jumpai beberapa hotel dari kelas melati, bintang satu hingga bintang empat. Sementara atraksi wisata tirta berkembang amat pesat sejak dibangunnya BMR tahun 1985 oleh Ir. I Ketut Widia. Akhirnya, sesuai SK Gubernur No.359/1993, Tanjung Benoa ditetapkan sebagai Resort Wisata Tirta.

Tentang Tanjung Benoa

Tanjung Benoa adalah nama sebuah kelurahan di kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung – Bali. Luasnya sekitar 173,75 ha, ada 6 banjar yaitu:

  • Banjar Kerta Pascima
  • Banjar Anyar
  • Banjar Tengah
  • Banjar Purwa Santi
  • Banjar Panca Bhineka
  • Banjar Tengkulung

Dimata para wisatawan, Tanjung Benoa dikenal sebagai pusat watersport di Bali. Namun selain watersport, ada 4 spot wisata yang menarik perhatian yaitu Pulau Penyu, Hutan Bakau, Klenteng Caow Eng Bio, dan Pura Dalem Ning Lan Taman Beji.

Pulau Penyu adalah tempat penangkaran penyu yang dilindungi. Untuk bisa kesini, harus naik boat dari Pantai Tanjung Benoa. Jaraknya sekitar 15 menit. Harga sewa boatnya saat ini Rp350 ribu/boat (kapasitas 10 orang dan private). Harga terbarunya bisa cek disini.

Hutan Bakau (mangrove) adalah tempat tumbuhnya tanaman bakau di sepanjang barat pesisir pantai. Lokasinya dekat dengan tol Bali Mandara. Mangrove ini selain sebagai objek wisata, juga memiliki fungsi paru-paru kota, menjaga ekosistem pesisir, mengatasi pencemaran laut, menjaga kualitas air, dan meminimalisir terjadinya abrasi di sekitar pesisir.

Klenteng Caow Eng Bio adalah klenteng tertua yang ada di Bali. Letaknya berada di ujung utara pesisir pantai. Tempat suci ini didirikan sebagai dedikasi kepada Dewi Shui Wei dan 108 Bersaudara dari Hainan.

Pura Dalem Ning Lan Taman Beji adalah tempat suci yang unik karena dibangun menggunakan material yang sebagian besar terbuat dari batu putih. Sedangkan pintu gerbang pura terbuat dari kayu berukir.

Daftar Harga Permainan Di Tanjung Benoa

Sebelum anda mencoba wahana Tanjung Benoa watersport, ada baiknya anda mengetahui harga permainan Tanjung Benoa Watersport Bali.

HARGA TERBARU :

Banana BoatRp 70.000 / Orang.

Flying FishRp 150.000 / Orang.

Jet SkiRp 150.000 / Orang.

Single ParasailingRp 80.000 / Orang

Rolling DonutRp 80.000 / Orang

SnorkelingRp 150.000 / Orang

Pulau Penyu Glass Bottom BoatRp 350.000 / Boat

Intro Scuba DivingRp 300.000 / Orang

Seawalker Tanjung BenoaRp 350.000 / Orang

Flyboard Tanjung BenoaRp 550.000 / Orang

Tandem Parasailing AdventuresRp 350.000 / Orang

Mangrove Forest & Pulau Penyu TourRp 550.000 / Orang

Wake BoardingRp 250.000 / Orang

Hotel di Water sport Tanjung Beno

Berikut hotel terbaik versi Tripadvisor diantaranya. Rekomendasi hotel di bawah ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu pilihan penginapan bersama orang-orang tersayang.

  • The Sakala Resort
  • Novotel Bali Benoa
  • Grand Mirage Resort & Thalasso Spa
  • The Royal Santrian
  • Conrad Bali
  • The Sagara Suites
  • Ion Bali Benoa Hotel
  • Tijili Hotel Benoa
  • Sadara Boutique Resort
  • Sol by Melia Benoa

Tanjung Benoa Buka Sampai Jam Berapa?

Jika yang anda maksud adalah waktu buka pantai, maka pantai Tanjung Benoa buka 24 jam. Namun, jika yang anda maksud waktu buka penyedia water sports Tanjung Benoa, maka waktu bukanya dari pukul 09:00 – 16:00.

Sedangkan waktu terbaik untuk menikmati Tanjung Benoa water sports adalah di pagi hari sekitar pukul 09:00. Penyebabnya, karena terik sinar matahari belum menyengat, dan perairan laut belum ramai.

Walaupun waktu buka penyedia water sports di Tanjung Benoa buka sampai pukul 16:00. Namun anda harus sudah berada di lokasi aktivitas wisata bahari sebelum pukul 12:00. Karena aktivitas wisata bahari memerlukan waktu untuk persiapan.

Wisman liburan di Bali

Tertinggi Sejak 2020, Kunjungan Wisman Januari-April 2024 Tembus 4 Juta Lebih

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dari bulan Januari sampai April 2024, totalnya mencapai 4.098.714 kunjungan.

img_title
VIVA.co.id
3 Juni 2024